30 July 2016

Penyebab Sitelink Website Blog Hilang



Penyebab Hilangnya sitelink
Hilang Sitelink. Memastikan apa yang diperoleh tetap bertahan memang harus diakui cukup sulit agar benar-benar bertahan. Sama seperti kejadian yang akan dibahas dalam artikel kali ini yaitu " Apa penyebab Sitelink website atau blog hilang" padahal kita susah memperoleh hal tersebut.

Dari berbagai sumber yang telah saya baca dan pelajari sedikit maka ditulislah artikel ini. Sebenarnya penyebab secara pasti mengenai hilangnya sitelink tidak ditemukan publikasi secara resminya sebab ada beberap persyaratan mengenai sitelink tersebut agar didapatkan. Pertanyaan setelah syarat ada kok malah menjadi hilang dengan sendirinya. 

Jika kita amati bahwa proses mendapatkan sitelink diperoleh secara otomatis dan hilangnya pun bahkan otomatis. Wow... seru. Hal ini perlu kita pahami bahwa kita sebagai blogger atau pemilik web hanya mengelola blog atau web dengan menyediakan konten yang berkualitas. Mengapa perlunya konten berkualitas agar visitor menarik dan mau kembali membaca artikel blog kita di waktu mendatang.

Google  telah menjelaskan bahwa mereka terus mengembangkan sistem algoritmanya berkaitan dengan sitelink maka sudah sewajarnya kita

  
Penyebab menurut pengalaman Blog Kopinet ?

Pertama 

Kondisi awal tampilan blog tidak menggunakan Widget artikel populer dan telah memperoleh sitelink. Dikemudian hari Blog kopinet menampilkan artikel populer di halaman beranda. Artinya Blog kopinet mengubah Template. Berdasarkan pengalaman blogger yang lain bahwa mengganti template dapat mengakibatkan hilangnya layanan/ sitelink dari Google. Hal ini saya sependapat mengingat sitelink muncul dari hasil analisa seberapa pentingnya artikel bagi pengguna/visitor. Uji coba antar artikel seperti ini cukup menarik bagi saya. Awalnya uji coba mendapatkan sekarang uji coba lagi dan benar hal tersebut hilang.

Artikel terkait  Cara Atur Template Blog


Kedua

Blog kopinet tidak update artikel selama 3 (tiga) minggu dan tidak memperbaiki kesalahan perayapan dalam waktu yang sama. Sedangkan disisi lain bahwa hal ini sangat penting untuk menjaga kinerja web blog kita di mesin pencari.

Tiga

Visitor yang semuanya kabur dalam waktu yang sama 3 (tiga) minggu. Bahkan ada beberapa hari 0 (kosong gan) visitornya. Logikanya jika tak ada pengunjung maka artikel tidak penting bagi pengguna/visitor. Hem intinya visitor pelanggan yang mesti diperlakukan amat baik donk.

Keempat

Tidak melakukan SEO secara konsisten. Kadang membangun Backlink kadang tidak selama 3 (tiga) minggu sehingga beberapa artikel berada diposisi paling dalam di halaman pencarian. Sudah demikian jelas sudah tidak akan ada minat atau peluang artikel kita dibaca oleh visitor baru maupun visitor lama di blog kita.

Penutup

Melihat 4 (empat) point di atas jelas ada hal yang perlu kita perhatikan guna mencegah hilangnya sitelink. Selain itu pula pembaca Blog Kopinet dapat menemukan sumber lain yang lebih rinci diberapa sumber guna menambah pemahaman sesuai judul artikel ini.