27 May 2016

Mengukur Potensi Bisnis Online Menjelang Ramadhan

Kopinet. Ramadhan membuka potensi bisnis online dibidang kuliner meningkat berlipat ganda. Kebutuhan akan kuliner dipengaruhi oleh volume belanja masyarakat yang tinggi. Selain itu pula para pebisnis kuliner bersiaplah untuk memasarkan produk secara online untuk menyiasiati persaingan yang ketat dibidang kuliner. Bagi pengusaha kuliner yang sudah lama berkecimpung dibisnis online juga perlu mempertimbangkan strategi mengingat adanya perubahan jadwal makan dan minum di bulan Ramadhan.

Pada umumnya pemesanan makan dan minum pada jadwal makan malam, dan makan siang ketika bulan Ramadhan berubah menjadi petang dan subuh atau pada saat buka puasa dan sahur. Kondisi ini memerlukan strategi khusus untuk mengimbangi permintaan pelanggan agar para pelanggan tetap puas dengan produk kita. Jika diperlukan tambah karyawan atau transportasi pendukung untuk menjangkau beberapa pelanggan kita yang memerlukan produk kuliner kita. Di bawah ini diuraikan beberapa point yang perlu diukur mengenai Potensi Bisnis Online Menjelang Ramadhan.

Potensi Makanan Ringan

Kuliner yang berbentuk makanan ringan, dengan deskripsi menu rasa manis, ringan, dan warna bervariasi . Hal ini biasanya permintaan untuk menu buka puasa. Gunakan kemasan yang higienis dan berbahan alami seperti daun-daunan.

Jenis makanan berupa makanan khas Daerah, makanan Nasional, maupun makanan impor seperti Kurma. Perhatikan pergerakan pesaing penyedia makanan ringan di sekitar Anda. Hal ini bisa berupa penetapan harga, produk promo dan sebagainya. 

Potensi Lauk Pauk

Lauk untuk makan sahur berupa menu yang berbentuk kering dan kuah. Upayakan tidak terlalu banyak lemak dan kolesterol, sediakan kemasan yang alami juga seperti makanan ringan. Hindari rasa tertentu yang menonjol (terlalu asin, manis, asam) akan lebih baik berikan masukan dari pelanggan bahwa mereka suka menu dengan rasa yang khas seperti apa agar puas dengan penyediaan lauk untuk kita buat dan dijual.

Menetapkan Strategi Tambahan

Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi permintaan pelanggan yang meningkat salah satunya. Terbukti jika permintaan menu di bulan Ramadhan lebih tinggi dibanding hari biasanya oleh sebab itu perlunya strategi tambahan dan menyiapkan analisa dibagian ini.

Artikel terkait : Internet Marketing (strategi)

Menetapkan Keunggulan

Berhubung produk kita adalah makanan, penetapan prinsip keunggulan adalah mutlak sebagai tujuan mempertahankan pelanggan kita. Jaga kualitas bahan baku kita, jika ikan bahan bakunya beli dan sediakan ikan yang segar. Pertimbangkan apakah menu lauk ikan untuk dijual tersebut pada waktu makan malam apa untuk Sahur ?

Untuk Makanan ringan (Menu berbuka) bawa pesan khas Bulan Ramadhan akan lebih efektif dibanding mengangkat tema khas tertentu. Ciptakan produk dan kemasan serta keunikan sendiri sehingga berkesan dimata pelanggan. Prinsip tersebut untuk membuka kabar baru mengenai produk kita dimata masyarakat pada suasana Bulan Ramadhan.

Tindaklanjut 

Bagian ini juga diperlu diperhitungkan mengingat setelah selesai puasa akan menghadapi Hari Raya. Perlu diperkirakan apakah memungkinkan Anda menyediakan produk jadi atau produk mentah pada bagian di atas (Makanan Ringan dan Lauk Pauk) untuk dipasarkan sebagai persiapan masyarakat memenuhi kebutuhan Hari Raya sebagai tindaklanjut Anda. Jika bagian ini akan Anda jalankan perlu persiapan dengan baik dan memperhatikan volume atau kebiasaan produk yang banyak dibeli pada hari-hari di bulan Ramadhan. Dengan demikian Anda dapat memutuskan bagian produk apa yang tepat untuk Anda jadikan sebagai Agenda 
Tindaklanjut Bisnis Online Anda.


Blog Kopinet. Jadi, simpulannya potensi bisnis online dalam artikel ini adalah potensi secara umum pada menu menu di bulan Ramadhan.