21 May 2017

Cara Membuat Blog Blogger di Google

I. Pendahuluan

A. Pengantar

Pengertian blog dan internet secara umum sudah diurai pada artikel kopinet sebelumnya. Baca Pengantar Internet Blog. Maka dari itu pada posting kali ini akan dibahas tahapan-tahapan membuat Blog dengan Platform Blogspot sampai dengan kegiatan blogging secara lengkap. Blogspot merupakan Platform yang disediakan oleh Google sebagai tempat untuk kegiatan blogger di seluruh dunia menjalankan aktivitas blogging. Di Indonesia sudah banyak terbentuk komunitas blogger. Mulai dari Blogger secara nasional, regional, dan bahkan saat ini sudah ada di beberapa daerah bermunculan dengan sendirinya dan telah menunjukkan kemampuan blogging yang professional. Bagaimana Cara Membuat Blog ? Apa Syarat Untuk Memiliki Blog 2017 ?

B. Ruang Lingkup

1. Persyaratan
2. Pengertian Blog
3. Cara Mendaftar Blog/ Membuat Blog
4 Posting Artikel
5. Page/Laman Blog
6. Template /Tema
7. Aspek-Aspek Blogging
8. SEO Blog
9. Jenis Blog Hosted
10. Jenis Blog Non Hosted
11. Keamanan Blogger
  
II. Persyaratan

Persyaratan disini diartikan sebagai persyaratan yang harus tersedia ketika Anda akan membuat blog. Ibaratnya syarat calon blogger sedangkan persyaratan secara khusus dapat membaca dengan seksama Ketentuan Pengguna Blog serta Ketentuan Pengguna Partners blogspot lainnya. 

Saran untuk memulai blogging, sebelum memulai aktivitas blogging ada baiknya membaca referensi mengenai blog dengan seksama. Hal ini untuk mempermudah Anda memilih jenis blog apa yang tepat untuk Anda buat. Misalnya untuk rencana bisnis online jangka panjang maka pilihlah blogspot. Apabila untuk aktivitas publikasi biasa tidak untuk kegiatan komersial jangka panjang maka bisa gunakan platform lainnya sesuai dengan tujuan blog itu dibuat untuk apa ?

Selain hal di atas untuk diperhatikan dengan baik oleh calon blogger, setiap akan menggunakan layanan berkaitan dengan pendaftaran blog, memasang layanan tertentu berupa dukungan yang akan dipasang/diintegrasikan pada blog atau kegiatan blogging diharapkan Anda membaca dengan teliti poin ketentuan pengguna masing-masing layanan sehingga kita tidak mengalami masalah. Pengalaman saya pada tahun 2009 lalu. Berniat menjadi blogger dan menjadi publisher sebuah produk iklan. Eh ternyata blog yang saya gunakan/pendaftaran blog yang miliki tidak mendukung publisher iklan yang saya tuju tersebut dan hanya bisa menggunakan afiliasi lain. Saya pun beralasan buat blog semata untuk menuju publisher yang saya maksud tadi dan ternyata blog saya tidak bisa ikut gara-gara tidak ada dukungan sistemnya. Melanjutkan pilihan afiliasinya saya tidak tertarik dan terjadilah gagal blogger. Cukup saya bagi yang baca artikel ini saya harap tidak terjadi. Berikutnya kita akan uraikan mengenai syarat yang harus dipenuhi untuk memulai kegiatan blogging.

Rujukan agar tidak  salah menempatkan kata Istilah blogspot 

Blogspot : web login yang disediakan oleh blogspot

Blogger : Orang yang menjalankan aktivitas blogging

Blogging : Aktivitas seorang blogger 

Adapun syarat Calon Blogger yang harus tersedia 

1. Memiliki perangkat teknologi informasi
2. Web Browser
3. Memiliki akses internet (ISP)
4. Memiliki akun email : emailblogspotkita@gmail.com misalnya.

Persyaratan atau Batasan Blogspot yang perlu diketahui 

1. Satu Akun Blog yang sudah didaftarkan dapat membuat  100 blog untuk selanjut.
2. Dalam 1 blog jumlah artikel tidak terbatas.
3. Member atau redaktur dalam 1 blog maksimal 100 orang.
4. Label 1 blog jumlah maksimal sebanyak 2000 label.

