19 June 2016

Perkembangan Internet Marketing Indonesia Mendatang


Kopinet. Berbagai bidang pada saat ini mungkin sudah hampir semuanya terintegrasi dengan jaringan internet. Apakah produk atau pun jasa sudah tersedia di mesin pencari ketika nama produk dan jasa tersebut kita cari di internet. Kondisi ini tidak lepas dari pertumbuhan pengguna internet dan diawali denga pertumbuhan ekonomi masyarakat yang membaik sehingga volume pembelian barang elektronik yang mendukung akses internet mengalami peningkatan.

Dasar Hukum

UU Perlindungan Konsumen No 8 Tahun 1999
UU ITE No 11 Tahun 2008

Pengertian 

Pengertian dapat dibaca : Internet Marketing.

Perkembangan Internet Marketing telah mengubah arah calon pelanggan dan mengubah arah para pebisnis diberbagai bidang. Jika selama ini kita perlu membuat spanduk untuk iklan, membuat brosur, membuat papan merek dimana produk kita dapat dijumpai atau jasa kita dapat ditemukan serta diketahui oleh publik namun dengan hadirnya teknologi informasi hal tersebut hanya dapat dilakukan pada jarak tertentu.

Pelanggan dapat melihat produk Anda kapan pun, dimana pun, dan tidak perlu Anda repot banyak keluar suara menjelaskan kepada mereka. Anda cukup tuangkan mengenai produk atau jasa ke halaman website, Blog, Media Sosial, dengan sendirinya calon pelanggan akan menemukan kira-kira mana produk yang cocok dengan pilihan mereka setelah itu akan ada proses tawar-menawar dan terjadilah konversi pembelian.

Perkembangan internet marketing mendatang akan bagaimana ?

Dalam artikel ini kami coba memberi pendapat secara personal. Dimana pendapat ini belum tentu akan sama, memiliki legalitas mengenai mengapa kami harus mengeluarkan pendapat, landasan yang kami gunakan dan sebagainya. Artinya hal ini merupakan murni dari pemahaman kami semata tanpa melibatkan unsur apapun (pendapat pribadi).

A. Perusahaan E-Commerce

Sejauh ini dari banyaknya Perusahaan E-Commerce ada beberapa yang kami sampaikan dimana perusahaan sudah kami gunakan jasa dan produknya beberapa tahun yang lalu dan sampai sekarang tetap berdiri. Perusahaan tersebut diantaranya :
1. Bhinneka 
2. Lazada
3. Blibli
4. Toko Pedia
5. Tanah Abang Market

Selain di atas masih banyak perusahaan E-commerce lainnya yang sudah bergerak cepat masuk dalam ranah internet marketing. Keberadaan perusahaan ini kedepannya akan diprediksi terus meningkat seiring dengan perilaku pengguna yang selama beberapa tahun belakang cenderung menggunakan internet untuk keperluan pribadi, sosialiasi, dan atau sekedar untuk menemukan informasi dan pedoman mengenai topik tertentu di internet dari hari ke hari mulai mengarah pada proses membeli barang atau jasa secara online.

Hal-hal yang menjadi pemicu pengguna berminat membeli berdasarkan pengamatan pada lingkungan internal Blog Kopinet sumbangan terbesar dari iklan di TV dan adanya bukti otentik serta kesinambungan seseorang berbelanja online pada perusahaan e-commerce. Jadi, jika ada 7 orang 2 diantaranya kerjaannya belanja online terus -menerus dalam jangka 1 tahun akan ikut paling sedikit 3 orang yang akhirnya belanja online pada perusahaan tersebut. Contohnya saya, 2 tahun lalu saya tidak begitu tertarik belanja online namun sekarang rasanya cukup dari monitor, serahkan uang cash sama teman terus dia yang bayar via internet banking kira-kira seperti itu gambarannya dari pengalaman Blog Kopinet.

B. Penyedia Afiliasi

Ini program cukup berpotensi  di waktu mendatang. Beberapa kelemahan afiliasi cenderung rendahnya bayaran dari klik atau nilai keuntungan dari transaksi penjualan barang atau jasa. 

C. Pemasang Iklan Afiliasi

Pemilik situs atau blogger biasanya akan sebanyak-banyaknya memasang iklan Afiliasi.

Kelemahan

Belum tentu pengunjung web atau blog sebanyak 1000 orang merupakan orang yang pernah belanja online. Kalaupun mereka pernah atau rutin belanja online biasanya mereka langsung meluncur pada situs jual beli yang mereka sudah tahu. Artinya peluang mereka membeli produk atau jasa dari iklan di situs atau blog kita menjadi minim.

