07 October 2016

Struktur Persaingan Pada Konten Website dan Blog

Struktur Persaingan. Dalam artikel kali ini Blog Kopinet mengulas tentang persaingan website dan blog. Latar belakang munculnya judul seperti ini dikarenakan beberapa bulan yang lalu tepatnya pada tanggal 17 Maret 2016 secara resmi Blog Kopinet dirilis disertai dengan publikasi beberapa konten. Konten atau artikel menurut kami hal tersebut bermutu dan bermanfaat akan tetapi hal tersebut belum tentu menurut mesin pencari maupun oleh pengunjung Blog Kopinet.

Judul konten yang kami buat bisa saja sudah benar dan bisa juga salah dimata mesin pencari dan ditambah lagi salah dan menjadi bingung di depan pembaca/pengunjung kami. Rangkaian inilah secara bertahap kami ambil sebuah simpulan bahwa konten Blog Kopinet baik dulu, sekarang, dan masa mendatang tidak akan lepas dari upaya persaingan sesuai dengan konten yang dipublikasikan.

Berkenaan dengan hal tersebut akhirnya ditetapkan artikel ke-90 ini dengan judul Struktur Persaingan Pada Konten Website dan Blog. Segala bentuk paparan, data, dan sumber yang kami tuangkan merupakan semata sepengetahuan yang kami dapatkan dan pelajari dan bukan sebuah pernyataan yang akurat seratus persen.


A. Struktur

Pusat

Wilayah
(Provinsi)

Sub Wilayah
(Kabupaten/Kota)

Tingkat Persaingan Jumlah
(1. Organisasi)
(2. Perorangan)

Tingkat Perilaku Pengguna

Struktur Persaingan by Blog Kopinet
Penjelasan :

1. Pusat

Adalah pusat kebijakan berkaitan dengan perangkat hukum, perkembangan masyarakat dan proses penentuan keberlangsungan sistem teknologi informasi dalam hal ini terkait dengan pengambilan keputusan oleh pihak berwenang. Contohnya pada saat rilis layanan 4G ditetapkan beberapa wilayah saja yang lebih dahulu mendapatkan layanan tersebut. 

2. Wilayah

Provinsi sebagaimana dimaksud pada point pertama ada beberapa saja yang mendapatkan kesempatan perdana mencoba penerapan teknologi terbaru dan memberi pelayanan jaringan internet yang lebih baik dari sebelumnya. Dan lagi-lagi ini menjadi faktor pengaruh yang signifikan menentukan jumlah pengguna internet.

3. Kabupaten/Kota

Pada prinsipnya sama terkait Kabupaten/kota hanya saja dari grafik pencatatan mesin menunjukkan bahwa subwilayah 1 dengan subwilayah 2 memiliki tingkat penggunaan internet yang berbeda-beda. Hal ini terjadi tergantung faktor masyarakat yang menggunakan internet. Apakah banyak browsing mencari informasi A misalkan. Dan kebenaran Informasi itu tersedia di website kita. Apakah langsung diarahkan ke web kita setiap permintaan informasi pencari yang bersumber dari subwilayah yang dimaksud ? Belum tentu juga sebab sistem penjawab mesin pencari akan mencoba untuk menemukan arsip informasi yang relevan sesuai dan memang benar-benar dianggap paling relevan dengan permintaan (client). Di bawah ini ada video dari Tim Google sebagai referensi terkait sistem penjawab setiap ada permintaan informasi.



Hal ini juga menjadi faktor persaingan yang menurut kami hendak kita pahami. 


4. Tingkat Persaingan Jumlah

Istilah ini kami susun sendiri sebab kami terbatas pengetahuan kira-kira bahasa yang tepat dan dibenarkan apa ? Mohon kiranya koreksi dan beri masukan kepada kami. Terkait dengan persaingan jumlah ini yang kami maksud adalah secara organisasi dan perorangan.

Berorganisasi jelas memiliki SDM, peralatan, perangkat teknologi yang berbagai macam, segi pembiayaan yang lebih besar dan jelas jika mereka bergerak dibidang yang sama dengan kita secara rinci website sadar tidak sadar kita akan bersaing dengan terbuka terhadap konten internet kita.