III. Langkah -Langkah Membuat Blog

Sebelum kita lanjut pada proses membuat blog terlebih dahulu bahwa Anda harus memiliki akun email gmail.com. Jika Anda belum memiliki Akun email gmail.com silakan baca Cara Mendaftar Email Gmail

Apabila Anda telah memiliki email maka kita lanjut ke langkah membuat blog.

Pertama, Login ke akun email
Kedua, Pada Address bar ketik https://www.blogger.com/

Cara Membuat Blog Di Google

Gambar 1

Berikutnya akan tampil gambar seperti di bawah

Cara Membuat Blog Di Google

Gambar 2

Ketiga, Pada tampilan gambar 2  Klik Create New Blog selanjutnya akan
          muncul gambar berikutnya 

Cara Membuat Blog Di Google

Gambar 3

Isikan password email Anda. Selanjutnya akan muncul Tampilan 

Cara Membuat Blog Di Google

Gambar 4

Pilih Profil Google+

Cara Membuat Blog Di Google


Gambar 5

Pilih Menu Create Profile

Cara Membuat Blog Di Google
Gambar 6

Klik Menu Back Atau Ketik Ulang Alamat https://www.blogger.com di Browser Chrome. Maka Anda akan diarahkan ke Dashboard seperti di bawah 

Cara Membuat Blog Di Google
Gambar 7

Klik Menu Lanjut ke Blogger. Berikutnya akan tampil seperti gambar di bawah 

Cara Membuat Blog Di Google
Gambar 8

Klik Menu Oke. Dan selanjutnya kita akan berada di halaman Beranda Blogger seperti gambar


Cara Membuat Blog Di Google
Gambar 9

Sampai disini kita akan mendaftakan blog kita dengan dengan data yang telah kita tentukan sebelumnya. Misalnya Judul Blog, Bahan untuk diupload ke Blog semua nya sudah siap. Jika sudah siap berikutnya kita mulai mendaftar Blog. 

Klik Menu Blog Baru berikutnya akan tampil gambar seperti di bawah 

Cara Membuat Blog Di Google
Gambar 10
Penjelasan :

Perhatikan gambar  di atas dan di bawah ini penjelasannya.

Judul    

yaitu judul blog Anda, misalnya Blog Kopinet.

Alamat 

Yaitu alamat blog Anda, misalnya blogkopinet.blogspot.co.id
isikan alamat blog tanpa spasi contoh (blogsayabaru) 
Kemudian klik cek ketersediaan dibawahnya

Template 

Template untuk tampilan blog, gunakan salah satu template yang direkomendasikan, misalnya Fitur Sederhana, Jendela gambar atau sesuai dengan selera Anda. Untuk keberlanjutannya Template juga dapat Anda ganti dengan versi template hasil unduhan. Perlu diketahui tampilan Blogger pada tahun 2016/2017 telah menyediakan tampilan terbaru seperti gambar di atas.

Setelah mengikuti langkah-langkah Membuat blog sampai dengan Template maka Anda telah selesai mendaftarkan blog kesayangan Anda. Secara resmi pemilik blog Anda sendiri. Agar lebih mudah dan praktis cara menggunakan fitur-fitur blog baca dengan lengkap paparan artikel ini dengan seksama sampai akhir. 
Selanjutnya kita akan berada pada tampilan Dashboard Blog atau Blog saya. Untuk kondisi awal semua akan tampak kosong. 

Setelah sampai pada langkah dari gambar nomor 1 sampai dengan gambar nomor 10 selamat Anda telah selesai Membuat Blog di Google. Anda telah tercatat sebagai Blogger Indonesia. Dan selanjutnya Anda ikuti penjelasan di bawah dan atau Anda silakan istirahat sejenak . 

IV. Aspek Umum Blogging 

Kegiatan blogging yang dilakukan oleh blogger memuat dua tujuan. Pertama Bersifat Blogger Murni bertujuan untuk membagikan ilmu pengetahuan yang dimiliki ke blog. Biasanya para dosen, Dokter, guru, ilmuan, atau bidang lainnya. Tujuan mereka murni pada batasan berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimuat dalam konten sesuai bidang dikuasai. Misalnya pakar-pakar kesehatan yang memberikan konsultasi, Guru memberikan bimbingan belajar umum semua siswa yang terkoneksi dan lain-lain. Kedua, Blogger e-commerce memiliki tujuan untuk kepentingan komersialisasi selain dari tujuan pertama di atas.