Agar kedepan berpotensi lebih baik kita sediakan website yang relevan atau paling tidak mendekati antara judul website atau blog dengan iklan Afilaisi yang akan dipasang. Terkadang iklan dari penyedia Afiliasi jauh dari pola atau perilaku pengguna belanja online yang sudah biasa ia lakukan. 

Contoh : Saya punya blog denga judul tentang internet kemudian pasang iklan yang muncul pakaian wanita, laki-laki atau komputer. Ini kan simpang siur. Agar relevan kira-kira apa ? kita coba kaitkan lagi misalnya blog atau web dengan judul SEO yang akan muncul iklannya apa ? Blog atau web dengan judul pariwisata ?

Dari kasus di atas cukup kita mengerti bahwa peluang dan potensi itu sebenarnya memang besar akan tetapi bisa menjadi kecil jika tidak dilakukan persiapan yang matang baik dari segi penyedia maupun oleh pemasang Afiliasi.

Supaya Afiliasi ini dapat berdaya guna dan berkembang di masa yang akan datang ada baiknya disusun atau bila memungkinkan dirancang standarisasinya baik dari segi internal maupun eksternal dari masing-masing pihak.

Penutupan Afiliasi. Di dalam negeri beberapa perusahaan TI ada yang sudah menutup program afiliasinya dan sekarang berfokus pada induk usaha diawal. Dalam surat pemberitahuan dijelaskan bahwa Afiliasi tersebut tidak berjalan efektif.

D. Toko Online

Istilah toko online muncul pada saat genderang internet yang mendukung untuk diakses dari Ponsel walau sebenarnya pada 8 tahun yang lalu telah berdiri toko online namun judulnya bukan toko online akan tetapi lebih ringkas beli barang dari situs web.

Paradigma Toko Online kuantitasnya  berbasis toko baju. Produk atau jasa yang lain saya amati masih didominasi oleh perusahaan yang sudah lama berdiri dan diakui konsitensinya dan ditambah oleh Startup yang baru beberapa tahun ini muncul dan Booming di telinga maupun mata baik produk atau jasa yang bisa dibeli secara oniline oleh konsumennya.

Perkembangan kedepan akan baik  atau memungkinkan untuk dibangun asosiasi Toko Online. Terapkan aturan bila perlu konsultasikan kepada pihak berwenang mengatur. Hal ini bertujuan agar konten informasi diketahui oleh konsumen mana yang benar-benar dan mana yang masih abu-abu. Berikan kepada pengguna bahwa kami memang memberi keamanan bagi pembeli produk kami sehingga kasus penipuan belanja online tidak terulang atau paling tidak diminimalisir. Mengapa hal ini diperlukan sebenarnya perusahaan E-commerce sudah sangat baik kesiapan maupun bangun rancangnya dalam memfasilitas calon pelanggan akan tetapi perilaku pengguna atau masyarakat kita masih rata-rata baru mengenal istilah belanja online. Apa arti sebuah SSL pada website jika calon pengguna situs jual beli belum bisa membedakan mana situs aman mana situs organisasi mana situs pribadi ditambah lagi dengan miliaran konten URL yang disediakan oleh dan pada akhirnya mereka stop pada halaman pertama pencarian alias tidak melanjutkan peninjauan barang atau jasa pada toko online milik kita. Kejadian ini terjadi pada blog yang saya buat pada tahun 2010 yang lalu. Padahal orang-orang yang akan membeli tersebut tiap hari berinteraksi dengan saya namun mereka lagi-lagi ragu.

Alasan sederhana mereka membatalkan untuk membeli secara online itu lebih ribet dibanding beli secara manual karena sistem transaksi perbankan yang mengharuskan mereka pergi ke bank mengirim via ATM dan belum menggunakan internet Banking. Ponselnya masih Internet Browsing, Internet Video, Internet Updating Medsos, dan lainnya.
  
Target Secara Nasional

Untuk hal yang dibahas di atas pada penargetan secara nasional bisa ya atau pun tidak. Mengingat target secara nasional diprediksi sudah banyak masyarakat yang menggunakan internet banking serta pengetahuan mereka lebih luas mengenai konten internet

Logikanya :

Jaringan internet dalam hal ini Toko Online tetap akan berkembang dan akan memiliki keunggulan dibanding manual sebab produk atau jasa dapat dilihat, dibeli, ditawar kapan pun, dimana pun dan oleh siapa pun. Hal yang perlu diperhatikan adalah perilaku pengguna internet. Temukan sumber dan pengguna internet yang benar-benar akurat.

