13 November 2016

Instal XAMPP dan Update Di Windows Versi 32-5.5.38-1 dan 32-7.0.9-1



I. Pengantar

A. Pengertian Xampp

Xampp. Adalah software perangkat lunak yang memiliki kemampuan atau dukungan sistem operasi yang banyak dalam perancangan web. Xampp didirikan oleh  Apache Friends. Untuk memperoleh software ini kita dapat mengunduhnya secara gratis di situs Xammp. Download software pada halaman resminya untuk memastikan kualitas software Anda serta biasakan untuk mengambil berbagai bentuk software dari situs resmi. Link resmi Xampp : Apachefriends


Dalam praktek ini saya gunakan OS Windows 7 dan menggunakan Xampp Versi 32-5.5.38-1, PHP : 5.5.38 / PHP 5.5.38 Size 106 Mb. Selain itu ada pula PHP 7.0.9 / PHP 7.0.9 Size 116 Mb. Ini merupakan versi terbaru Xampp yang rilis dengan penjelasan resminya : 

Includes: Apache 2.4.23, MariaDB 10.1.16, PHP 5.5.38, phpMyAdmin 4.5.1, OpenSSL 1.0.2, XAMPP Control Panel 3.2.2, Webalizer 2.23-04, Mercury Mail Transport System 4.63, FileZilla FTP Server 0.9.41, Tomcat 7.0.56 (with mod_proxy_ajp as connector), Strawberry Perl 7.0.56 Portable.

B. Update

Kedepannya kami akan merilis ketika ada perubahan atau updating terkait software Xampp ini setelah ada hasil uji coba terlebih dahulu.

II. Persyaratan

Disini kami sampaikan persyaratan instalasi Xampp Versi 32-5.5.38-1 VC11 maupun Xampp Veris 32-7.0.9-1 VC14. Adapun persyaratan PC/Laptop yang akan diinstal :
1. Ram minimal 4GB atau 8Gb
2. OS Windows 7
3. Notepad++

Syarat tersebut berdasarkan pengalaman kami dan selama proses membangun server Apache sebagai server untuk perancangan website tidak ada masalah dari segi kinerja. Jika Spesifikasi RAM 4Gb dengan server yang nantinya banyak menangani database beberapa waktu setelah diinstal masih sering error. Namun bukan berarti hal ini sebuah ilustrasi yang dianggap benar. Anda bisa saja menggunakan RAM 2 Gb atau pun di bawah itu dan Software tetap bisa dijalankan akan tetapi jika rencana instalasi untuk keperluan membangun Website dengan database yang banyak menginstal aplikasi pendukung pemrograman web juga banyak mungkin kelayakan server dengan RAM 8 GB pilihan standar yang bisa diterima secara prinsip.

III. Langkah Kerja

A. Proses Instalasi

Setelah software kita dapatkan maka langkah selanjutnya kita akan memulai proses instalasi. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

A.1. Buka file unduhan Xampp 


Klik 2 (dua) kali file tersebut selanjutnya kita akan berada pada tampilan seperti gambar-gambar (gambar 01-11 di bawah ini). Silakan Anda perhatikan urutannya !


Gambar 1 klik next

Gambar 2 klik next

Gambar 3 klik next

Jika kondisi "Drive C" saat diklik tidak dapat diinstal karena disebabkan oleh OS, lanjutkan untuk memilih tempat instal Xampp di drive lainnya, misalnya Drive "D", "E" dan sebagainya. Lihat gambar di bawah :

Gambar 4 

Kondisi pilihan instal yang saya pilih dalam artikel ini yaitu di Drive "D" dikarenakan drive "C" tidak dapat diinstalasi.

Gambar 5 

Setelah menentukan Drive tempat instalasi, perhatikan gambar 5, pilih "Make New Folder" dan beri nama folder XAMPP. Setelah selesai klik next.


Gambar 6 klik Nex

Selanjutnya kita tunggu proses Instalasi

Gambar 7

Perhatikan gambar 7, proses Instalasi sedang berjalan.

Gambar 8 klik Finish

Proses instalasi Xampp telah sukses dan siap digunakan

IV. Menggunakan Xammp

A. Menjalankan Xampp

Dalam kesempatan ini kami contohkan ketika instalasi sudah selesai agar kita jalankan dulu guna mengetahui apakah Xampp sudah terinstal dengan baik apa belum ?

1. Buka melalui menu All Program atau dari Desktop
2. Klik Xampp
3. Akan tampil seperti gambar di bawah :

Gambar 9

B. Memulai menjalankan dan Menutup server Xampp

Pada gambar 9, Klik Start dari Apache sampai dengan MercurySetelah Xampp Aktif akan tampil seperti gambar di bawah:
Gambar 10.

Status Actions akan menjadi Stop. Hal tersebut menandakan bahwa Xampp Anda telah aktif. Untuk proses berikutnya kita akan coba akses di Browser dengan mengetikan alamat url di Address Bar : http://localhost/xampp.

Gambar 11 Tampilan Xampp di Browser Chrome

Baik,  untuk mengakhiri menjalankan/menggunakan Xampp dapat Anda Klik Stop pada Actions (lihat gambar 11). Dengan demikian posisi Xampp akan kembali normal seperti gambar 10.


V. Penutup

Setelah mengikuti rangkaian dari pertama sampai dengan tahapan sesuai dengan gambar 11, semoga Anda berhasil dan selamat Anda telah memiliki Server localhost sendiri untuk membuat Program Web atau keperluan lainnya.


    No comments:

    Post a Comment