27 April 2016

Panduan Internet Pada Keluarga

Kopinet. Kita mengenal internet sekarang ini merupakan hasil perkembangan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan yang terus menerus berkembang untuk menciptakan kemudahan dan kemajuan bagi kehidupan manusia berbagai belahan dunia. Di samping itu pula, sekarang ini sudah tersedia berbagai macam perangkat canggih yang menawarkan kecepatan tinggi untuk penggunaan internet. Tinggal kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita.

Kemajuan teknologi informasi ini bukan diterima dengan mudah tanpa perjanjian tertulis namun diterima dengan uluran waktu yang luas, uluran biaya yang cukup tinggi dan merelakan kita tenggelam dalam lamunan menanti menunggu dan kerap hadir pergi pada halaman, update, informasi dan situasi apapun.

Disini kami coba terjemahkan berkaitan perjanjian. Ketika membeli barang kita menerima perjanjian garansi kita terima hal tersebut denga durasi tertentu sedangakan implementasi penggunaan Internet kita terima perjanjian berupa bentuk persetujuan layanan yang dikembangkan/dibuat dalam bentuk persetujuan elektronik. Ilustrasi ketika menginstal aplikasi tertentu, sebelum terinstal halaman depan mewajibkan kita untuk membaca syarat penggunaan dengan menconteng " I Agree" atau "Setuju" atau bisa juga Saya Setuju Ketentuan...."

Atas duduk persoalan di atas pertanyaan saya, apakah kita benar benar paham dengan isi persetujuan pengguna ?

Apakah kita punya nilai fungsi dan tujuan atas penggunaan tersebut ?
atau apakah kita hanya ikutan saja menggunakan fitur tersebut ?

Jawaban dengan Anda.

Kemudian Apa hubungannya dengan Panduan Internet Pada Keluarga ?

Dalam artikel Ini kami bahas dalam beberapa Ilustrasi.

A. Orang Tua Mengenal Internet anak mengenal Internet
B. Orang Tua Mengenal Internet anak tidak mengenal
C. Orang Tua Tidak Mengenal Internet anak Mengenal

Panduan untuk Orang Tua Mengenal Internet anak mengenal Internet.

Pandu Waktu Penggunaan Internet
Upayakan lebih banyak waktu untuk mengarah pada pertumbuhan/perkembangan/ rencana dan kewajiban seorang anak sebagaimana usia anak di keluarga. Hindari menghabiskan waktu berlebihan di jaringan internet

Pandu Konten/penelusuran di Internet
Bukan masalah jika mengarahkan anak agar memfungsikan internet dengan baik dan berkualitas sebagaimana point Pandu Waktu Penggunaan Internet di atas serta mengarahkan anak untuk menggunakan internet sesuai dengan konten/pencarian pada bidang-bidang yang dianggap penting saja.

Pandu Keamanan
Maksudnya begini, Internet begitu luas tidak ada batasan wilayah penggunaannya, selagi ia mengerti dengan link link yang tersedia dalam format berbagai macam bahasa di dunia dengan kata lain ia dapat berinteraksi secara intens. Dari itu, aktivitas internet haruslah aman dari ancaman pengalihan kegunaan, baik aspek, Intelektual, spritual, dan emosiona dan akibatnya membawa dampak. Baca Dampak Internet.

Pandu Singkat Jalinan Akun Media
Disini kami terjemahkan sebagai kondisi dimana ada 5 orang dalam satu keluarga. Anak Tertua dan anak nomor 2 (dua) jalinan akun medianya terhubung Ayah. Anak ketiga jalin akun dengan Ibu. Hal ini bertujuan agar si keluarga ini tidak begitu 100% dapat dimonitor publik aktivitas keluarga ini selama 24 jam+1. Istilahnya agak privasi dikitlah bro keluarganya sebab media kadang kala dijadikan wadah tujuan tertentu. Bisa saja kita sekeluarga dengan gaya yang sama disasar oleh sesuatu  yang berkaitan dengan gaya, hobi dan lain-lain tentang kita, hadeh..

Ini sekedar rekomendasi, tidak ada acuan resminya.

Pandu pemberian data Operasional
Wow... ini nampaknya agak tinggi bahasanya. Iya, data operasional disini misalnya jangan mengirimkan, menandai ke akun langsung tanpa mengerti standar penggunaan data. Misalnya PIN ATM, Kartu Kredit, kode akses Apartemen, kode akses pengaman kendaraan.

Pandu Upload Download

Ini agak rumit. Rumitnya tergantung usia anak, jika usia sekolah mulai pinter, usia kuliah lebih pinter, sudah kerja super pinter. Lantas apakah keluarga masih punya peran memandu? apakah tidak berbenturan dengan Undang-undang. Kok, main atur segala ? Sejauh yang kami cermati dalam undang memberi kebebasan untuk menggunakan Lihat pasal 28c UUD 1945:

(1) Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.
’’ 
(2) Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa, dan negaranya.’’ 

Peran keluarga memandu agar kegiatan upload download digunakan oleh keluarga baik anak dan orang tua sama-sama memahami standar, dibolehkan dan dilarang. Minimal orang tua mengingatkan.

Pandu Biaya
Kondisi ini tidak bisa diterjemahkan sebab masing masing kita memiliki standar tingkatan ekonomi yang bervariasi. Kami hanya menyarankan biaya penggunaan Internet jangan melebihi biaya belanja pendidikan anak berupa biaya buku ilmiah, panduan atau paling tidak rata-rata.

Jadi saya ada pengalaman lucu, buku gak ada, layanan internet full. Saya sampaikan sama ortunya. Saya marahin ni anak, mulai bulan depan upayakan banyak belanja buku daripada belanja internet. Internet itu media tapi kalau buku itu tersimpan diotak. Mau Contoh beli buku matematika, Paham tentang Algoritma, kapanpun tetap paham, karena dibaca manual. Mau lebih konyol coba 1/2 : 3/4 berapa memang mudah baca internet pasti tahu jawabannya. Kalau habis paket, listrik mati, sinyal lagi galau ketemu soal itu, hayooo.... masih bisa jawab enggak....??