25 March 2016

Cara Ganti Email Yang Digunakan Untuk Blog


I. Pengantar

Kopinet. Pada kondisi tertentu kita terkadang memerlukan perubahan sebagai langkah praktis untuk melakukan penambahan atau pengurangan pengelola blog. Dalam contoh kali ini kita ingin mengganti email pada blog kita atas dasar pertimbangan tertentu atau keperluan lainnya. Maka dari itu kali ini kita bahas bagaimana langkah untuk melakukan pergantian email yang difungsikan sebagai admin atau sebagai penulis. Selain itu pula Email pada blog yang kita gunakan dapat kita tambahkan apabila Blog  kita akan dikelola oleh beberapa orang. Kita dapat mengatur siapa saja sebagai penulis dan siapa saja sebagai adminnya.


Apabila kita ingin mengganti salah satu email atau menukar peran pengelola maka ganti lah akun email yang terdaftar pada Blog Anda. Perhatikan dengan cermat akun email yang dimasukkan jangan sampai ada kesalahan pengisian alamat emai.

II. Cara Ganti Email Yang Digunakan Untuk Blog

Langkah Pertama
Buka Blog, Pilih Setelan.

Langkah Kedua
Pada Tab Dasar/basic Pilih Tab "IZIN Pengarang Blog", Pilih Tambahkan pengarang, masukan email yang akan dijadikan pengganti email sebelumnya.

Langkah Ketiga
Logout dari blog. Konfirmasi undangan pada email baru (email yang akan dijadikan pengganti).

Langkah Keempat
Login kembali ke blog, dan ubah email yang sudah masuk dalam Izin Pengarang. Ubah dari pengarang menjadi Admin dan Admin jadi Pengarang (sesuai dengan email).

Menguji Hasil

Periksa Footer Akun Blog kita  dengan cara klik Reload di laman beranda Blog. Uji URL ke situs medsos dengan share, misalnya postingan tertentu diblog kita ketika dishare apakah halaman footer telah menayangkan akun email dan akun gmail yang baru di halaman beranda FB lihat paling bawah (diposkan oleh "akun emailnya").

Jika masih dalam kondisi email yang lama maka perlu dilakukan loading ulang semua akun atau keluar akun dahulu kemudian login kembali. Sudah dilakukan langkah di atas namun masih tetap diposkan oleh email lama artinya kita harus menunggu 1 x 24 jam.


III. Penutup


Apabila diperlukan lagi email tersebut sebagai admin, penulis, kita dapat  mengentri/memasukan ulang akun tersebut dan kembali seperti kedudukan semula.