Perorangan ini kami contohkan kami sendiri. Kami bisa saja membuat beberapa website atau blog dengan kemampuan dan ketersedian waktu maupun pembiayaan. Namun setelah kami pelajari secara sederhana saja dengan judul yang bermaksud judul blog akan membantu mendukung pengunjung ke arah blog induk kami ternyata judul blog kedua kami malah menjadi pesaing bagi blog lain yang sebenarnya kontennya mendekati sama.

Simpulan banyak blog bisa menyebabkan peluang blog lain bersaing berlipat apabila blog tersebut sama persis dengan blog kita. Dan pada akhirnya hanya menjadi beban server dan mesin pencari saja dan sebagai angka persaingan semata serta tidaklah efektif.

Dari uraian di atas dapat ditarik sebuah kalimat sederhana :

Setiap konten yang kita posting di website atau blog akan bersaing dengan konten baik milik organisasi maupun milik perorangan dan diverifikasi oleh mesin baik secara aspek kuatitas dan kualitasnya di mata mesin pencari serta para pengunjung/pencari konten di internet.

Disisi lain faktor SEO maupun bangun rancang sebuah website atau blog tidak bisa kita kesampingkan mengingat sudah miliaran alamat situs di dunia dengan berbagai macam konten. Kerja keras mungkin dapat dijadikan sebagai semboyan para blogger atau webmaster yang akan menjadikan webblognya sebagai kegiatan komersialisasi sehingga kita mampu bersaing dan mampu bertahan serta berupaya untuk menjadi pemenang dari persaingan tersebut. Paling tidak ada konten kita yang berada di peringkat atas atau upaya lain yang tujuannya untuk bersaing memberikan informasi yang berkualitas bagi pengunjung.

5. Tingkat Perilaku Pengguna

Memahami kondisi pengguna merupakan hal yang cukup rumit. Mengapa demikian ? Karena para pengguna internet bertambah dan berkembang serta ada yang statis. Pada saat bertambah belum tentu pertambahan tersebut sebagai sasarannya website atau blog kita yang menyediakan konten sebab bisa saja konten yang mereka cari pada dasarnya nol persen tersedia di tempat kita melainkan berada di tempat website orang lain. Sudah semangat mendengar bahwa terjadi peningkatan namun bukan berarti kita adalah penampung peningkatan tersebut hal ini yang perlu kita pahami.

Kelompok pengguna dalam artikel ini kami beri sebutan dan dibagi 2 kelompok yang tentukan. Istilah ini tidak resmi melainkan cara kami/penggunaan internal melakukan uji coba dan bukan istilah yang dibenarkan dalam peraturan maupun ketentuan yang diakui. (01-Disclaimer Blog Kopinet)

5.1. Kelompok Pengguna

Yaitu kelompok yang menjadi kata kunci apakah konten kita sasarannya ?

5.1.1. Kelompok Pengguna Browsing (A)

Ini kelompok yang potensial menjadi objek persaingan kita. Berharap betul kita datang berkunjung ke web kita sehingga kita peroleh pengunjung yang organik. Kelompok ini bisa laki-laki bisa perempuan, bisa remaja, dewasa yang membutuhkan informasi berkualitas tentang suatu topik.

Kelompok ini kami sebut inisial A sebab pengunjung yang datang dari mesin pencari adalah pengunjung spesial atau istilahnya organik. Pengunjung ini sangat berarti walaupun satu sebab hitungannya berbeda dengan yang datang dari sumber atau cara yang lain.

5.1.2. Kelompok Pengguna Campuran (B)

Ini merupakan gabungan para pengunjung (5.1.1), para pengunjung baru, dan pengunjung tetap. Dalam kondisi tertentu bisa hilang, bertambah, dan tetap pada kurun waktu tertentu. Hal ini terjadi faktornya adalah masalah konten kita. Mungkin ada konten baru dengan kualitas yang lebih baik, kondisi dimana konten yang kita publikasi tidak berkepentingan dengan mereka lagi sehingga kelompok ini setelah kami amati bisa saja tanpa sebab hilang dan tak kembali.

Penutup

Dengan demikian dari uraian yang dibahas di atas bahwa persaingan pada konten web atau blog ada 5 (lima) unsur yang dituangkan dalam artikel ini semoga berguna.









No comments:

Post a Comment