31 March 2016

Belajar Jaringan Komputer Untuk Pemula (Otodidak )

I. Pengantar

Kopinet.  Jaringan komputer sekarang ini cukup luas cakupannya mengingat perkembangan teknologi komputer dan pertumbuhan penggunanya terus mengalami peningkatan. Jaringan komputer berperan penting dalam menunjang pertumbuhan berbagai bidang. Dalam keseharian sekarang ini kita dapat membeli barang dari tempat santai kita, bisa saja sambil menyelesaikan pekerjaan kantor, bersama keluarga, rekan dan lainnya meskipun tempat pembelian barang tersebut jauh menyeberang pulau mendaki gunung, menembus badai. Dengan fitur dalam jaringan komputer internet kita ajukan permintaan, dan proses proses lanjutan konfirmasi setelah itu kita terima berupa barang atau jasa. Hal di atas adalah contoh penerapan jaringan. Jaringan disini merupakan jaringan internet yang dapat diterapkan oleh semua orang yang telah memiliki akses jaringan internet berbasis PC, Laptop, dan perangkat elektronik lainya yang memiliki dukungan akses Internet.


II. Belajar Jaringan Komputer Untuk Pemula Otodidak

A. Macam-macam Jaringan

1. Jaringan Internet

Interconection network  disingkat Internet. Internet pada halaman WIKIPEDIA Indonesia menyebutkan / menuliskan pengertian internet  adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suite (TCP / IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia . Jaringan internet yang terbesar dinamakan Internet.


2. Jaringan LAN

Merupakan jaringan skala kecil yang cakupannya hanya dalam satu gedung dengan jarak yang tidak begitu jauh dan digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer agar dapat berbagi sumber daya secara bersama, seperti printer, data, aplikasi, dan lainnya. Misalnya jaringan komputer sekolah, kampus. LAN (local area network) umumnya menggunakan kabel.

3. Jaringan MAN

Metropolitan Area Network adalah jaringan yang memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan LAN baik dari segi dukungan aplikasi maupun konfigurasinya. Cakupannya bisa mencapai beberapa bidang dalam satu wilayah. 

4. Jaringan WAN

Wide Area Network. Kemampuan WAN mampu melayani kebutuhan jaringan yang lebih luas, kota antar kota, negara ke negara atau jaringan yang mampu mendukung pelayanan jaringan dengan jangkauan lintas negara ke benua

5. Jaringan Tanpa Kabel

Merupakan jaringan yang fleksibel dalam penggunaanya mengingat jaringan ini tidak memerlukan perangkat keras pendukung seperti pada jaringan LAN pada umumnya. Teknologi Jaringan Tanpa Kabel memungkinkan pelayanan jaringan yang mengedepankan kekuatan perangkat server dan perangkat client dalam proses pertukaran paket data. Selain itu dukungan platform sekarang ini sudah begitu modern. Misalnya perangkat seluler, Gadget, dan sebagainya semua memiliki dukungan sistem jaringan tanpa kabel yang handal dan bisa digunakan dimana-mana



B. Peralatan Belajar Otodidak

1. Laptop atau Notebook atau PC

2. Peralatan/Perangkat Jaringan 

Tang jaringan, Konektor, kabel UTP, LAN Tester, HUB, Manual Book. Konektor yang digunakan adalah konektor RJ 45. Kabel UTP merupakan kabel yang khusus untuk membuat jaringan komputer. LAN Tester adalah alat untuk menguji pemasangan kabel/kabel jaringan yang sudah dibuat. Hub adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer client dengan komputer server pada topologi jaringan.

C. Praktek Belajar

Setelah point (B) tersedia, Anda dapat melaksanakan belajar otodidak tidak mesti belajar formal. 

Bagaimana memulai praktek belajar jaringan secara otodidak agar terarah ?

Pertama, pahami fungsi dan cara kerja peralatan/perangkat jaringan tersebut. Kemudian mulailah praktek membuat kabel. Langkah ini kita mulai dari hal sederhana sampai pada tahapan yang agak rumit. Untuk proses membuat kabel jaringan dapat dibaca pada link di bawah ini.

Kedua, pastikan proses pembuatan kabel sampai benar-benar kabel dapat digunakan untuk menghubungkan komputer ke komputer dan atau komputer ke HUB. Lakukan pengujian setiap selesai membuat kabel jaringan menggunakan LAN Tester. Secara rinci mengenai proses membuat kabel jaringan Anda dapat gunakan sumber referensi yang lain. 

Ketiga, ketika proses pembuatan kabel telah selesai langkah berikutnya kita akan mengatur/setting komputer/laptop/notebook yang akan dihubungkan dalam jaringan. Kondisi ini kita harus pahami terlebih dahulu mengenai persyaratan perangkat komputer yang dapat digunakan. Misalnya ada port RJ 45. Jika tidak ada maka harus ditambahkan terlebih dahulu. Biasanya laptop produk terbaru tidak tersedia port RJ 45 LANnya.


Keempat, untuk langkah kerja setelah setting jaringan kita akan mengerjakan setting IP pada setiap komputer/laptop/notebook sebanyak perangkat yang tersedia. Ketentuan lebih lanjut mengenai cara setting IP dapat dilihat  Cara Setting IP

Untuk rinci mengenai IP dapat Anda baca  Kelas IP Addres

A. Simpulan
·     Terkait dengan Jenis jenis jaringan dalam penggunaannya memiliki beberapa keunggulan dan kelemahannya masing-masing.
·      Jika kita akan membangun/membuat jaringan wirelless perangkat jaringan dapat disesuaikan dengan perangkat jaringan yang mendukung jaringan wirelless.
B. Saran 
·      Untuk memahami jenis-jenis jaringan agar mudah dipahami hendakny praktek secara langsung salah satu dari jenis jaringan yang telah dijelaskan di atas.
·      Agar belajar jaringan otodidak menjadi mudah ikuti secara seksama setiap materi sesuai dengan urutan yang disusun pada artikel in