23 November 2016

Pembuatan Media Pembelajaran PAI Berbasis Blog

Pendidikan Agama Islam. Kita dapat membuat media pembelajaran PAI berbasis blog untuk menunjang proses belajar siswa/siswi kita di abada 21 ini yang cenderung para siswanya telah bersahabat dengan teknologi informasi. Dalam artikel ini Blog Kopinet ingin berbagi sedikit dari luasnya ilmu teknologi informasi yang sekarang sudah berkembang. Muatan dalam artikel ini merupakan batasan kemampuan kami yang diulas dengan platform blogspot.co.id.

Pembelajaran PAI dapat kita kembangkan metode pembelajarannya dengan memanfaatkan blogspot. Blog merupakan sumber terbuka dan bersifat gratis. Jadi Bapak/ibu guru yang mengajar PAI dapat mengembangkan secara mandiri proses belajar menggunakan internet atau menggunakan laman blog.

Bagaimana Membuat Media Pembelajaran PAI Berbasis Blog ?

Pertama

Anda sudah memiliki blog. Jika belum ada dapat mengikuti program Bimbingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Blog

Kedua

Anda menyediakan konten atau materi yang akan diposting di blog. Misalnya materi tentang Zakat. Jelaskan materi tersebut secara rinci ke dalam aplikasi Word, Power Point.


Ketiga

Setelah konten atau materi ajar selesai dibuat, langkah berikutnya memposting materi tersebut ke halaman blog.

Keempat

Mengundang siswa untuk mengakses blog yang telah dibuat. Dalam model pembelajaran berbasis blog Anda dapat menentukan pilihan :

1.  Bersifat tertutup

Blog tersebut bersifat tertutup. Artinya hanya siswa tertentu saja yang dapat mengakses blog tersebut.

2.  Bersifat terbuka

Blog tersebut dapat diakses oleh siapapun apabila mereka tahu alamat blog atau menemukan link blog Anda di halaman internet.

Kelima menyiapkan metode pengukuran

Untuk memastikan hasil pencapaian terhadap materi ajar Anda dapat membuat naskah soal secara langsung di blog. Caranya dapat dibaca pada : Membuat soal online di blog.

Keenam dukungan bahasa Arab

Untuk menggunakan bahasa Arab dapat memanfaatkan Arabic Keyboard

Semoga artikel ini bermanfaat

No comments:

Post a Comment