29 April 2016

Belajar Ms Office Word Lengkap Tanpa Mouse

A. Pengantar

Ms Office Word adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Sekarang ini MS Office Word telah mengalami perubahan baik segi tampilan penyediaan dan sistem navigasi penggunaannya yang semakin baik. Aplikasi ini dirancang untuk keperluan pekerjaan kantor.

Dalam pengggunaanya aplikasi Ms Office dapat dikelompokkan dalam 4 jenis yang familiar digunakan di dalam negeri. Keempat jenis aplikasi tersebut yaitu Word, Excel, Power Point dan Acces. Word berfungsi untuk membuat naskah dokumen surat menyurat dan naskah lain yang diperlukan. Excel berfungsi untuk mengola Angka. Power Point untuk membuat slide presentasi sedangkan Acces untuk membuat database. Sampai dengan sekarang ini Aplikasi Ms Office sudah berada pada versi Office 2007 s.d. 2016 Pro Plus x86/x64 Final.

Sesuai dengan judul artikel ini yaitu Belajar Ms Office Word Lengkap Tanpa Mouse. Kita akan membahas cara mengoperasikan Ms Word tanpa perlu sibuk mengurus Mouse. Kita hanya menggunakan fungsi kombinasi pada keyboard yang ditekan oleh jari-jari Anda untuk menjalankan perintah-perintah.

B. Tujuan

Dengan membaca artikel ini yaitu Belajar Ms Office Word Lengkap Tanpa Mouse diharapkan kita lebih praktis dan cepat dalam mengerjakan tugas tugas administrasi sehingga tidak banyak gerakan tangan menggunakan perangkat keras pada komputer dan tujuan penyelesaian dokumen pribadi atau organisasi dapat berjalan tepat waktu sesuai deadline kerja di era kemajuan sekarang yang serba menuntut kecepatan.

C. Pokok Bahasan 
  • Praktek Belajar MS Office Word Tanpa Mouse Untuk membuat Dokumen
  • Mengenal Fungsi Keyboard A to Z serta Praktek Lengkap menyelesaikan tugas tugas kantor dengan Ms Office Word Tanpa Mouse

I. Memulai Belajar MS Office Word Tanpa Mouse

A. Kondisi Awal

Belajar pada kondisi ini diperuntukan bagi yang sudah memiliki keterampilan menggunakan aplikasi tingkat lanjut menjalankan aplikasi Ms Office Word. Jika penggunaan dengan Mouse belum mahir atau masih tingkat belajar dasar akan lebih baik jika pertajam dulu pemahaman mengoperasikan guna mempermudah memahami materi ini.

Bagaimana jika saya ingin belajar materi ini ?
Saya sampaikan tidak masalah karena belajar sesuai selera bukan sesuai perintah oke.

Silakan saja Anda ikuti paparan di bawah ini

Langkah-langkah memulai Belajar Ms Office Word Tanpa Mouse adalah sebagai berikut :
  • Tekan Tombol Windows [ berada di tengah Tombol All dan Ctrl lihat keyboard paling bawah, sebelah kiri] untuk memulai
  • Gunakan Tombol panah arah
  • Pilih All Program
  • Pilih MS Office Word
  • Maka akan tampil seperti gambar
Kopinet

B. Kondisi Memulai

Tampilan Putih (page) pada Tampilan Aplikasi Ms Office Word merupakan tempat kita untuk mengetikan naskah dokumen.

Praktek 1 :
Kopinet
Ketik naskah berikut pada halaman kosong seperti gambar di atas :
Adalah blog pribadi dengan konten yang menyediakan konten Umum Seputar Blog, Komputer, dan Internet. Sajian data, bahasa, dan gaya penyampaian konten menggunakan bahasa sendiri dengan referensi yang relevan. Segala isi dalam blog ini hak milik Blog Kopinet. Tidak diizinkan untuk diambil tanpa seizin kami. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi saya pada TAB Contact.

C. Mengatur Instruksi Editing Teks Pada Paragaraf :
    
    Blog Teks yang akan kita ratakan Teksnya
    Tekan Tombol Ctrl yang  berada di keyboard baris   
    paling bawah sebelah kiri dan tekan tombol :
  • Rata Kiri : Tekan Tombol CTRL + L  
  • Rata Kanan : Tekan CTRL+ R untuk Rata Kanan  
  • Rata Tengah : Tekan CTRL+ E untuk Rata Tengah
  • Rata Kiri Kanan : Tekan CTRL+ J untuk Rata Kiri Kanan
D. Mengatur Instruksi Editing Warna, Jenis, Ukuran Huruf
    
    Blog bidang teks, paragraf yang akan diberi warna,  jenis 
    huruf, atau ukuran. (lihat gambar)

  • Tekan Tombol CTRL + D untuk menampilkan gambar
  • Font untuk memilih jenis huruf yang diinginkan
  • Font Style bentuk : Bold = tebal Italic = miring
  • Font Color untuk warna teks
  • Strike Strough untuk coret teks karakter coret satu
  • Size untuk ukuran huruf
E. Menggunakan Fungsi Menu
          
                 Home, Inser, dan Layout

Blog teks jika diperlukan lalu Tekan Tombol All 
Maka akan tampil seperti gambar di bawah :


Berikutnya gunakan tombol panah arah untuk memilih Submenu seperti Insert, Page Border, dan View.

F. Menyimpan Dokumen

Setelah selesai kita akan menyimpan dengan cara :
  • Tekan tombol Ctrl + S 
  • Isikan nama file
  • Tekan tombol arahkan ke tab Save
Catatan: Untuk membatalkan setiap perintah yang kita instruksikan cukup tekan tombol Esc.

