31 March 2016

Dampak Umum Pengguna Internet


Masalah dampak umum pengguna Internet merupakan tanggung jawab kita bersama. Sebagai inidividu kita bertanggung jawab untuk diri kita, secara keluarga maupun keorganisasian juga bagian penting untuk diperhatikan dampak yang muncul dari perkembangan internet sekarang. Internet merupakan kebutuhan yang cukup penting dalam menunjang aktivitas pada masyarakat yang telah masuk dalam transisi masyarakat Teknologi Informasi. Tren dan kebutuhan terkadang sulit untuk dibedakan dimana hal ini (internet) sebagai objek tren dan kapan (internet) sebagai objek kebutuhan yang tepat guna. Sekarang ini jika kita tinjau dalam keseharian masyarakat kita, telah muncul bukti nyata yang menunjukkan beberapa bentuk perubahan yang signifikan dengan hadirnya internet yang dapat diakses melalui sambungan nirkabel. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, pelajar, mahasiswa, dan lintas profesi sudah menjadikan internet sebagai gaya dan cara berinteraksi dengan lingkungan atau latar belakang masing-masing.

Akan tetapi merujuk pada data yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi, negara kita telah menembus 82 juta pengguna pada tahun 2015 (data diambil pada bulan Desember). Berdasarkan data tersebut satu diantara pengguna internet adalah saya sendiri dan semua rekan yang baca artikel ini. Setelah diketahuinya pengguna internet kita akan muncul beberapa pertanyaan, sebenarnya cakupan dan implementasi internet kita sudah sejauh mana mencapai tujuan dan fungsi yang berdaya guna dalam pembangunan ? 

Kita dapat memilih beberapa pertanyaan di bawah ini untuk mengukur kira-kira internet yang kita gunakan masukan di bagian mana ?

"Internet saya gunakan untuk berinteraksi di sosial media"
"Internet saya gunakan untuk menunjang pekerjaan"
"Internet saya gunakan untuk menunjang akademik"
"Internet saya pakai untuk main game"
Jawaban langka "Internet saya gunakan untuk menyusun rencana strategis", "untuk mengembangkan bisnis"

Itu jawaban yang sering saya jumpai dalam praktek implementasi penggunaan internet. Hal yang paling jarang ditemui dan ditanyakan yaitu judul artikel ini "Apakah dampak umum pengguna internet"

Kita merasa hal dampak dari suatu penggunaan tidaklah penting. Kebiasaan kita selalu ingin hadir bersama di depan dan menjadi bagian pengguna pertama atas produk dan layanan namun terkadang enggan untuk sejenak mengenai apa saja pengaruh dengan tindakan atau penggunaan. Untuk itu secara sederhana dampak umum pengguna Internet dapat kita uraikan sebagai berikut :

Pertama : Pengguna internet adalah orang yang aktif dan inaktif dengan layanan ISP.
Kedua : Pengguna internet akan mengeluarkan biaya lebih dibanding ia sebelumnya.
Ketiga : Resiko atas kasus cyber crime. 
Keempat : Dampak psikologis ketergantungan, fokus yang teralihkan.
Kelima : Dampak kesehatan secara fisik pada bagian organ tubuh
Keenam : Kegiatan personal yang diketahui publik, (saran: untuk fitur dan latar yang kritikal tidak perlu dipublikasi)
Ketujuh : Dampak kondisi khusus, situasi ini jarang namun bukan berarti kita akan  bebas dari hal ini

Ketujuh dampak yang dipaparkan di atas bagian kecil dari dampak umum Pengguna Internet. Disisi lain seperti dampak positif dan negatifnya jelas merupakan bagian yang tidak kala penting untuk kita perhatikan secara bersama.