Secara umum Skema aktivitas-aktivitas Blogger memulai kegiatan blogging meliputi hal-hal sebagai berikut :
  
A. Posting/ Entri Baru Artikel Perdana

Postingan pertama yang akan mengantarkan kita memulai kegiatan blogging. Postinglah artikel pertama yang akan menggambarkan tujuan dan konten pada blog Anda. Secara teknis mengenai  hal ini disarankan untuk mengedepankan kuantitas teks dibanding image. Selain itu kita akan melakukan Penyetelan terhadap blog kita, menempatkan/menggunakan Gadget pada template blog. Secara rinci mengenai cara menggunakan Gadget blog baca : Cara MenggunakanFitur Gadget 

B. Halaman Blog

Pada Halaman diisi dengan : Kontak, Tentang, Disclaimer, dan Privacy Policy. Lebih lanjut bagaimana cara membuat Disclaimer dapat dibaca : Cara Memasang Disclaimer dan untuk cara membuat Privacy Policy baca disini. Selain itu juga sebenarnya kita dapat membuat Disclaimer maupun Privacy Policy sesuai dengan kebutuhan kita. 

C. Menyesuaikan Template Blog

Template blog Kerangka blog, berfungsi sebagai wadah untuk menempatkan konten pada blog baik berupa Posting, Halaman, Link, Sitemap, dan keseluruhan isi blog difasilitasi oleh Template yang kita pilih saat pendaftaran. Setelah digunakan dalam pengoperasian blog ada kemungkinan kita memerlukan revisi atau editing dari desain awal atau menambahkan komponen tertentu. Lebih lanjut Template Blog dapat dibaca Cara MengaturTemplate Blog.

Disamping itu juga kita dapat melakukan penyetelan secara keseluruhan pada bagian Tempalate ini. Contohnya kita bisa menyetel Ulang Judul Blog, Deskripsi Blog, dan semua aspek dari atas sampai bawah pada tampilan blog kita. Rinci mengenai penyetelan dapat dibaca 
MenggunakanFungsi Setelan Blogspot 

D. Mendaftarkan Blog Di Mesin Pencari

Blog yang sudah dibuat akan ditemukan oleh pengunjung atau user yang mencari informasi atau pedoman yang termuat dalam blog kita. Agar blog kita terdaftar pada mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing ada tahapan yang harus kita lakukan sesuai dengan aturan dan petunjuk dari masing-masing mesin pencari. Untuk Pendaftaran blog di mesin pencari google dapat dibaca Cara MendaftarkanBlog Terindek Google.

E. Manajemen Blogspot

E.1. Memulai Posting

Hal ini dilakukan setelah kita selesai mengikuti langkah A sampai dengan D atau bisa juga diatur sesuai dengan kebutuhan Anda dalam merancang blog. Postingan yang kedua setelah posting pengantar yang kita lakukan diawal pembuatan blog. Sebelum jauh kita memulai posting atau entri baru ada baiknya memperhatikan etika/tata cara memulai posting. Secara rinci dapat dibaca : Cara Memposting Artikel Blog.

Sebagai referensi lainnya dapat menggunakan panduan resmi masing-masing bidang yang akan kita kembangkan dalam blog. Contohnya : Jika kita akan membuat blog dengan Judul "Panduan" ada baiknya disertai kamus sebagai penegasan artikel. Jika kita akan membuat blog dengan judul "Informasi" maka telaah dengan baik sumber-sumber yang kita jadikan referensi sebelum kita ulas ke dalam blog kita.

