29 October 2016

Cara Mengoreksi Jawaban Essay Google Formulir Agar Otomatis

I. Pengantar

Koreksi. Kita telah membuat Soal Online dengan Google Formulir pada postingan artikel Blog Kopinet sebelumnya dan diasumsikan semua siswa telah menjawab soal-soal tersebut. Maka yang menjadi pekerjaan kita berikutnya adalah bagaimana melakukan pengukuran jawaban dari siswa. Format jawaban bisa berupa pilihan ganda atau isian sesuai dengan format soal Essay yang kita buat. Bagi yang belum bisa membuat soal dengan Google Formulir kemungkinan Anda baru saja membaca artikel ini di Blog Kopinet, silakan Anda baca : Cara Membuat Soal Online dengan Google Formulir

Pada kesempatan ini saya akan uraikan langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk mengoreksi jawaban siswa berbentuk soal Essay. Cara ini dapat diterapkan untuk Soal Essay Online untuk mata pelajaran yang sudah menyediakan soal essay baik untuk sekedar latihan, tugas, seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, PKN, Seni Budaya, dan mata pelajaran lainnya dengan ketentuan bahwa Anda telah mengerti membuat soal online dengan Google Formulir. Setelah siswa selesai mengerjakan soal online yang kita kirimkan alamatnya kepada siswa maka saatnya kita mengoreksi hasil tes mereka baik untuk mengukur individu maupun lintas rombongan kelas. Dari jawaban tersebut dapat kita analisis mengenai jumlah karakter/panjang jawaban masing-masing jawaban siswa serta jawaban siswa yang benar sesuai kunci jawaban secara otomatis dapat dihitung dengan bantuan rumus di Microsoft Excel.

II. Persyaratan :

1. Aplikasi Microsoft Office Excel
2. File dan Folder yang terpisah

III. Langkah kerja :

1. Masuk ke akun gmail
2. Lanjutkan pada Tab Google Formulir
3. Lihat gambar di bawah ini :



Gambar 1 : Naskah Soal Di Formulir

Menampilkan jumlah siswa/responden yang telah mengirimkan jawaban. Pilih Tab Tanggapan selanjutnya klik tanda plus (+) warna hijau sesuai arah mouse pada gambar. Berikutnya Anda akan diarahkan ke Aplikasi Spreadsheet.

Copy Data tersebut ke Spreadsheet dan pastekan ke Aplikasi Microsoft Excel secara manual. Di posisi Aplikasi Microsoft Excel, sisipkan 1 (satu) kolom untuk menempatkan rumus LEN.

Fungsi rumus ini untuk melakukan perhitungan jumlah karakter jawaban siswa berdasarkan butir soal yang kita berikan. Secara rinci lihat gambar (2) di bawah :


Gambar 2 : Penempatan Rumus LEN

Cara menggunakan Rumus LEN :

Pada kolom yang telah dibuat ketik =LEN(sorot kolom jawaban) tekan enter.

Penulisan rumus dalam cell: =LEN Buka Kurung sorot kolom jawaban Tutup Kurung

Jika tidak ada kesalahan pada rumus yang dimasukan akan muncul otomatis hasil seperti contoh di bawah ini, lihat Gambar 3.Cara menggunakan Rumus LEN :

Pada kolom yang telah dibuat ketik =LEN(sorot kolom jawaban) tekan enter.

Penulisan rumus dalam cell: =LEN Buka Kurung sorot kolom jawaban Tutup Kurung


Jika tidak ada kesalahan pada rumus yang dimasukan akan muncul otomatis hasil seperti contoh di bawah ini, lihat Gambar 3.


Gambar 3 : Hasil Perhitungan Rumus LEN 

Setelah selesai menggunakan rumus akan diperoleh hasil sesuai dengan jumlah karakter jawaban siswa. Dalam contoh ini saya tayangkan jumlah karakter jawaban siswa sebanyak 468 karakter. Bapak/Ibu tinggal menjalankan (drag) rumus tersebut secara otomatis ke bawah untuk menghitung jumlah karakter jawaban siswa yang lainnya tanpa perlu mengetik rumus berulang. Setelah itu kita dapat lihat siswa mana yang panjang jawabannya dan memiliki karakter yang berbeda.

IV. Metode Analisis Jawaban

Menentukan kriteria jawaban yang sama dengan analisis kata yang sama. Artinya kita sudah menetukan sendiri kunci jawaban essay setiap butir soal. 

Kita ambil contoh kalimat pada kunci jawaban :

Ilustrasi 1 :

Soal

Sebutkan Pengertian web !

Kunci 1 menurut buku :

yaitu :

"Halaman yang berkaitan pada suatu website"

Kunci 2 menurut pemahaman siswa sendiri

yaitu :

"Sebuah halaman yang berkaitan pada suatu website"

Untuk selanjutnya silakan buka file excel :

Perhatikan gambar di bawah :

Periksa otomatis jawaban essay di Google Formulir

Gambar 4 : Penggunaan Fungsi Duplicate Values

1. Blok kolom JAWABAN SISWA dan KOLOM KUNCI jawaban
2. Pada Home Pilih Conditional Formating Highlight Cells Ruler
3. Submenu Duplicate Values

Setelah itu akan muncul menu seperti gambar (5) di bawah ini :

Periksa otomatis jawaban essay di Google Formulir

Gambar 5 : Menu Duplicate Dengan Pilihan Warna

Di menu Duplicate Values Pilih "Yellow Fill With Dark Yellow Text"

Artinya:

Setiap jawaban siswa yang sama dengan kunci jawaban akan dibaca DUPLIKAT oleh aplikasi Excel.

Jawaban siswa yang DUPLIKAT adalah BENAR karena sama dengan KUNCI JAWABAN 

Untuk melihat berapa jumlah jawaban siswa yang sama dengan kunci jawaban silakan dilihat di kolom, setiap siswa menjawab benar/sama akan berwarna KUNING semua, lihat Gambar 6 di bawah ini :

Periksa otomatis jawaban essay di Google Formulir

Gambar 6 : Hasil Jawaban Yang Benar Menjadi Warna Kuning

Untuk soal, kunci jawaban dapat disesuaikan dengan model pengembangan Bapak/Ibu sesuai mata pelajaran masing-masing. Di atas merupakan salah satu contoh saja. Dengan demikian kita telah selesai melakukan pemeriksaan jawaban soal essay Google Formulir secara otomatis baik dari segi jumlah karakter jawaban dan jawaban siswa yang benar berdasarkan kunci jawaban.

Selain itu pula hasi jawaban dapat dikembangkan lagi menjadi lebih luas dan terintegrasi dengan soft copy format raport K13, nilai mid, nilai semester bahkan rekapitulasi nilai siswa untuk jangka waktu yang ditentukan oleh guru mata pelajaran. Mengenai tata caranya akan kami posting di lain waktu.

V. Penutup

Demikianlah artikel sederhana ini semoga bermanfaat.