16 May 2017

Blog Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Internet

I. Pendahuluan

A. Pengantar

Dalam rangka meningkatkan penyediaan bahan ajar dan menunjang proses pembelajaran siswa/siswi perlu perimbangan mengenai perilaku siswa dalam memecahkan tugas-tugas sekolah. Mulai tugas latihan, tugas kelompok, dan tugas lainnya yang diberikan oleh guru mata pelajaran. Dalam artikel ini dimaksudkan untuk memberikan informasi sederhana bahwa sebenarnya perangkat komputer/Android yang selalu bersama diri kita dapat dijadikan sebagai instrumen pembelajaran yang santai dan tidak dibatasi ruang dan waktu. Untuk sampai sebagaimana yang saya maksud terlebih dahulu mari kita lihat berbagai kata kunci pencarian yang banyak dicari oleh anak-anak, siswa-siswi mengenai topik pendidikan yang mereka cari di internet.

B. Tujuan

Pertama, Tersedianya bahan ajar di internet yang berkualitas dan terus bertambah kuantitasnya yang ditulis oleh guru bidang keahlian/guru bidang langsung.

Kedua, Siswa dapat memfilter informasi yang benar-benar ditulis oleh guru/bidang berhubungan secara resmi dan setiap muatan informasi artikel telah ditinjau oleh orang spesialis pendidikan.

Ketiga, Mempermudah pihak pemangku kepentingan dalam meningkatkan pembangunan dengan memperhatikan data digital yang terus berkembang diberbagai mata pelajaran.

Keempat, Memafaatkan Komputer/Perangkat Ponsel Android sebagai alat penunjang media pembelajaran berbasis internet.

Kelima, Adanya bukti proses maupun hasil belajar siswa dari sistem elektronik (tercetak)

C. Ruang Lingkup

1. Guru SMP/MTs/SMA/SMK/MA/MAK
2. Internet
3. Komputer, Android
4. Memiliki Akun Email Gmail
5. Akun Blog

II. Rasional

 

Memperhatikan data pengguna internet Indonesia 2016 yang telah mencapai ratusan pengguna (berbagai sumber dan lihat data pengguna internet 2016) maka Blog Kopinet coba melakukan pencarian dengan kata kunci dengan yang bertujuan menemukan topik tertentu yang banyak dicari di internet sehingga muncul Ide pelajaran dan soal. Pengumpulan data ini memanfaatkan Mesin Pencari Google. Metode pengumpulan Kueri atau Data menggunakan Kata Kunci pada mesin pencarian Google. Kata kunci yang banyak dicari di Mesin Pencari Google maka akan muncul pada Searches related to "kata kunci". Dalam Eksperimen ini kami ambil 2 (dua) mata pelajaran saja. Ini sebagai contoh sederhana dan dalam kondisi tertentu akan mengalami perubahan sesuai dengan Algoritma pencarian Google.

 

II. 1. Kueri Mata Pelajaran PKN

 

Kata kunci pelajaran PKN
pelajaran pkn kelas 6
pelajaran pkn kelas 7
pelajaran pkn smp
pelajaran pkn kelas 8
pelajaran pkn kelas 9
pelajaran pkn kelas 4
pelajaran pkn kelas 3
pelajaran pkn kelas 5

Tabel 1. Menunjukkan kata pencarian pelajaran PKN  (diakses 16/05/2017/19:24)

Kemudian Kata Kunci  soal PKN yang banyak dicari di internet :

soal pkn smp
soal pkn kelas 8
soal pkn sma
soal pkn kelas 11
soal pkn kelas 12
soal pkn dan jawaban
soal pkn kelas 9
soal pkn smk

Tabel 2. Menunjukkan kata pencarian soal PKN yang banyak dicari di internet
(diakses 16/05/2017/19:26)