Sebagai gambaran bahwa blog cenderung menyediakan konten berbentuk pedoman : berupa toturial, tips trik, dan sebagainya. Selain itu pula blog menyediakan konten berbentuk informasi dengan berbagai macam jenis serta jutaan blogger dan miliaran URL di seluruh dunia. Intinya tergantung dengan batasan kemampuan Anda masing-masing untuk mengembangkan blog. Untuk diketahui antara blogger satu tidak bisa dijadikan acuan dengan blogger lainnya. Hal ini tergantung basic dan strategi yang dibangun dalam mengembangkan blog. Basic sama bisa saja bedanya pada strategi dan teknik blogging yang digunakan berbeda jauh sehingga kemajuannya tidak sama. Mengapa saya urai hal ini pada bagian depan ? karena postingan atau entri inilah menentukan orang akan berkunjung banyak, dikit, mengulang kembali, dan atau menjadikannya acuan atau hal lainnya pada blog Anda tergantung dengan kualitas konten yang kita buat/sediakan dalam blog kita. Menurut istilah para ahli blog tanah air menyebutkan "buatlah konten berkualitas dan bermanfaat". Maka dari itu aspek-aspek umum dan khusus pada postingan haruslah dirancang dan dibuat dengan serius dan teliti agar berdaya guna blog kita bagi orang banyak.

E.2. Aspek-Aspek Posting Artikel Yang Perlu Diperhatikan

Perhatikan Judul yang akan dibuat dengan cara melakukan riset judul dulu. Istilah para pakar web/blog menyebutnya SEO (jangan tanya Kopinet sudah pakar SEO apa belum? saya masih belajar sesuai deskripsi blog ini Belajar. Hee...). Kembali ke perhatikan judul, maksudnya jangan buat judul yang sudah banyak memposting judul yang sama. Hal ini saya dapat dari Pakar blog dan Panduan Pengoptimalan Mesin Telusur dari Google Webmaster. "Mesin Google senantiasa memperhatikan hal baru, gaya baru mengulas pokok bahasan tertentu" bacalah Panduan Google

Tata Bahasa Untuk sekian kalinya saya berkata : Pengalaman adalah guru terbaik. Tata bahasa yang rancu maka yang baca juga rancu bahkan mesin pencari pun jadi rancu tidak mau menerima blog kita. Maksudnya mesin pencari bingung membaca konten kita akibat tata bahasa dan aturan paragraf yang tidak jelas. Awal saya memulai posting, kalimat dan tata bahasa tidak terlalu diperhatikan akhirnya saya sadar setelah ada rekan yang baca dan berikan masukan.

Perhatikan jumlah kata artikel. Umumnya menurut para ahli blog dan pakar-pakarnya artikel panjang minimalnya 200-300 kata setiap artikel. Jika mau berkelas 500-1000 kata atau 1000 kata ke atas. Hal ini saya dapat dari para pakar blog yang sudah bertahun tahun mengurus blog bahkan sudah ada penghasilan dari blog.

Terapkan manajemen TT3, istilah saya buat sendiri. TT3 artinya teliti tingkat tiga. Setiap artikel yang akan diposting harap dibaca, teliti sampai 3 kali sebelum dipublis. Rangkaian kata, judul, karakter yang salah ketik harus diperiksa dulu. Sebab jika sudah terlanjur dipubliskasi akan mempengaruh peringkat postingan kita dimesin pencari ketika diupdate memperbaiki artikel yang salah ketik tadi. Sebagai langkah cermat buatlah draf dulu setiap artikel yang kita buat periksa dulu di draf. Setelah yakin benar silakan publis. TT3 tidak perlu dipakai jika Anda benar-benar terampil mengetik 10 jari dengan tingkat kesalahan rendah (epm dalam naskah ilmu mengetik zaman jadul, SMK ada pelajaran mengetik buta 10 jari).

Paragraf gunakan rata kiri saja agar terkesan simpel.

E.3. Mengenal Menu Posting atau Entri Dengan Baik 


Gambar
Perhatikan gambar 5 di atas :

Compose untuk memulai pengetikan artikel dengan teks biasa.
HTML untuk memulai atau edit teks html. Lebih rinci mengenai html dapat ditelusur tentang html di artikel yang mengulas lengkap tentang html.
Simbol Undo dan Rendo untuk memandu pengetikan teks sama seperti pada aplikasi pengolah teks.
Simbol untuk memilih jenis font pada teks artikel.
Simbol T untuk memilih ukuran font pada teks artikel.
Simbol B untuk menebalkan teks artikel.
Simbol I untuk huruf miring.
Simbol U untuk huruf atau kata garis bawah.
Simbol ABC untuk mencoret teks.
Simbol A untuk warna teks.
Simbol pointer untuk memberi background teks.
Link untuk menyisipkan link dalam artikel.
Simbol segi empat untuk menyisipkan image.
Simbol kotak video untuk mengupload video dalam artikel.
Insert Jump break untuk memberi batas paragraf dalam artikel.
Simbol garis datar untuk mengatur jenis paragraf/aligmen teks.
Bullet untuk menampilkan bullet dalam artikel.
Publikasi berfungsi untuk mempublikasikan artikel. Jika masih ngetik artikel tutup mata untuk melihat menu ini. 

