15 April 2016

Protokol Jaringan Komputer

I. Pengantar

Kita telah mengenal protokol sebagai bagian dari jaringan komputer baik sebelum berkembang pesatnya jaringan komputer saat ini maupun peran protokol diwaktu mendatang. Protokol jaringan merupakan syarat penting untuk implementasi jaringan komputer baik lingkup kecil maupun cakupan luas. Setiap orang atau organisasi yang bergerak dibidang jaringan komputer dalam kapasitas apapun yang ia duduki pengetahuan tentang protokol jaringan haruslah dimiliki. Hal ini untuk menunjang pengoperasian jaringan komputer di lapangan baik secara aspek teori maupun secara prakteknya di lapangan. Sepertinya dalam suatu kegiatan ada seseorang yang bertugas sebagai pengaturan maka di dalam jaringan komputer ada pengaturan namun disini diartikan sebagai aturan standar baik yang akan mengirim maupun yang akan menerima.

II. Pengertian Protokol Jaringan Komputer

Protokol Adalah standar yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah metode pertukaran data melalui jaringan komputer seperti jaringan area lokal , Internet , Intranet. Protokol jaringan menggabungkan semua proses, persyaratan dan kendala memulai dan mencapai komunikasi antar komputer, server, router dan perangkat jaringan diaktifkan lainnya.

Dari pengertian di atas nampak bahwa pengertian protokol jaringan yaitu diterjemahkan sebagai standar, persyaratan agar jaringan dapat berkomunikasi/ pertukaran data secara sistematis. Sekarang ini Protokol jaringan ditangani oleh organisasi dunia "ISO" dan "OSI". Kedua organisasi ini menetapkan 7 Hubungan Model OSI dan protokol internet yaitu : Aplikasi, Presentasi, Sesi,Transport, Network Data link, Fisik. Diantara 7 model tersebut berikut nama Protokol dan kegunaanya:

1. HTTP berguna untuk untuk transfer file HTML dan Web

2. FTP berguna untuk transfer file

3. DNS berguna untuk basis data nama domain mesin dan nomor IP

4. Telnet berguna untuk akses jarak jauh

5. SNMP berguna untuk manajemen jaringan

6. DHCP berguna untuk distrtibusi IP pada jaringan dengan jumlah IP terbatas

7. POP berguna untuk pengambilan mail pada server

8. TFTP berguna untuk transfer file

9. PPP berguna untuk point to point

10. IP berguna untuk penetapan routing pada jaringan komputer

11. RPC berguna sebagai prosedur sistem pemanggilan jarak jauh

12. SLIP berguna untuk penyambungan serial

III. Penutup

Selain Contoh di atas masih banyak lagi nama protokol dan kegunaannya dalam jaringan komputer akan tetapi disini ditekankan bahwa Protokol Jaringan merupakan inti pengaturan segala bentuk kesatuan perangkat jaringan baik perangkat keras maupun perangkat lunak agar dipahami dan disetujui berbagai pihak untuk penyediaan, pembuatan dan pengoperasiannya di berbagai bidang.

Sumber : http://www.computerhope.com dan https://www.techopedia.com/definition/12938/network-protocols