II. 2. Kueri Bahasa Indonesia


Kata kunci pelajaran Bahasa Indonesia

 

pelajaran bahasa indonesia kelas 8
pelajaran bahasa indonesia kelas 7
pelajaran bahasa indonesia kelas 8 semester 2
pelajaran bahasa indonesia kelas 6
pelajaran bahasa indonesia kelas 3
pelajaran bahasa indonesia kelas 5
pelajaran bahasa indonesia kelas 4
pelajaran bahasa indonesia kelas 9

Tabel 3. Menunjukkan kata pencarian Pelajaran Bahasa Indonesia 
                                            (diakses 16/05/2017/19:28)

Kemudian Kata Kunci  soal Bahasa Indonesia  yang banyak dicari di internet :
Media Pembelajaran Blog K13

soal bahasa indonesia smp
soal bahasa indonesia smk
soal bahasa indonesia dan jawabannya
soal bahasa indonesia sd
soal bahasa indonesia sma
soal bahasa indonesia smp kelas 9
soal bahasa indonesia kelas 6
soal un bahasa indonesia sd

Tabel 4. Pencarian Soal Bahasa Indonesia yang banyak dicari di internet
(diakses 16/05/2017/19:34)

Memperhatikan data di atas Apa Hubungan Komputer/ Android, Internet dan Media Pembelajaran ?

III. Media Pembelajaran Berbasis Internet

Yang dapat dilakukan oleh guru mata pelajaran yang telah memiliki komputer, Android, dan akses internet adalah membuat media pembelajaran dan menciptakan bahan ajar yang banyak di media internet serta mampu melaksanakan proses evaluasi belajar dengan menyediakan soal-soal latihan online untuk anak-anak, siswa-siswi sehingga mereka menemukan informasi, mendapatkan bahan ajar dari guru yang membidangi langsung. Hal ini jelas akan memberi kualitas materi dengan konten/artikel/ dan atau bentuk evaluasi yang benar-benar diketahui bahwa penulis guru daerah sana, sekolah, sana dan sebagainya. Apakah tidak berkesan jika penilaian peserta didik demikian?

Disamping itu pula yang tahu persis perilaku belajar siswa adalah guru nya langsung setiap proses pembelajaran secara langsung dimana lokasi belajarnya, batas kemampuan, dan metode-metode pendekatan apa yang tepat untuk menjamin kualitas belajar siswa di era teknologi informasi saat ini dan dapat berinteraksi dengan guru-guru yang ada di tempat lain dan terhubung dalam sambungan teknologi informasi. 

III.1. Macam-Macam Media Pembelajaran Berbasis Internet

III.1.1.  Blog

Disini yang kita fokuskan yaitu media pembelajaran yang  akan menyediakan berbagai macam bahan ajar mata pelajaran maka dari itu yang perlu kita lakukan adalah membuat akun blog guru. Blog guru ini lah nantinya sebagai pusat bahan ajar, proses belajar, proses evaluasi dan metode -metode pengembangan lain dalam lingkup mata pelajaran yang diampuh oleh guru mata pelajaran yang akan dimanfaatkan oleh siswa sendiri maupun siswa sekolah lain atau guru di tempat lain dan pihak lainnya.

III.1.1.1. Keunggulan Blog Dalam Pembelajaran

III.11.1.1. Blogger  Gratis

Sejak tahun 2008 sampai dengan sekarang penulis amati bahwa blogger tetap gratis siapa pun boleh menggunakan layanan ini dengan syarat mengikuti ketentuan dari Google. Walaupun gratis para pemilik blog diizin untuk custom domain atau memiliki domain sendiri sehingga alamat blog dapat diubah sesuai dengan keperluan guru mata pelajaran dalam lingkup memenuhin ketentuan blogger dan penyedia domain hosting.

 Artikel terkait Cara Custom Domain Blog

III.1.1.1.2. Blogger Terintegrasi Dengan Produk Google Lainnya

Email gmail dapat dihubungkan dengan blog guru. Email masuk  dan Email yang dikirimkan dapat diolah bersama dalam akun blog.

