13 June 2016

Cara Mengetahui Kata Kunci Terbanyak Dengan Google Trends



Pengguna Internet. Pengguna Internet adalah seseorang atau sekelompok orang yang menggunakan jaringan internet secara sistematis dalam kurun waktu tertentu dan berkelanjutan dengan berbagai macam perangkat dan sistem operasi.

Artikel terkait : Panduan Menggunakan Internet

Google Trends adalah data statistik yang ditayangkan oleh Mesin Google mengenai perilaku pencarian di internet berupa data kueri, OS, wilayah, kota, subkawasan mengenai topik dan kategori tertentu diberbagai bidang yang sering dicari di internet pada kurun waktu tertentu oleh pengguna internet.

Ada beberapa point penting mengenai perilaku pengguna yang mungkin perlu dipertimbangkan dengan cermat mengenai cara-cara unik dan entry kata kunci oleh pengguna dengan pesatnya perkembangan teknologi yang telah mengubah cara pandang masyarakat dalam mencari informasi di mesin pencari. Ada ciri yang kerap terjadi dalam kata kunci pencarian pada kata tertentu. Maksudnya disini telah hadirnya beberapa kata bersumber dari kebiasaan ucapan para pengguna namun melenceng dari kata yang sebenarnya. Lihat saja kata pencarian salah satu contoh, misalnya cara membuat "email", kerap kita temui kueri yang muncul cara membuat "emil". Kondisi ini sebenarnya sudah ditanggapi oleh mesin pencari untuk memandu dengan kueri "maksudnya" yang mengarahkan ke kata kunci yang sangat relevan menurut mesin penjawab. Hal ini perlu juga kita siapkan analisa yang unik dengan memahami cara-cara dan perilaku pengguna yang terus berkembang.

Baiklah, langsung saja berikut akan kita bahas secara rinci mengenai cara mengetahui kata kunci terbanyak di mesin pencari sebagai berikut :

A. Menggunakan Google Trends
  • Login ke akun email gmail.com
  • Klik Aplikasi Google.
  • Klik Trends.
  • Selanjutnya kita akan berada pada tampilan halaman depan.
  • Pada jelajah topik masukan kata kunci "Internet Marketing".
  • Kemudian pilih baris menu. Lihat gambar.


Keterangan :
  • Worldwide : Isikan Negara Kita
  • 2004 present : Pilih Tahun, Bulan, atau waktu tertentu
  • Web Search : Pilih kategori pencarian, web, image atau lainnya
  • Tekan enter 
Selanjutnya kita akan memperoleh data grafik.

Regional Interest : Menayangkan data berdasarkan provinsi atau kawasan, subkawasan
Kueri : Menampilkan data kueri pencarian
# Topics/Topik = kategori
# Top/ Teratas = data teratas
# Rising/Naik daun = data sedang naik daun

Dengan demikian kita telah mengetahui data Kata Kunci Terbanyak yang dicari dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan penetapan sistem penayangan data kita tentukan. Catat data tersebut sebagai perbandingan di masa akan datang apabila kita akan menggunakan sumber data sekarang ini atau untuk keperluan lain berkaitan dengan kata kunci pencarian tersebut.

B. Menggunakan Kata Kunci Pencarian Lanjutan

Kita dapat mengubah topik kunci pencarian dengan kata kunci yang lain. Misalnya setelah kita menguji data pencarian Internet Marketing lalu kita lanjutkan dengan kata kunci yang relevan lainnya seperti "Toko Online". Langkahnya sama seperti langkah-langkah di atas kemudian kita peroleh lagi data secara lengkap berdasarkan penetapan pencarian yang kita tentukan (Wilayah, kurun waktu, dan sebagainya). Kueri, Top, Naik daun dan sebagainya ditampilkan berdasarkan data angka yang jelas. Simpan data tersebut untuk keperluan mendatang bila suatu waktu kita lakukan analisa kata kunci kembali.

C. Manfaat Menggunakan Google Trends

I. Bagi Blogger 

Seorang blogger dapat memafaatkan data Google Trends sebagai referensi untuk menentukan judul artikel yang akan dibuat dalam blog. Hal ini mempermudah mengenai kategori utama, relevan atau pembanding mengenai suatu topik yang dibahas di dalam blog seorang blogger yang selanjutnya akan diputuskan kira-kira apa judul artikel yang akan diposting nantinya

Artikel terkait : Cara Membuat Blog
 
II. Bagi  Personal Internet Marketing

Dapat dijadikan analisa lanjutan mengenai strategi bisnis dengan mengamati perilaku pencarian di internet. Data tersebut merinci wilayah, kota, dan subkawasan. Dengan demikian dapat susun mengenai target atau perencanaan pemasaran menuju tempat tertentu.

III. Bagi Perusahaan Sudah Menerapkan Sistem TI

Menyusun rencana jangka pendek dan panjang yang relevan dengan data pengguna atau perilaku pencarian yang memungkinkan membuat strategi pemasaran atau bentuk inovasi yang berkaitan dengan internet marketing pada produk atau jasa perusahaan. Laporan data yang diperoleh dapat dijadikan acuan oleh berbagai bidang di perusahaan yang membidangi untuk mengambil langkah-langkah memahami perilaku pengguna yang nantinya bisa saja berkunjung ke situs web dan konversi menjadi pembeli produk atau jasa perusahaan.
 
D. Simpulan

Google Trends memberikan data mengenai perilaku pencarian pengguna di internet mengenai topik tertentu.  

Artikel lanjutan : Cara Mengakses Server Pengumuman 

No comments:

Post a Comment