06 October 2016

Daftar Google Admob Agar Google Adsense Langsung Aktif (Praktis)


A. Google Admob 



Adalah program milik Google yang disediakan untuk memasarkan produk atau jasa di jaringan iklan internet. Untuk memperoleh akun Admob kita bisa menggunakan akun email yang sudah kita gunakan untuk mendaftar blogspot, adsense atau aplikasi lainya milik Google.

Apa hubungan Admob dengan proses pendaftaran Adsense ?

Apabila Anda telah mencoba mendaftarkan akun website atau blog Anda untuk ikut program Adsense sudah jelas dan paham bahwa proses pendaftaran akan melewati tahapan sesuai dengan mitra Host Anda atau yang sudah berdomain khusus . Blog yang masih hosted berbeda dengan Blog yang sudah berdomaian khusus (TLD). Proses pendaftaran Adsense yang masih blogspot (hosted) sepengalaman saya jauh lebih mudah diproses dibandingkan dengan blog yang sudah berdomain khusus (TLD). Ingat, yang saya katakan proses peninjauannya jauh cepat dari yang masih blogspot dibandingkan yang sudah berdomain khusus. Perkara diterima atau tidaknya bukan sesuatu yang akan saya bahas dalam artikel ini.

B. Kondisi Pendaftaran Adsense

B.1. Pendaftaran Andsense Melaui Blogspot (Hosted)

Proses pedaftarannya cukup cepat begitu kita lengkapi akun pendafaran maka 1-2 hari akun kita akan mendapat laporan peninjauan. Laporan tersebut berupa verifikasi ke email kita.


Gambar 1.1

Di atas adalah contoh balasan email Adsense dengan kondisi permohonan program Adsense kita di tolak. Setelah kita tahu bahwa akun permohonan kita ditolak langkah kita apa ?

Kita tetap lanjutkan ngeblog, perbaiki kekurangan yang telah disampaikan dalam email balasan mengapa permohonan kita di tolak. Kemudian setelah dipandang cukup baik dan memenuhi persyaratan kita dapat mengajukan permohonan ulang ke Google.

Bagaimana jika permohonan ulang sampai dengan periode kedua, ketiga, dan keempat juga masih ditolak ?

Banyak sumber yang memaparkan mengapa hal itu terjadi ? Disini yang kita perlu pahami bersama bahwa yang memproses permohonan kita bisa berupa manusia langsung dan bisa juga aplikasi khusus yang difungsikan untuk memproses permohonan Adsense sehingga walaupun sudah 100% memenuhi persyaratan belum tentu sukses dan lolos dari tahap peninjauan oleh Tim Adsense. Banyak faktor yang mempengaruhi sehingga proses tersebut memerlukan waktu dan tenaga. 

Dengan demikian perlu kita ketahui bahwa setiap sistem yang dibuat akan mengambil sebuah rencana dan strategi guna memberikan pelayanan kepada pelanggannya secara maksimal dan tentu ada beberapa ketentuan yang publik tidak akan tahu dan hal tersebut merupakan hak penuh organisasi yang menjalankan program. Secara garis besar bisa saja ditentukan pada jangka waktu tertentu ada 100 persyaratan untuk diterima mengikuti suatu program namun berjalan waktu persyaratan tersebut setelah ditinjau diperlukan penambahan atau pengurangan atau ada faktor tambahan. Artinya bisa saja kita tidak mengikuti proses dan persyaratan yang terbaru dalam mengajukan permohonan. Mengapa hal ini terjadi dikarenakan kita masih berpedoman dengan teori lama dan belum menemukan teori baru mengenai program tersebut agar disetujui/diterima dalam hal ini program Adsense.

Apakah kemungkinan diterima permohonan kita yang telah berulang ditolak ?

Saya berpendapat tetap bisa. Jawaban ini saya katakan setelah melakukan uji peninjauan informasi di halaman web dan blog yang membahas tentang pendaftaran Adsense melalui blogspot (hosted).