Terhubung Youtube,  kita dapat  membuat soal tes listening (kunci biar hanya siswa kita saja yang bisa dengarkan).

Google Formulir, dapat dihubungkan dengan blog sehingga Google form ini banyak digunakan sebagai aplikasi untuk membuat soal berbentuk ganda dan essay.

Google Drive, dapat pula dihubungkan. Misalnya file word, power point, dan excel disambungkan ke akun blog guru.
   

III.1.1.1.3. Trafic Blogger Cepat

Maksudya sekali pun akun blog kita diakses oleh ribuan siswa tidak akan lambat
Bayangkan jika seribu siswa latihan soal serentak di akun blog sekolah kita. Ini yang saya belum terwujud semoga Anda yang baca ini dapat mewujudkan ada seribu siswa latihan soal matematika serentak mungkin agak melek matanya tidak pada ngantuk sekali pun sedang di kampung, di pasar, di bandara, di objek wisata semuanya bisa latihan serentak dan waktu itu pula diketahui hasil tesnya.

III.1.1.1.4. Blogger Telah Aktifkan SSL setiap Laman (https://)

 Jika sebelumnya laman SSL hanya pada URL beranda blog saja namun sekarang setiap sambungan blog sudah sertifikat SSL (baca Tentang  sertifikat SSL di internet). Pada website SSL harus beli agar setiap laman web terlindungan oleh sertifikat ini akan tetapi di blogger hal itu gratis.

IV. Merancang Pembelajaran Berbasis Blog 

A. Merancang secara sendiri

Tersedianya komputer, Android, dan akses internet.

Setiap guru merancang blog dengan mata pelajaran yang dia ampuh. Menu-menu pada blog tampilan blog harus menyediakan diantaranya :

Home :
Kontak :
Syarat :
Disclaimer :
Privacy :
Bahan Ajar :
Fasilitas Unduh bahan :
Artikel :
Soal Tes :

B. Merancang Lintas Guru Mata Pelajaran

Tersedianya komputer, Android, dan akses internet.

Setiap guru merancang blog dengan mata pelajaran masing-masing ke dalam satu akun blog . Email setiap guru ditambahkan sebagai administrator blog supaya dapat bersama-sama mengelola akun blog. Mulai posting, page, dan sebagainya.

Menu-menu pada blog tampilan blog harus menyediakan diantaranya :

(BLOG SMKKOPINET) deskripsi : Mapel PAI, PKN, B Indonesia, B.Inggris, Penjas dst.

Home :
Kontak :
Syarat :
Disclaimer :
Privacy
Bahan Ajar
Fasilitas Unduh bahan/mapel lintasan
Artikel
Soal Tes lengkap

C. Bahan yang diupload/dimasukkan ke dalam Blog

Inti : Spektrum, Silabus, RPP, dan dokumen lainnya
Bahan Ajar : Buku Elektronik, Jurnal, Makalah, artikel asli karya guru mata pelajaran.
Bahan dari siswa : siswa ditugaskan untuk meringkas dan diupload ke dalam blog. Jika ada tulisan tangan itu yang perlu diperhatikan, belum banyak upload file tulisan tangan

D. Pelaksanan Pembelajaran

Guru/sekolah dapat melaksanakan Pembelajaran jarak jauh, pelaksanaan disesuaikan dengan jadwal tatap muka masing-masing mapel di setiap rombel kelas, dan mencetak hasil belajar sesuai dengan kebutuhan untuk diintegrasikan ke program sekolah.


E. Keamanan

Akun Tertutup
Yaitu hanya sekolah, guru, dan siswa nya yang bisa login mengakses blog

Akun Terbuka
Semua orang bisa mengakses blog.

Untuk Cara Pendaftara Blog dan Merancang Blog Guru baik secara mandiri maupun Lintasana Mata Pelajaran akan kami posting di waktu mendatang.


V. Penutup

Disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Internet akan menunjang proses pembelajaran dan bersifat online 24 jam