08 June 2016

Cara Membangun dan Menetapkan Backlink Untuk Web Blog

Backlink adalah tautan dari alamat website yang mengarah ke website tertentu atau website lain. Website memberikan rekomendasikan/usul kepada pengguna webnya untuk menawarkan kunjungan ke suatu website yang berkaitan dengan materi konten, jenis konten web atau penegasan sumber-sumber yang relevan.

Secara rinci misalnya Website A membahas Tentang Artikel SEO On Page. Kemudian ada Website B juga membahas Tentang Artikel SEO Off Page. Website B memberikan komentar ke Website A sebagai masukan atau dukungan materi yang dibahas di Website A, selanjutnya Website A menawarkan kepada pengunjung di websitenya bahwa ini link yang berkaitan. Dengan demikian pengunjung Website A akan diarahkan/direkomendasi untuk mengunjungi pula Website B tadi atau dengan sendirinya berkunjung ke masing-masing web atau blog dengan mengamati url yang aktif pada halaman atau rangkaian komentar. Selain itu pula ada sifat URL atau link yang kita buat tertanam di suatu website atau blog namun tidak tampil atau tersembunyi. Faktornya bisa saja Admin tidak menayangkannya.

Upaya membangun dan menetapkan backlink untuk website atau blog dapat dilakukan dengan berbagai upaya yang sudah umum digunakan oleh para pakar dan praktisi website atau blog serta para pebisnis online/internet marketing dengan memamahi aspek teknis dan gambaran realitasnya di lapangan.

I. Jenis Backlink

A. Backlink Natural

Backlink yang terbuat oleh pengunjung website kita. Biasanya mereka menjadikan referensi artikel kita tanpa sepengetahuan kita memasang link situs kita pada postingan web atau media sosial mereka. Peluang mendapatkan backlink natural cukup lamban, mengingat dari ratusan atau ribuan pengunjung kita belum tentu bersedia menjadikan link di web/blog kita sebagai referensi. Hal ini bukan sebuah kepastian ada pula yang hanya kurun waktu singkat dan konten yang masih minim sudah mendapatkan backlink natural.

B. Backlink Otomatis

Sejauh ini banyak sekali penyedia backlink otomatis. Kita hanya mengikuti aturan main pada situs penyedia backlink tersebut kemudian memasukan URL web/blog kita selanjutnya backlink akan kita diperoleh.

Berkaitan dengan Backlink otomatis ini banyak pakar web atau blog yang menyarankan untuk tidak melakukan ada pula yang menyarankan mengingat untuk mendapatkan backlink natural cukup sulit. 

Dari tim Google sebenarnya telah merilis mengenai perilaku menyewa jasa SEO bukan hal yang menjadi acuan utama atau tindakan tepat akan tetapi perilaku pengguna lah menjadi hal penting dan penilaian khusus oleh mesin pencari. Betapa tingginya nilai backlink dari 1 orang pengguna dengan menemukan website atau blog kita dari kueri di mesin pencari kemudian pengguna tersebut mereferensi dan membuat backlink untuk kita daripada 100 backlink namun diperoleh secara otomatis dari mesin atau jual beli link.

Artikel terkait : Menggunakan Link Collider

II. Cara Membangun Backlink

A. Aktif di Google Forum

Di forum ini kita akan bertemu dengan para pakar dibidangnya masing-masing. Kita dapat meninggalkan link aktif diakun tersebut setiap ada pertanya yang kita ajukan atau mencoba menjawab pertanya anggota forum. Selain itu pula kita akan mendapatkan pedoman resmi dari pihak Google forum yang keakuratan info dan pedomannya tidak perlu diragukan lagi.

Peluang pengunjung dari url yang kita tanam di Google forum ini cukup potensial. Forum ini fokus membahas Google Console, dan produk Google lainnya.


B. Melakukan Blogwalking

Tindakan nyata dengan membaca website atau blog yang relevan dengan website atau blog kita. Setelah kita menemukan konten yang kita anggap relevan berikutnya tinggalkan komentar dengan menyertakan link kita pada akun komentar pada website atau blog tersebut.

Teknis realistisnya upayakan untuk memahami isi konten dengan baik atau bila perlu beri perbandingan antara konten yang dibahas di website atau blog kita dengan konten yang sedang kita baca (bisa berupa perbandingan angka, jenis, pengalaman, dan sebagainya, contohnya : Artikel Anda membahas 3 jenis, sedangkan artikel punya saya hanya 2 jenis, "masukan URL blog") tujuan hal ini untuk mengembangkan topik pembahasan komentar agar tidak menoton.

Selain hal tersebut tiap mengajukan pertanyaan harap sertakan kutipan dalam artikel tersebut untuk mempermudah pemilik website atau blog mengidentifikasi pertanyaan kita. Hindari kalimat bertanya langsung ?

