14 April 2016

Perangkat Jaringan Komputer/Device Network

I.  Pengantar

Sebelum kita membangun jaringan komputer ada beberapa hal yang juga patut diperhatikan dengan baik yaitu ketersediaan Perangkat Jaringan Komputer/ Peralatan yang akan digunakan untuk membuat berbagai jenis jaringan. Perangkat jaringan memiliki spesifikasi yang sesuai dengan bentuk jaringan yang dibangun. Artinya jika jaringan kita sederhana maka perangkat atau peralatannya seadanya/standar namun apabila jaringan yang akan dibuat dengan kapasitas besar dan digunakan untuk keperluan besar maka peralatan dan kebutuhan kualitas serta kuantitasnya dengan ukuran besar pula. Sebelum jauh kita membahas tentang jaringan ada baiknya kita kembali pada beberapa artikel sebelumnya yaitu  Tentang Protokol Jaringan Komputer

Berikut ini kita uraikan mengenai perangkat-perangkat jaringan yang standar terlebih dahulu dan diwaktu mendatang kemungkinan perangkat ini akan terus meningkat baik dari segi bentuk dan kemampuanya untuk mendukung pengembangan jaringan komputer. Jika Anda memiliki minat untuk memahami jaringan komputer kemungkinan artikel sebagai pengantar awal saja selanjutnya Anda dapat menemukan informasi lain yang tersedia di internet.

II. Perangkat Jaringan Komputer

Adapun perangkat atau peralatan jaringan sebagai berikut :

1. Switch/Hub

Berfungsi untuk menghubungkan node dalam jaringan. Hub memiliki berbagai jenis, ada 8 port, 16 port dan 32 port. Dalam jaringan dengan Topologi Start setiap kabel Straight maupun Cross dipasangkan pada Port Hub ini. 

2. Tang Krimping & Kabel

Berfungsi untuk memotong Kabel UTP dan mengunci Konektor RJ-45. Bentuk Tang Krimping bervariasi baik segi kualitas maupun harganya. Faktor penting harus diperhatikan juga yaitu kualitas kabel, jika kabel kualitas tinggi, tang krimping harap dengan kualitas tinggi, hal ini mempengaruhi hasil pemotongan serta penjepitan Konektor yang tidak stabil/rapi. 

Untuk kabel dapat kita gunakan yang umum digunakan yaitu kabel UTP. Kabel ini cukup baik kualitasnya dan sudah banyak digunakan oleh admin jaringan komputer baik skala kecil maupun besar.

Ilustrasi :
Kualitas Tang standar ketika memotong kabel dengan kualitas tinggi, hasil pemotongan dan penjepitan kabel tidak kuat alias dalam jangka waktu belum lama, ada beberapa slot konektor yang lepas.

3. NIC

Berfungsi sebagai alat penghubung Kabel Jaringan atau Jaringan tanpa kabel. NIC terdiri berbagai jenis sesuai dengan dukungan pada PC.

4. Modem

Perangkat untuk menghubungkan jaringan komputer ke internet. Modem ada yang berbentuk internal dan Eksternal, penyediaan modem merupakan otoritas ISP (internet service provider).

5. Router

Berfungsi sebagai alat yang akan memperluas jaringan komputer/melanjutkan paket paket pada jaringan.

6. PC/Laptop/Notebook/Android/Smarfhone

Komputer/Laptop/Notebook/Android/Smarfhone merupakan hal penting dalam jaringan. Komputer. Perangkat inilah yang menjadi fokus kita bagaimana masing-masing dapat terhubung dan menjalankan fungsi dengan baik dari tahap input, proses, dan out put baik berbasis kabel maupun nirkabel.

III. Penutup

Simpulan

Point 1sampai dengan 6 (enam) di atas merupakan perangkat jaringan yang diperlukan untuk membuat jaringan komputer. Cara memilih atau membeli perangkat tersebut harap perhatikan kuantitas dan kualitasnya atau disesuaikan dengan bentuk Jaringan Komputer. Jika hanya untuk kegiatan belajar atau praktek mungkin dapat dipecahkan dengan membeli switch secara bersama (berkelompok) sebab peralatan komputer memang mahal oleh sebab itu perangkat-perangkat yang harganya agak mahal beli lah bersama namun akan lain persoalannya jika Anda sedang mengerjakan proyek jaringan komputer hal ini dapat dikonsultasikan dengan seksama dengan bagian yang memberikan kepercayaan kepada Anda untuk membangun jaringan komputer.