03 April 2016

Pengertian Lengkap Tentang Domain Name System Adalah

Pengantar

Kita telah mengenal dan mengimplementasikan DNS dalam jaringan komputer saat ini tidak lepas dari hasil penemuan DNS. Penemu DNS adalah Paul Mockapetris
(sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Penamaan_Domain#Pengertian_beberapa_bagian_dari_nama_domain.

Pengertian

Domain Name System (DNS) adalah pemberian menterjemahkan nama domain menjadi alamat IP yang agar mudah dipahami dan diingat dalam jaringan komputer yang luas. Dalam jaringan komputer setiap komputer memiliki alamat masing-masing yang unik baik pemberian alamat IP secara manual atau pemberian yang diatur oleh server.

Sebagai contoh, jika kita memperhatikan IP Address dengan format angka salah contoh IP Address kelas C 192.168.1.141 (IP Local), maka jika ada ratusan ribuan bahkan jutaan komputer akan sulit kita untuk menghapal/mengingat alamat tersebut ketika jaringan komputer sudah luas (Kelas IP yang besar). Untuk mempermudah hal tersebut DNS menterjemahkan IP Address dengan mesin canggih sehingga mempermudah kita agar dapat terhubung dengan alamat komputer/host tertentu yang terhubung dalam jaringan Luas tanpa harus memahami Alamat IP yang panjang dengan angka akan tetapi cukup dengan menulis nama domain saja, misalnya www.namakomputerblogkopinet.com dan sebagainya.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa DNS memiliki susunan yang tetap dengan arsitektur 3 (tiga) urutan:

Root Level Domain yang ditandai dengan tanda "."(titik). Tanda ini sebagai teratas ditayangkan.

Top Level Domain yang ditandai pemberian kategori untuk membedakan bidang, negara dan pemberian identitas agar terorganisir dalam pemberian domain. Contohnya, untuk kegiatan komersial dengan menggunakan/memakai domain .com; .edu; gov; mil; dan sebagainya.

Second Level domain contohnya www.blogkopinet.com, www.pendidikanblogkopinet.sch.id, (id adalah domain untuk negara Indonesia).

Untuk mengetahui secara rinci mengenai Domain sebaiknya kita mendaftarkan blog (Custom Domain) atau website kita ke jasa domain dan hosting. Para penyedia jasa hosting akan memandu kita mengenai pemilihan nama domain, kategori dan ruang lingkup secara menyeluruh. Sekarang ini perkembangan domain cukup pesat dimana telah terbitnya beberapa domain khusus Second Level untuk desa.id, my.id, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Penutup

Berkaitan dengan hosting Anda dapat menggunakan jasa hosting dalam negeri atau juga jasa hosting luar negeri untuk memiliki domain sendiri.Ini sekilas artikel tentang Domain Name System,  semoga bermanfaat. Domain Name System disingkat DNS, dan terdiri atas 3 urutan yaitu Root Level Domain, Top Level, dan, Second Level domain.