C. Membuat Media Sosial 

Membuat Media Sosial  untuk website atau Blog memang penting. Tujuannya tidak lah lain agar web atau blog kita mendapatkan pengunjung. Kita dapat mengirimkan URL atau postingan artikel di blog kita ke halaman Facebook, Twitter, dan media lainnya sehingga peluang pengunjung untuk datang ke website kita bertambah atau bahkan meningkat.

Beberapa pengalaman Blog Kopinet sebelumnya antara mengirimkan di halaman update status lebih efektif kita kirimkan langsung via inbox. Dikirimkan via inbox mengundang pemilik akun medsos penasaran dan membuka link yang kita kirim sedangkan di halaman biasanya hanya dibaca saja kecuali konten tersebut dianggap penting oleh para pemilik akun atau teman atau group kita.

Perlu dihindari :

Jangan terlalu banyak mengirimkan url ke halaman medsos dalam kurun waktu yang singkat. Jika terlanjur stop dari sekarang. Menurut paparan para pakar dipahami bersama bahwa upaya mengirimkan URL terlalu banyak ke medsos bisa dianggap spam.

C. 1. Membantu Pengguna dari Media Sosial

Kita dapat memberikan bantuan pengguna dari Media Sosial yang kita desain untuk mengumpulkan backlink di website atau Blog. Tindakan cermat berupa beri petunjuk bahwa untuk memecahkan permasalahan pengguna diajukan dapat dipecahkan dengan tindakan yang ditentukan secara khusus.

Contoh :
Ada teman atau anggota group kita yang memerlukan bantuan melaporkan penghapusan akun Media Sosialnya.

Tindakan admin web
Kirimkan keyword pada laman update status atau diskusi
beri petunjuk untuk searching di mesin pencari dengan kata kunci yang mengarah ke website atau blog kita dengan artikel terkait. 

D. Tukar Link atau buat blog baru dan pasang link ?

Aktivitas tukar link masih berlaku. Tindakan ini cukup efektif namun bagi blogger pemula atau orang baru di dunia web ini cukup berat. Mengingat untuk dapat tukar link pastinya sudah kenal atau memang ada penyedia tukar link baik perseorangan ataupun berkelompok.

Jika demikian cukup sulit tukar link ? jawabnya ya. Hal ini perlahan nantinya bisa kita lakukan berjalan waktu banyak teman sesama blogger atau webmaster yang bersedian bertukar link.

Jika buat blog baru dan pasang link ?

Perhatikan :

Jika blog baru tersebut aktif dan terus update ada pengaruh positif namun bila blog tersebut sekedar kita jadikan tempat memasang link maka status blog tersebut berstatus mati suri dan tidak efektif dengan backlink yang kita buat.

E. Backlink Nofollow & Dofollow

Nofollow adalah backlink yang menginstuksikan kepada Goole Bot untuk tidak merayapi. Kondisi ini tidak akan memberi pengaruh pada blog kita di mesin pencari.

Dofollow adalah backlink yang menginstruksikan kepada Google Bot untuk merayapi link yang kita tinggalkan pada komentar.

Lebih rinci mengenai hal ini dapat Anda simak video Use rel="nofollow" for specific links

F. Membuat Press Release Web atau Blog

Istilah Press Release saya masih ingat ketika masih di SMK jurusan Administrasi Perkantoran pada saat magang di Perusahaan Besar yang bergerak di Bidang Jasa. Aktivitas ini sebagai bentuk komunikasi kepada publik dari pihak perusahaan untuk menyampaikan mengenai produk, jasa atau kejadian tertentu agar diketahui oleh publik atau pelanggan dan sebagainnya.

Formula penyusunan bahan, produk, proses, dan kampanye mesti disusun dengan baik dan teliti sebelum disampaikan ke publik. Nah, di website atau blog para pemilik dapat juga menerapkan teknik ini agar diperoleh feedback dari pengunjung atau seperti judul artikel ini berupa backlink dari kegiatan press release ini.

Bentuk Press Release pada website atau blog bisa kita gunakan keunggulan produk atau jasa kita yang sudah siap go online atau digunakan, jangkau, produk baru, hasil pengakuan, progress dan lain sebagainya. Pastikan dengan baik semua produk atau jasa yang akan kita jadikan bahan press Release, sediakan format dukungan misalnya kita akan menyediakan bahan toturial, e-book, dan sebagainya. Intinya kita susun dan siapkan semaksimal mungkin agar Press Release kita benar-benar tepat sasaran dan berdaya guna serta memiliki nilai lebih dibanding sebelumnya orang mengenal tentang web atau blog kita.

Contoh Press Release pada PT Sucofindo

III. Penutup

Simpulan

Backlink adalah tautan dari website tertentu yang mengarah kepada website lain yang saling terhubung berdasarkan integrasi URL masing-masing website.

Backlink ada yang natural dan ada yang diperoleh secara otomatis.

Saran

Sebelum memulai Backlink lebih baik fokus dulu pada konten website atau blog, mengingat tingkat kepentingan tertinggi adalah konten berkualitas. Jika konten berkualitas tidak menutup kemungkinan backlink terbangun dengan sendirinya.