19 May 2017

Cara Membuat Mata Uang Rupiah Di Office Excel

Microsoft Office Excel sebagai aplikasi yang berfungsi mengelola data dalam hal ini data keuangan memang memiliki keunggulan dalam menyelesaikan masalah. Excel dapat menjumlahkan uang secara otomatis apabila mata uang di kolom maupun di baris telah diformat sesuai dengan prosedur penggunaan aplikasi. Jika nominal uang kita ketik manual RP 1.000,00 (ketik manual) maka rumus membaca data tersebut sebagai data biasa yang terdiri dari hurup, angka, dan karakter. Oleh karena itu untuk mata uang harus diformat dengan benar sehingga rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian, persen akan dapat difungsikan dan memperoleh hasil setiap instruksi yang kita jalankan/input pada tabel microsoft excel.

Disini kita ambil contoh untuk melakukan format mata uang secara otomatis dalam lembar kerja atau buku kerja dapat kita lakukan dengan beberapa langkah saja maka semua kolom yang berisikan nominal uang akan terisi format mata uang Rupiah (Rp) secara keseluruhan. Berikut ini adalah contoh penggunaan Fungsi Accounting yang digunakan pada tabel barang.


Membuat Mata Uang Rupiah Otomatis di Kolom Excel

Langkah-langkahnya :
1. Blok Kolom yang akan diformat mata uang Rupiah (lihat gambar)


2. Berikutnya Klik Kanan Mouse Pilih Format Cells


3. