31 March 2016

Jaringan Peer To Peer

Pengantar

Peer To Peer. Merupakan Tipe Jaringan dimana posisi Server tidak bertindak tunggal/induk sebagai pelayan melainkan juga berfungsi sebagai workstation dalam jaringan. Dalam jaringan Peer To Peer ada server yang dapat menyediakan fasilitas pelayanan jaringan ketika ada satu server yang error. Hal ini lah menjadi unsur keunggulannya dibanding Client Server jika server error maka semua fasilitas jaringan ke client terganggu.

Artikel terkait : Melakukan Setting Jaringan

Peer To Peer dapat diterapkan dengan dua jenis, pertama bisa menggunakan Kabel dan Nirkabel. Jika kita ingin membuat jaringan Peer To Peer dengan 2 komputer/laptop alternatif kedua jenis dapat kita pilih. Apakah akan menggunakan Kabel atau bentuk Nirkabel.

Artikel terkait : Protokol Jaringan  


1. Menggunakan Kabel memerlukan peralatan khusus, bahan
    dan waktu.

Catatan :

Jaringan berbasis kabel sejauh ini banyak pendapat yang memaparkan keamanannya cukup baik mengingat proses pertukaran data melalui kabel secara langsung tanpa frekuensi yang keluar.

2. Menggunakan Nirkabel, kita memerlukan wifi adhoc

Catatan :
Nirkabel tidak dapat kita pastikan siapa saja yang sedang aktif ke dalam jaringan. Bisa saja disekeliling kita juga sedang aktif jaringan komputernya.
  
Jaringan ini dapat diterapkan di rumah, kantor, atau usaha mikro yang sudah mendukung jaringan komputer untuk mempermudah proses pertukaran data dengan skala kecil. 

Artikel terkait : Perangkat Jaringan