E. Platform dan Media

Sumbangan terbesar berada pada penyediaan website dan blog. Sekarang ini masing-masing perusahaan penyedia layanan web telah bersinergi dengan keperluan pengguna. Dimana penyediaan domain dan hosting yang relatif murah. Ini tentu membuat grafik meningkat baik dari sesi pengguna maupun pengembang web atau blog itu sendiri.

Jika Anda memutuskan memiliki website Anda akan berhubungan dengan pihak hosting dan domain. Jika Anda fokus pada bisnis Anda akan berurusan dengan pengembang. Urusan website dan hal lain terkait itu urusan pengembang. Jika Anda pribadi cukup dengan blog atau berlanjut ke level profesional memiliki situs yang ber TLD.

Anda tidak bisa tinggal diam dan terlalu percaya denga pedoman kerja bisnis Anda. Ada hal unik yang tidak dicatat dalam buku. Siapa itu ? ia adalah perubahan perilaku para pengguna internet. Dimana mengukurnya ? Coba Anda perhatikan. Ada Jutaan kata melayang yang diurai dalam update status, ada ratusan ribu image yang diunggah. Darisana Anda temukan bahan pertimbangan untuk menyesuaikan bisnis Anda. Inilah hebatnya Media.

F. Cakupan Wilayah

Negara kita merupakan negara kepulauan. Akses internetnya berbeda-beda baik kecepatan maupun dukungan provider. Hal ini perlu dicermati. Tidak dapat diukur dengan kecepatan dimana Perusahaan Anda berdiri namun harap ditelaah beberapa wilayah yang akan kita target untuk mengirimkan pesan produk atau jasa kita pada masyarakat disana sebab kita menggunakan teknologi. Temukan sumber-sumber yang valid mengenai jaringan internet, OS, Perangkat, dan sebagainya di wilayah tersebut sehingga kita dapat menyiapkan bangun rancang teknologi kita agar produk atau jasa kita tampil dengan tampilan yang sama dimanapun diakses.

G. Kesesuai Produk Jasa

Membuat atau merancang bisnis ada baiknya mengamati berbagai kultur secara menyeluruh. Terutama produk yang akan digunakan oleh perserorangan namun bukan masalah jika produk atau jasa tersebut bersifat berlaku sesuai sifatnya. Misalnya untuk menjual TV, Produk elektronik, dan peralatan rumah tangga tetap sama akan tetapi berbeda dengan pakaian pribadi sebab daerah atau kultur cenderung menjunjung tinggi pakaian adat atau kebiasaan serta perkembangan zaman beberapa diantaranya.

Kejadian pernah saya alami, saya pernah ditawari langsung sebuah produk pakaian. pakaian tersebut untuk orang-orang yang bertarif ekonomi tinggi sedang saya orang bertarif ekonomi tidak menentu jadi makna pemasarannya salah sasar. Dari sini Internet Marketing perlu memperhatikan hal ini. Saya juga pernah menawarkan komputer, ternyata lawan chat saya seorang peternak ikan ulung. Dapat pengalaman saya. Pak, cek lagi lah siapa saya ? sejauh ini saya belum tertarik dengan produk itu, namun waktu mendatang bisa saja akan membutuhkan tutupnya.

Hal di atas mengingatkan kita bersama bahwa tidak semua yang kita kirimi promosi dalam jaringan internet mengerti dan memerlukan produk atau jasa yang kita tawarkan.

H. Tantangan Optimasi (SEO) untuk Perusahaan 

Apa arti proses dan rencana panjang tanpa strategi yang sistematis mengupayakan halaman website atau blog kita d mesin pencari.

Optimasi atau SEO adalah proses sistematis yang dilakukan untuk meningkatkan kuantias halaman web dan bertujuan untuk menempatkan situs berada di atas halaman pencarian. Dengan berada di atas tingkat atau peluang untuk berkunjung ke situs kita akan tinggi. Setelah banyak pengunjung ada kemungkinan konversi pembelian akan terjadi.

Bagaimana jika tidak ada optimasi ?

Hal ini perlu diluruskan bahwa kita harus berada di depan dengan cara-cara yang dibenarkan menurut aturan bukan memaksa segala sumber daya untuk berpikir dan bertindak mencapai sesuatu tanpa memperhatikan aspek hak bersama. Artinya Optimasi tidak bisa dihindari bahkan merupakan bagian dari program perusahaan kita guna memperkenal produk atau jasa kita di mesin pencari dan dikenal oleh publik.

