11 May 2016

Pengertian Jaringan Komputer dan Prakteknya

A. Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung dalam jaringan sehingga komputer dapat melakukan pertukaran data, berbagi sumber daya yang tersedia dalam jaringan. Dalam jaringan komputer terdapat dua sistem yang berjalan. Pertama melakukan permintaan pelayanan dan Kedua memberikan pelayanan. Jaringan komputer akan mempermudah pekerjaan, pengambilan keputusan dan menjadikan tujuan organisasi dapat tercapai dengan tepat karena penyelesaian dan perencanaan kerja dapat diintegrasikan dalam jaringan komputer sehingga pihak-pihak terkait dapat saling berbagi antara bidang A dan bidang lainnya.

Jaringan komputer memberikan peran yang nyata sebagai bagian dari organisasi. Beberapa elemen dalam organisasi dapat diintegrasikan satu sama lain dan tidak terbatas. Batasan dapat dikontrol sebagaimana jenjang kendali dalam jaringan. Selagi akses diizinkan maka secara otomatis komputer dalam jaringan dapat melakukan pengiriman dan penerimaan data dan informasi secara cepat tepat dan akurat sesuai dengan instruksi oleh user dan administrator. Selain itu juga instruksi kerja cukup diterapkan dalam jaringan.

B. Sejarah Jaringan Komputer

Jaringan komputer pertama kali dikembangkan pada tahun 1940. Dikembangkan di Amerika Serikat oleh Laboratorium Bell dan Riset di Universitas Harvard.

C. Unsur-Unsur Dalam Jaringan Komputer

Agar dapat membuat jaringan komputer ada beberapa unsur yang harus terpenuhi.
  • Adanya Admin dan User
  • Adanya komputer
  • OS
  • Aplikasi
  • Perangkat Jaringan
D. Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Yaitu kelompok atau jenjang jaringan komputer yang dikelompokan berdasarkan kuantitas dan kualitas serta kebutuhan jaringan dibuat sebagai upaya mencapai tujuan penggunan jaringan komputer. Secara rinci dapat dibaca Jenis Jaringan.

E. Tipe Jaringan

Merupakan tipe jaringan yang disetting pada jaringan komputer. Misalnya Tipe Jaringan Peer To Peer dan Tipe Jaringan Client Server. Untuk lebih jelas mengenai tipe Jaringan baca Jaringan Client Server & Peer To Peer

F. Kabel Jaringan

Kabel jaringan adalah kabel yang digunakan untuk membangun jaringan. Baik untuk jaringan yang kecil, menengah atau jaringan berbasis luas. Kabel jaringan cukup banyak lebih lanjut dapat dilihat : Contoh Kabel Jaringan 

G. IP Addres

Internet Protokol. Yaitu alamat masing-masing komputer yang ada pada jaringan. IP Address memiliki beberapa kelas dalam penggunaannya. Kelas-kelas IP disesuaikan dengan bentuk jaringan yang akan dibuat. Sebagai referensi dapat disimak pada Kelas IP 

H. Protokol Jaringan

Yaitu kesatuan baku yang disepakati bersama oleh jaringan. Lebih jelasnya lihat Protokol Jaringan

I. Toplogi Jaringan

Topologi berperan penting untuk menentukan desain dan bangun rancang mengenai jaringan yang akan dibangun.

J. Manfaat Jaringan Komputer
  • Mempercepat pengiriman data dan informasi cukup dengan menggunakan komputer
  • Menekan biaya 
  • Dapat berbagi sumber daya secara bersama
  • Dapat mengakses file atau data secara langsung di masing-masing komputer yang terhubung jaringan
Dengan paparan point A sampai dengan J di atas dapat diketahui bahwa jaringan komputer cukup luas dan banyak membutuhkan peralatan dan SDM, juga memiliki manfaat bagi organisasi yang sudah memiliki jaringan komputer. Guna menunjang penerapan Jaringan komputer diperlukan SDM yang memadai, menguasai berbagai sistem guna membuat jaringan komputer sehingga jaringan benar-benar dapat difungsikan. Tersedia peralatan jaringan tanpa ada SDM maka peralatan tersebut tidak dapat difungsikan begitu sebaliknya.

K. Langkah-Langkah Memahami Jaringan 

Beberapa caranya sebagai berikut :
  • Pahami dengan baik mengenai perangkat jaringan
  • Perhatikan perangkat jaringan secara seksama mulai aspek fisik maupun teknis penggunaannya
  • Lakukan praktek untuk membuktikan teori
  • Hindari menghapal berkaitan dengan jaringan akan lebih baik jika langsung praktek saja.
  • Mulailah dengan praktek membuat kabel. Setelah bisa baru lakukan langkah demi langkah sesuai dengan urutan Artikel Pengertian Jaringan Komputer yang Blog Kopinet Bahas. Lebih terpadu silakan baca Cara Membuat Kabel Jaringan. Apabila Anda sudah memahami atau berhasil membuat beberapa kabel jaringan atau sudah beberapa kali praktek lanjutkan dengan melakukan Setting Jaringan. Cara Setting Jaringan dapat dibaca secara lengkap Cara Setting Jaringan.
L. Penutup

Simpulan

  • Jaringan adalah sekumpulan komputer yang terhubung dalam jaringan.
  • Untuk membuat jaringan kita memerlukan peralatan tambahan.
  • Untuk memahami jaringan kita perlu praktek secara langsung.

Saran

Lakukan praktek membuat kabel minimal 5 s.d 7 kali agar Anda benar-benar sudah paham dan mengerti kegunaan kabel sesuai artikel yang Blog Kopinet bahas. Upayakan praktek dengan beberapa komputer yang berbeda guna memiliki pembanding baik segi perangkat keras maupun perangkat lunak.