B.2. Pendaftaran Adsense Non Hosted

Setelah sempat ditolak oleh Google Adsense saya sempat kacau galau bukan main. Rasa sesal kerap hampir,

Para blogger banyak memaparkan bahwa proses pendaftaran Adsense Non Hosted sangat sulit. Proses peninjauannya sebanyak 2 tahap. Untuk meninjau tahap pertama membutuhkan waktu antara 1-3 hari. Ini untuk tahap pertama. Diterima ditahap pertama belum tentu diterima ditahap 2. Keunggulan mengenai pendaftaran Adsense Non Hosted dapat Anda temukan di situs lain yang membahas mengenai hal tersebut disini akan saya bahas korelasi antara pendaftaran Adsense Hosted dan Adsense Non Hosted serta korelasinya dengan Google Admob.

Setelah saya tunggu hampir 3 minggu lamanya proses pendaftaran Adsense belum ada respon apakah diterima atau ditolak permohonan saya tersebut. Saya coba tanya sana sini dapat jawaban dengan kata "sabar".

Saya bingung sebab akun Adsense saya hanya Account Not Active. Jadi saya tidak ada akses ke akun Adsense yang sudah saya daftarkan. Selanjutnya saya cari bolak balik sana sini untuk memastikan sebenarnya apa masalah sehinga akun Adsense saya masih Account Not Active. Pada akhirnya setelah mengumpulkan puluhan informasi untuk memastikan cara, prosedur, dan secara hukum hal itu dibenarkan atau tidak tibalah waktu dimana akun Adsense saya diterima dan melewati peninjauan tahap pertama oleh Google Adnsense. 

Dalam kondisi seperti ini saya pun menyadari bahwa kita perlu perkaya informasi dan korelasi antara sumber satu dengan sumber lain serta memperhatikan perkembangan terbaru dari berbagai hal untuk memperoleh sumber yang benar-benar dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang kita alami. Bagaimana hal tersebut saya dapatkan ? Sebenarnya saya dapat hal tersebut lagi-lagi dari berbagai informasi yang berkualitas. 

Informasi yang saya kumpulkan mengurai tentang sebuah program Iklan yang bernama Google Admob. Program ini detailnya sebagai berikut :

AdMob adalah perusahaan iklan mobile yang didirikan oleh Omar Hamoui. Ia didirikan pada tahun 2006 dan berbasis di San Mateo, California. Pada bulan November 2009 ia diakuisisi oleh Google seharga $ 750 juta. Akuisisi ini diselesaikan pada 27 Mei 2010. Apple Inc.

Sumber : Wikipedia


C. Hubungan Admob Dengan Proses Pendaftaran Adsense

Setelah kita mendaftarkan Adsense Non Hosted namun masih dalam tahap pengaktifan dan peninjauan tahap ke-1 maka ada baiknya Anda coba mendaftar Admob. Berikut kita bahas hubungan kedua program ini.

Apa hubungannya ?

  • Proses pendaftaran gunakan email yang sama pada saat pendaftaran Adsense 
  • Setelah selesai mendaftar Admob coba buka akun Adsense Anda 
  • Jika tidak ada kendala Akun Adsense Anda telah aktif dan lewat peninjauan tahap ke-1 sehingga Anda akan menunggu proses peninjauan tahap ke-2. Tidak perlu menunggu lama lagi terkait proses peninjauan tahap ke-1 sebab kita telah melewati proses tersebut.


C.1. Pertanyaan terkait Adsense dan Admob 

Apa yang harus dilakukan jika kita belum mendaftar Adsense ?

Sejauh ini tidak ada rilis informasi resmi sejauh yang saya ketahui. Akan tetapi ada baiknya ada kumpulkan informasi relevan agar dapat jawaban yang mendekati benar dan dapat diterapkan. Bisa saja kita daftar Admob dulu baru mendaftar Adsense. Silakan lakukan analisa lebih lanjut.

Apa kita daftar dulu Adsense kemudian daftar Admob dulu ?

Sama dengan jawaban di atas sejauh ini saya sampai dengan diterbitkan artikel ini belum sempat menguji jawaban yang tepat untuk kedua pertanyaan berkaitan di atas. Jika sudah mendaftar Adsense namun belum mendaftar Admob ikutilah langkah bagian C di atas.

D. Penutup

Simpulan

Cara yang sudah saya coba mengenai pendaftaran Admob telah membantu proses pendaftaran Adsense Non Hosted saya sehingga tidak perlu lagi menunggu peninjauan tahap ke-1 atau memerlukan waktu yang lama agar pendaftaran Adsense kita disetujui.

Artikel terkait : Cara Custom Domain Blog (TLD)