31 March 2016

Artikel Kabel Jaringan Komputer

I. Pengantar

Kopinet. Kabel jaringan merupakan produk kabel yang dirancang khusus untuk pendistribusian/pengiriman paket data dalam jaringan komputer. Sebenarnya ada beberapa paradigma umum dalam pemilihan jaringan menggunakan kabel atau nirkabel. Secara logika jaringan tanpa kabel dipandang praktis karena tidak perlu menyusun atau membuat jenis kabel jaringan akan tetapi sesi lainnya jaringan nirkabel jelas memiliki resiko pada aspek alama dan isu keamanan. Berbeda dengan jaringan dengan kabel, dimana kondisi jaringan baik dari segi pengiriman dan penerimaan data dialirkan dalam kabel tanpa menyebarkan frekuensi. lepas dari jenis tersebut baik atau siap tidaknya menggunakan lagi-lagi diserahkan kepada diri kita masing-masing untuk memilih. 


Apa saja jenis kabel jaringan ?

II. Jenis-Jenis Kabel Jaringan

A. Kabel Serat Optik

Kabel ini memiliki kecepatan pengiriman data lebih dari 100 Mbps.  Bentuknya tidak jauh berbeda dengan kabel Jaringan umumnya yang terdiri dari konektor dan slot. Komponen kabel serat Optik yaitu inti, Cladding, dan Coating sedangkan jenisnya single Mode serta Multimode.

B. Kabel UTP

UTP memiliki 8 jenis kabel dengan warna yang berbeda dan mendukung konektor RJ-45 untuk penyambungan kabel jaringan komputer. Kabel UTP pada umumnya sekarang banyak digunakan untuk membuat jaringan komputer kecil dan skala sedang. Biasanya jaringan komputer sekolah, kampus, atau kantor pemerintah sering menggunakan kabel ini untuk implementasi jaringan komputer LAN.

Dalam artikel ini hanya 2 pokok bahasan saja namun pada intinya Anda paham bahwa kabel jaringan sangat penting dalam membangun jaringan komputer. Untuk tindak lanjut setelah Anda memahami tentang kabel jaringan komputer saya rekomendasikan pula untuk membaca Setting Jaringan.

III. Penutup

Membangun jaringan ada baiknya untuk melakukan pertimbangan untuk pemilihan kabel, sebab sistem jaringan yang dibangun terkadang bertujuan untuk menjalankan aplikasi tertentu dalam jaringan. Artinya pertimbangan aplikasi server client (aplikasi yang dipasangkan untuk menjalankan) diuji coba dulu apakah support dan kualitasnya stabil dengan jenis kabel yang digunakan. Jangan sampai sudah terlanjur pasang/pilih kabel ketika dioperasikan pengiriman data lambat dan bermasalah dengan transmisi data yang diakibatkan oleh kabel. Hal ini pengalaman kami beberapa bulan yang lalu.