Simpan berfungsi untuk menyimpan proses pengetikan artikel. 
Pratinjau berfungsi untuk meninjau hasil pengetikan.
Tutup untuk menutup tampilan Posting atau Entri dan kembali ke dashboard blog
Label untuk menyiapkan label. Rinci mengenai Label dapat dibaca :Cara Membuat Label atau bisa juga kita ketik di beranda Posting secara langsung.
Jadwal untuk mengatur waktu

Tautan Permanen untuk mengatur Url kita. Misalnya judul kita panjang "Cara Belajar Blog dengan Membaca Blog Kopinet" dapat dipersingkat Tautan Permanen Menjadi Belajar-blog-kopinet. Update terbaru dari blogspot bahwa setiap pengunjung sudah dapat mengakses url setiap blog kita dengan url https://urlanda. Ini semakin menarik bagi kita pengguna blogspot
Lokasi untuk menentukan lokasi artikel tayang. Silakan ganti dengan lokasi kota idolamu. Hee... akan baik gunakan lokasi negara kita saja.

Deskripsi penelusuran untuk memberikan deskripsi artikel kita di tayangan mesin pencari ketika orang membaca/browsing mencari informasi atau pedoman. Kembali ke Cara Belajar Blog dengan Membaca Blog Kopinet di atas dibagian ini dapat diisikan : Inilah Cara Membuat Blog Dengan Mudah dan Lengkap. Artinya mempertegas isi konten dengan harapan orang/visitor akan membaca artikel blog kita. Disayangkan kalau hal ini kita kosongkan saja.

E.4. Mengenal Tab Pos pada Dashboard

Publiksan : Pintasan untuk mempublikasikan artikel
Kembali draf : untuk mengembalikan artikel yang sudah dipubilkasikan namun akan kita edit. Selain itu juga dapat difungsikan sebagai menayangkan draf-draf artikel yang akan kita publikasikan. Draf menyimpan hasil pengetikan pada posting atau entri baru kita yang telah disimpan. 
Icon Beri Label : Untuk membuat label yang diperlukan terhadap artikel yang kita buat.
Semua label : menayangkan semua label yang telah dibuat.
Tampilan halaman menayangkan semua artikel yang kita publikasikan maupun yang masih draf
Lihat blog : untuk melihat tayangan blog

F. Manajemen Template Lanjutan

F.1. Mengatur Link Standar Bawaan

Langganan Entri atom : Link ini dapat kita sembunyikan apabila ingin kita hilangkan dalam tampilan blog. Untuk cara menghilangkannya dapat dibaca : MenghilangkanEntri Atom Blogspot

Diberdayakan oleh BloggerTampilan link berada di bawah atau footer template blog. Selain bisa dihilangkan link ini juga dapat kita edit sesuai dengan kebutuhan. Misalnya kita tambahkan Hak Cipta atau Copyright by nama blog Anda. Jika ingin disembunyikan saja langsung silakan baca caranya disini.

G. Admninstrarator dan Redaktur Blog

G.1. Admninstrarator Blog

Yaitu blogger pemilik blog. Memiliki kewenangan secara penuh untuk mengelola blog. Berhubungan langsung dengan penyedia blogspot. Admin blog dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan.

G.2. Redaktur/Penulis Blog

Penulis blog. Dapat diundang sebanyak 100 orang untuk satu blog. Cara menambahkan atau mengundang penulis blog lihat pada pada dashboard pilih Menu Setelan - Dasar - Pengarang blog.

V. Program Iklan Di Blogger

Setelah kita menjadi blogger yang telah berumur. Bersiaplah untuk masuk ke program komersil. Dalam dunia blogging urusan komersil dijadikan urutan atas sebagai sesi penghasilan tambahan. Selain menjalankan program periklanan para blogger juga banyak menjadikan konten blognya sebagai media penjualan online baik berupa produk/jasa milik mereka sendiri atau juga milik orang lain yang ditawarkan kepada visitor blog.