Optimasi bagian penting dan perlu tingkat keseriusan yang tinggi mengingat masing-masing perusahaan maupun perseorangan akan berusaha keras untuk melakukan berbagai teknik agar merk produk merk jasa mereka berada di peringkat atas dalam pencarian. Mereka membangun jaringan luas, mengembangkan teknologi yang terintegrasi dengan berbagai disiplin ilmu guna menempati peluang masuk dalam berbagai wadah. Tujuan ini supaya alamat URL ditemukan, dilihat, ataupun diklik. Upaya Backlink, promosi ke media dan sebagainya adalah tindakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Artikel terkait : Membangun Backlink
  
I. Dukungan Kelembagaaan 

1. Perbankan

Perbankan yang sudah menyediakan layanan ekonomi digital atau bagian dari proses pengembangan transaksi elektronik berbagai platform sebagaimana yang mereka rilis pada halaman ini.

Kesiapan lembaga keuangan untuk pengembangan ekonomi digital atau induk dari legalitas kegiatan internet marketing Indonesia ini akan menambah unsur pengembangan di waktu akan datang.

J. Pengalaman Kesuksesan

Beberapa referensi orang-orang sukses dari internet dapat dibaca : Artikel kesuksesan di internet. Munculnya informasi seperti ini berpengaruh pada masyarakat untuk memulai bisnis dan belajar dari orang-orang yang telah sukses sebelumnya. Dengan demikian volume dan pergerakan kegiatan akan tumbuh dengan besar walaupun sebenarnya banyak kesulitan yang mesti dilalui agar benar-benar mampu menjadi pebisnis online.

Blog Kopinet senantiasa membuka ruang yang seluasnya kepada pengguna situs kami untuk membangun sharing info dan pembelajaran internet ke depan.

K. SDM dan Infrastruktur

1. SDM

Bagian ini cukup penting. SDM bisa ditempatkan sebagai personal ataupun sebagai bagian dari organisasi yang bergerak di bisnis berbasis jaringan internet. Secara khusus kemampuan baik personal maupun secara teknis organisasi harus dimiliki oleh pelaksana.

Jika Anda memulai kegiatan secara personal maka Anda dituntu untuk memiliki kemampuan menyediakan konten atau pengoperasian peralatan yang diperuntukan dalam proses yang ingin kita capai sehingga tujuan pemasaran berjalan sesuai rencana dan memperoleh nilai jual.

Secara garis besar internet merupakan jaringan global. Artinya akan berkembang apabila mampu berhadapan dengan perubahan teknologi, perilaku pengguna, dan aspek umum keseluruhan berkaitan dengan pemasaran. Bisa difokuskan secara internal atau pun eksternal mengenai target yang ditentukan. 

Ketika target akan masuk ke area geografis global. Anda harus menyediakan SDM yang handal untuk mampu berinteraksi dengan masyarakat internasional.

2. Infrastruktur

Dari kominfo dapat kita peroleh informasi mengenai program pemerintah ke depan terkait dengan Ekonomi Digital. Beberapa perusahaan IT kelas dunia telah bersedia untuk membantu pengembangan ekonomi digital seperti Google, Facebook, dan Twitter.

Untuk mendukung program tersebut upaya pemerintah adalah menyediakan infrastruktur teknologi yang baik guna mewujudkan program-program yang dibuat. Video kunjungan Sergey Brin di Indonesia 
Konferensi Pers Sergey Brin

Selain itu pula mengutip dari halaman Kominfo :

 "Selain memberikan stimulus kepada para pelaku bisnis e-commerce mulai dari level pemula, UKM, hingga established business, pemerintah juga harus didukung oleh masyarakat , pihak swasta, media, maupun organisasi non-profit untuk mendorong e-commerce menjadi sebuah gerakan nasional/kampanye".

Kata masyarakat disana adalah seluruh masyarakat yang terkait dengan rencana ini sehingga kita dapat mencapai sebagaimana tujuan kita menjadi masyarakat ekonomi digital yang berdaya dan menjadi pemain dunia dalam ekonomi digital.

L. Penutup
  • Kedepan akan tumbuh berbagai model Internet Marketing baik berbasis produk atau jasa.
  • Perlunya pemahaman regulasi yang telah ada oleh semua pihak yang terlibat mengenai Internet Marketing.