25 March 2016

Menggunakan Fungsi "Setelan" Pada Blog

I. Pengatar

Kopinet. Dashboard blog menayangkan banyak fitur yang kita jumpai, masing-masing fitur memiliki fungsi dalam manajemen blog. Bagi blogger pemula biasanya hanya menggunakan fitur umumnya saja sedangkan fungsi fitur-fitur lain belum benar-benar digunakan. Dalam penggunaan setelan Blog perlu kita perhatikan dengan baik agar beberapa setelan tersebut telah diuji atau dipandang memang perlu untuk diterapkan pada serta sesuai dengan Judul Blog yang kita buat.


Bagaimana Cara Menggunakan Fungsi Setelan Pada Blog ?

II. Cara Menggunakan Fungsi Setelan

A. Dasar

Fungsinya untuk memberi pengaturan pada halaman blog; seperti nama blog, judul, dan deskripsi tentang blog beserta isinya agar dikenali oleh pengunjung dan mesin penelusur.

B. Pos & Komentar

Fungsinya untuk memberi pengaturan pada posting dan komentar pada blog. Misalnya kita ingin posting di halaman beranda blog kita hanya tampil 1, 2 atau seluruh posting yang kita buat. Kemudian komentar; apakah setiap komentar akan tampil atau kita tinjau dulu/verifikaasi sebelum komentar dari pengunjung tampil di pos komentar pada posting atau halaman blog.

C. Bahasa & Pemformatan 

Fungsinya untuk memberi pengaturan bahasa, dan waktu di blog

D. Preferensi Penelusuran

Fungsinya untuk memberi pengaturan pada Tag Meta, Pesan kesalahan dan pengalihan ketika url salah ketik atau teks konten blog terhapus atau dalam editing. Selain itu perayapan oleh mesin penelusur juga dapat kita atur disini.

E. Lainnya

Tab Lainnya ada beberapa fungsi yang tersedia berupa pilihan untuk memberi pengaturan pada halaman blog, seperti Impor cadangan, penghapusan blog, konten dewasa, dan ID google Analytics.
  
F. Ulasan Preferensi Penelusuran:

F.1. Tag Meta
 pada Preferensi Penelusuran: Tab ini sangatlah penting untuk kita  atur sesuai dengan deskripsi blog, judul-judul artikel atau konten agar blog kita dapat diindeks oleh mesin pencari. Pada Tag Meta ini Platform blogspot.com menyediakan 150 karakter untuk mengisikan kata kunci pada kotak isian Meta Tag.

F.2. Kesalahan dan pengalihan: Bagian ini juga sangat penting, sebab adakalanya kita editing pos dan laman dari judul awal berubah dengan judul akhir atau mungkin juga kita updating dengan mempersingkat url, maka url yang lama tetap terindeks oleh Google. Contohnya :

Judul Posting Pertama
Cara Membuat Blog. Judul posting ini sudah berjalan 3 minggu.

Judul Posting Editing

Tiba-tiba kita ganti dengan judul baru menjadi Cara Cepat Membuat Blog. Kondisi ini menjadikan Fungsi "tab kesalahan dan pengalihan" sebagai ralat untuk menghindari pandangan visitor bahwa blog kita tidak jelas. Sebab bisa saja ia menemukan di mesin pencari judul yang pertama atau dua duanya. Default dari blogspot pesan kesalahan isinya "tidak ditemukan".
Pesan tersebut gantilah dengan kalimat yang jelas misalnya. "maaf laman yang tuju sedang kami perbaiki, silakan menuju beranda blog "nama blog Anda".
Dengan demikian ketika ada url kita yang tidak ditemukan pesan tersebut menjadi pengganti URL kita yang hilang atau mengalami perubahan.