Bagaimana dengan Kopinet ?

Bagaimana dengan biaya ? 

Kembali dengan kajian kita mengenai Program Iklan di Blogspot. Sekarang ini Google menyediakan program yang mereka jalankan sendiri  selain itu juga menyediakan ruang untuk digunakan oleh pihak komersil di luar blogspot. Program komersil atau periklanan yang paling banyak diminati adalah blogger yaitu menjadi publisher Adsense. Program ini milik Google. Setiap blogger dengan platform blogspot dapat menjalankan program ini secara langsung apabila telah memenuhi persyaratan.

Selain Adsense para blogger dapat menjalankan program Afiliasi. Banyak perusahaan yang bergerak dibidang jasa internet yang menawarkan program afiliasi bagi blogger yang berkeinginan menayangkan produk atau jasa mereka dengan sistem pemasangan iklan yang dipasangkan oleh blogger pada blog mereka.

Mulai sekarang tentukan niat Anda menjadi blogger beneran atau hanya sekadar tahu saja tentang dunia blogging ?

VI. Blogger Tanah Air

Dengan mendaftar dan menjalankan aktivitas blogging secara otomatis Anda telah menjadi Blogger tanah air sekalipun Anda tinggal di luar negeri nantinya untuk mengembangkan atau menjalankan blog Anda. ingat ! Anda blogger dengan platform blogspot. Mengapa demikian ?

Jawabannya Anda mendaftar blog dengan menggunakan TLD https://namabloganda.blogspot.co.id [ co.id diakhri blogspot. adalah TLD untuk Negara Kita yang dicintai ]. Selanjutnya kita akan mengenal dikit demi sedikit mengenai siapa ? Apa ? Bagaimana dan berapa ? hal-hal yang berkaitan dengan blogger tanah air.

Dalam ulasan tentang blogger tanah air ini saya urai dengan 3 skema.

Pertama Blogger professional
Kedua Blogger yang sudah komersil
Ketiga Blogger baru dan calon gagal blogger jika tidak kuat bersaing

VI.1. Blogger Professional

Urutan data blogger ini saya sampaikan berdasarkan peringkat pencarian yang saya lakukan. Artinya akan berbeda dengan sumber lain dengan tema pembahasan mengenai blogger tanah air.
Blogger yang sudah memiliki domain sendiri baik TLD com. co.id net.id web.id dan sebagainya
Usia blog yang sudah di atas 5 tahun.
Memiliki visitor yang tinggi.
Memiliki program komersil baik berupa produk atau jasa.
Pelayanan terhadap pelanggan atau visitor yang baik setiap ada komentar pertanyaan.

VI.2. Blogger Komersil

Blogger yang sudah memiliki domain sendiri baik TLD com. co.id net.id web.id dan sebagainya.
Blogger yang Belum memiliki domain sendiri. Aktivitas blognya mayoritas untuk kegiatan komersil baik konten maupun rencana induk blognya dengan banyaknya konten blog yang terintegrasi. Blogger Professional dan Komersil ini sebenarnya 2 sesi yang sama-sama kuat. Mengapa ? Karena selain kemampuan dan pengalaman dan memang bangun rancang blog disediakan sebagai wadah untuk berbagi dan memiliki nilai ekonomis. Selain itu pula bahwa blogger memiliki peran dalam menyampaikan pesan produk dan jasa dari produsen kepada konsumen atau visitor di mesin pencari secara luas. Itulah dunia blogger yang memiliki nilai unggul dibanding aktivitas offline.

VI.3. Blogger Baru 

Anda pasti bertanya kenapa saya buat point VI.3. ini ? 

Begini rinciannya :

Blogger baru dihadapkan dengan beberapa persoalan mendasar. Diantaranya rentang waktu untuk belajar, memahami kerangka blog dan panduan-panduan, uji coba dengan berbagai strategi. Selain itu persaingan ketat. Persaingan ini menguraikan masalah pengalaman, kuantitas dan kualitas konten blog. Terakhir masalah waktu dan kesabaran dalam mengembangkan blog. Sebagai tambahannya masalah biaya kerap juga jadi alasan menjadikan blogger masuk dalam ranah yang saya sebutkan sebagai gagal blogger. Seperti yang saya ulas di depan tahun 2009 saya sudah kenal blog namun jadi blogger pasif. Bahkan password loginyapun saya lupa. Akhirnya buat blog baru lagi.