II. Mengenal Fungsi Keyboard A to Z serta fungsinya

Keyboard memiliki tombol fungsi yang bervariasi. Selain hal tersebut keyboard dapat difungsikan dengan perintah-perintah kombinas yang cepat untuk mempermudah pekerjaan kita. Ketika sedang mengetik dokumen biasanya kita sibuk memperhatikan Mouse untuk menjalankan instruksi tertentu yang sebenarnya dapat dilakukan langsung pada keyboard.


Adapun perintah-perintah cepat pada keyboard yang dapat kita lakukan pada Ms Word sebagai berikut :


A. Menggunakan Fungsi Tombol Ctrl dengan Tombol A s.d. Z

  • Fungsi Ctrl + A untuk memblok semua halaman teks pada lembar kerja Excel dan Word
  • Ctrl + B untuk menebalkan teks
  • Ctrl + C untuk mengcopy teks
  • Ctrl + D untuk font style
  • Ctrl + E untuk rata tengah pada teks di Ms Word
  • Ctrl + F untuk mencari karakter tertentu
  • Ctrl + G untuk mencari dan menentukan halaman yang dicari
  • Ctrl + H untuk Find and Reflace sama bentuk dengan F dan G
  • Ctrl + I untuk huruf miring
  • Ctrl + J  Untuk meratakan teks rata kiri kanan
  • Ctrl + K untuk inser hyperlink
  • ctrl + L untuk meratakan teks rata kiri
  • Ctrl + M untuk menggeser tab paragraf ke sebelah kanan
  • Ctrl + N untuk membuka lembar kerja baru
  • Ctrl + O untuk membuka dokumen
  • Ctrl + P untuk menampilkan instruksi Mencetak dokumen
  • Ctrl + Q untuk membatalkan perintah menggeser tab paragraf ke sebelah kanan
  • Ctrl + R untuk meratakan teks rata kanan
  • Ctrl + S untuk menampilkan instruksi penyimpanan dokumen
  • Ctrl + T untuk pengaturan TAB
  • Ctrl +  U untuk memberi huruf garis bawah/ underline
  • Ctrl +  V untuk mempastekan hasil copy
  • Ctrl + W untuk menampilkan perintah keluar
  • Ctrl + X untuk memotong teks
  • Ctrl + Y untuk rendo
  • Ctrl + Z untuk undo

Instruksi di atas dapat kita lakukan juga pada Ms Excel dan Ms Power Point. Perbedaannya terdapat pada penyediaan fungsi dimasing-masing aplikasi. Maksudnya ada sebagian yang bisa difungsikan dan ada yang tidak bisa. Secara rinci dapat Anda Praktekkan untuk mengetahui secara pasti.

Tambahan :

Untuk beberapa fungsi yang menampilkan kotak dialog. Misalnya Ctrl + P. Memilih Tombol Tab  saja sudah cukup untuk memilih Name Page Range All Pages Number Off Copies.

B. Menggunakan Fungsi Alt + Tombol Fungsi Lainnya

  • Alt sekali tekan pada Ms Office Word untuk mengaktifkan pilihan Menu
  • Alt + Tab untuk pindah program/aplikasi atau lembar kerja yang dibuka 
  • Alt + Ctrl + V untuk paste spesial
  • Alt + Ctrl + Y untuk melanjutkan Ctrl F (pencarian karakter)
  • Alt + Ctrl + C untuk menampilkan Simbol Copyright = simbol 
  • Alt + Ctrl + M untuk menambahkan komentar pada kalimat
  • Alt + Ctrl + I untuk Print Priview
C. Menggunakan Fungsi Tingkat Lanjut Tombol Alt, Tab, 
    Control
C.1. Membuat Amplop Surat Dengan Fungsi Tingkat Lanjut 
       Tombol Kombinasi
      Caranya :
  • Buka halaman baru
  • Tekan tombol All
  • Tekan tombol panah ke arah kanan
  • Letakan pada menu Mailing
  • Tekan tombol Tab
  • Lihat menu aktif berada di Evelopes
  • Tekan enter
  • Lalu muncul Evelopes and Label
  • Delivery Address untuk mengetik alamat pengirim surat
  • Return Addres untuk mengetik alamat penerima surat
  • Tekan tombol Tab untuk mengarahkan pilihan sampai  menu Add to Document
  • Tekan tombol enter untuk mengakhir instruksi
      Dengan demikian Anda telah selesai membuat Amplop 
      surat tanpa menggunakan Mouse.

C.2. Membuat Bingkai Dokumen Dengan Fungsi Tingkat 
       Lanjut Tombol Kombinasi
  • Buka halaman baru
  • Tekan tombol All
  • Tekan tombol panah ke arah kanan
  • Letakan pada menu Page Layout
  • Tekan enter
  • Pada tampilan Border and Shading
  • Jalan perintah Tab untuk memilih menu
  • Pilih jenis Style arahkan ke Preview
  • Jika sudah tekan tombol Ok
C.3. Membuka Dokumen yang tersimpan dengan Fungsi 
       Tingkat Lanjut Tombol Kombinasi
  • Tekan tombol All
  • Tekan tombol panah ke arah kiri Home
  • Letakan pada menu Office Button
  • Tekan enter
  • Pada tampilan arahkan tombol ke menu Open
  • Tekan enter
  • Jalan perintah Tab untuk memilih Folder atau file yang akan dibuka
  • Tekan enter
C.4. Membuat Kolom Koran dengan Fungsi 
       Tingkat Lanjut Tombol Kombinasi


Blog Kopinet 2016
  • Tekan tombol All
  • Arahkan tanda menuju Menu Page Layout
  • Tekan Tab
  • Tekan tombol panah ke arah kanan
  • Letakan pada menu Columns
  • Tekan enter
  • Pada tampilan arahkan tombol ke bawah pilih Jenis Kolom yang diperlukan
  • Tekan enter