20 May 2016

3 (tiga) Prinsip Kerja Pada Mesin Pencari Google

Mesin Pencari. Prinsip kerja mesin pencari Google memiliki 3 rangkaian yang perlu kita pahami. Ketiga rangkaian tersebut pada intinya telah kita terima selama ini baik kita sebagai pemilik website maupun sebagai pengunjung atau visitor yang mencari informasi dan pedoman pada halaman internet. 

Dalam kesempatan ini Blog Kopinet akan memaparkan mengenai prinsip kerja mesin pencari Google. Sebelum kita jauh melangkah untuk membahas mengenai prinsip kerja mesin pencari Google ada baiknya Anda membaca artikel tentang Manfaat Mesin Pencari Google.

Saya anggap Anda telah atau nanti saja untuk memahami/membaca mengenai manfaat mesin pencari Google pada artikel di atas. Jika belum, ada baiknya baca terlebih dahulu dengan maksimal mengenai apa saja manfaat dari mesin pencari Google sehingga kita mudah untuk memahami prinsip kerjanya.

Berikut ini penjelasan rinci mengenai Prinsip Kerja Mesin Pencari Google. Silakan dibaca dengan seksama, jika ada pertanyaan jangan ragu untuk disampaikan kepada kami melalui Menu Kontak.

I. Google Melakukan Perayapan

Isi website yang dikirimkan pada Google Webmaster Console oleh pemilik website akan dirayapi oleh Googlebot sehingga semua isi website akan diambil/ditarik sesuai dengan pedoman webmaster. Googlebot adalah bot perayapan web. Googlebot adalah mesin perayap milik Google yang terdiri banyak komputer.

II. Google Melakukan Indeks

Isi website yang telah dirayapi selanjutnya diindeks (dikumpulkan) oleh Google dan akan ditayangkan ketika ada permintaan dari pengguna. Penayangan ini sesuai dengan kata kunci yang dianggap relevan. Cara agar website terindeks oleh Google dapat dibaca : Web Terindeks Google

III. Google Menampilkan Hasil Pencarian

Isi web yang sudah diproses sesuai dengan tahap 
I dan II akan ditampilkan pada halaman mesin pencari ketika pengguna memerintahkan mesin pencari untuk menemukan informasi atau pedoman yang mereka cari di jaringan internet. Pada halaman pertama tersedia 10 link atau artikel teratas yang dianggap relevan dengan kata kunci pencarian. Sebagai contoh : Anda memerlukan informasi mengenai artikel Komputer, maka langkah Anda pada mesin pencari mengetikkan kata kunci pada kotak pencarian "Artikel Komputer, Internet, dan Blog" setelah itu tekan enter atau search. Berikutnya akan tampil halaman web sesuai peringkatnya masing-masing.

Artinya proses informasi itu kita temukan telah melalui 3 (tiga) prinsip kerja pada mesin pencari Google. Dengan demikian Anda bebas menentukan pilihan atas halaman yang ditampilkan.

Semoga saja artikel prinsip kerja mesin pencari Google ini bermanfaat. Terima kasih.

Rekomendasi untuk menambah wawasan tentang produk Google silakan baca tentang