Artinya sebelum saya menyebutkan Anda sebenarnya saya menyebutkan diri saya sendiri sebagai salah satu personel gagal blogger. Sebagai buktinya silakan riset di mesin pencarian banyak blog yang tidak diurus oleh pemiliknya dan berakibat blog tersebut menjadi blog yang mati suri. Dihapus tak bisa dijalankan kembali password emailnya pun sudah lupa. Kondisi ini miris.

Apa dampak blog yang mati suri ? alias tidak dijalankan oleh pemiliknya bagi blogger baru ? Posting artikel yang tersimpan pada blog mereka berpengaruh dengan blog kita jika artikel yang kita posting sama persis atau mendekati dengan judul konten blog itu. Ini jelas mempengruhi peringkat pencarian blog yang tidak diurus tadi di atas karena waktu dan indeks oleh mesin pencari lebih duluan blog tersebut dibanding blog kita. Hemm.. sungguh ya. Hal ini saya telusur diberbagai sumber guna mendapat rincian pasti tentang sistem kerja mesin telusur. Ternyata indeks melakukan identifikasi pada aspek umur dan kualitas serta kemudahan dalam penemuan halaman sebuah situs atau web/blog

Maka dari itu hal ini saya urai agar kita sebagai blogger harap hati-hati untuk memulai blogging. Jika tidak siap lagi-lagi Anda akan menjadi seperti saya di beberapa waktu yang lalu. Blog ditinggalkan tidak dapat diakses lagi dihapuspun juga tak bisa lagi karena gak bisa login. Dan masuklah kita dalam kelompok yang saya sebut (sebutan pribadi saya) gagal blogger. ..

Note : blog yang tidak akan dijalankan, blog tersebut dapat dihapus namun agar blog tersebut terhapus secara permanen diperlukan waktu 90 hari. Wow...

Mari kita bersama Semangat, rancang blog dengan baik, dan tidak mudah menyerah saya sama seperti Anda Belajar Blogging.

VII. Keamanan Blogger

Bagian ini cukup penting. Walaupun Blogspot sebenarnya sesi keamanannya hak penuh Google akan lebih baik sekiranya kita sebagai blogger juga turut memperhatikan keamanan blog kita.

Bagaimana langkah sederhana mengamankan blog ?

Pertama : hindari menggunakan akun email kita yang digunakan untuk keperluan yang umum. 
Kedua : teliti dengan baik setiap ada pesan masuk di email.
Ketiga : Perhatikan aspek keamanan komputer atau HP yang kita gunakan untuk login ke blog.
Keempat : Atur Singkat pada Tab Izinkan Umpan Blog. 

VIII. Jenis-Jenis Blogger

A. Pertama Hosted 

Blog yang masih utuh dengan alamat blog seperti https://bloganda.blogspot.co.id

B. Kedua Non Hosted 

Blog yang sudah memiliki domain (TLD) sendiri. Contohnya https://www.bloganda.com atau https://bloganda.com

TLD kita dapatkan dari perusahaan penyedia jasa hosting dan domain. 
Bagaimana dengan blogspot ?
Untuk blogspot cukup membeli domain saja.
Bagaimana dengan biaya ?
Kita memerlukan biaya untuk membeli domain.
Bagaimana dengan cara memperoleh alamat domain ?
Dapat Anda cari penyedia hosting dan domain serta lakukan pengecekan nama domain Anda, jika tersedia lakukan pembelian domain.
Berapa biaya minimal ?
Secara rinici dapat Anda lihat di jasa domain.
Bagaimana cara mendapatkan jasa hosting dan domain yang baik ?
Jawabannya dengan Anda lihat dan bila perlu lakukan tinjauan secara rinci atau browsing informasi yang akurat.

XI. Penutup

Hal-hal yang diurai di atas merupakan bagian kecil dari cakupan luas aktivitas blogging. Rekomendasi kami update lah tren blogging dengan melakukan tinjauan ke berbagai sumber berdasarkan niche darisana akan dilihat versi blogging yang bagaimana cocok dengan ketersediaan waktu dan sumber daya yang Anda Miliki.