25 March 2016

Bagaimana Cara Memperbaiki Blog Error

Blog Error. Ketika kita akan melakukan perbaikan pada blog yang sedang error terkadang rumit bisa juga asyik. Error yang terjadi buka berarti blog tidak dapat kita akses akan tetapi kinerja blog kita yang kurang sehat alias terjangkit e-penyakit (versi kami). 

Beberapa jenis error yang sering terjadi biasanya masalah pada akses dari pengguna pada blog kita. Misalnya ada halaman yang tidak dapat diakses atau beberapa bagian halaman atau post blog kita yang memang bermasalah disebabkan oleh aktivitas kita sendiri. Namanya admin blog kan juga manusia, jadi wajar jika ada kesalahan dan terjadilah error pada akun blognya.

Bagaimana Cara Memperbaiki Blog Error ?

Sejauh ini Blog Kopinet masih belum selesai memperbaiki salah satu blog yang masih banyak error nya namun disini sedikit berbagi mengenai cara memperbaiki blog yang error yang mungkin saja masih jauh kualitasnya dibanding artikel yang lain. Jika kurang mohon kiranya berikan masukan. Adapun tahapannya sebagai berikut:

Langkah Pertama 


Kita lakukan pemeriksaan ke semua posting dan halaman blog kita, apakah ada link yang kita masukan kondisi linknya sudah tidak aktif/terhapus dari sumber. Sumber tersebut bisa dari internal blog kita (URL tertentu yang kita kaitkan) atau juga dari Eksternal (kita memasangkan URL dari luar blog kita. Jika ada, maka link yang kita masukan dalam postingan tersebut dihapus dan lakukan editing dengan kalimat relevan atau URL yang berhubungan. Kondisi ini biasanya terjadi pada artikel yang kita kaitkan dalam postingan atau bisa saja ketika kita membangun backlink dengan menerapkan Blogwalking.

Artikel terkait : Membangun Backlink Web Blog

Langkah Kedua


Periksa blog kita pada halaman Google Webmaster Tools/Google Console. Cek dengan cermat kondisi kesehatan blog, siapa tahu terjangkit penyakit baru. Periksa bagian-bagian yang melaporkan mengenai perkembangan blog mulai dari indeks, perayapan, dan sebagainya.

Artikel terkait : Cara Maksimalkan Google Console

Langkah Ketiga


Memeriksa file video atau gambar dengan ukuran besar yang kita masukan dalam postingan, ketika diakses oleh pengunjung terkadang loadingnya berat dan mesin pencari kesulitan melayani permintaan dari pengguna, hal ini juga terkadang jadi pengaruh terjadinya Error pada blog. Rekomendasi upload file video dan image sesuai dengan skala penting dimana perlu atau tidaknya dukungan artikel yang menyertakan gambar atau video.

Langkah Keempat

Periksa ulang editing html yang kita ubah pada saat mengentry file html tertentu di blog. Ada kemungkinan susunannya kurang sempurna ketika mengubah atau proses menyimpan perubahan. Bisa disebabkan jaringan internet yang bermasalah jadi proses penyimpanan gagal atau faktor lainnya.


Simpulan

Errornya blog bisa disebabkan oleh faktor internal atau eksternal dari pemilik blog maupun dukungan sistem yang diterapkan pada blog.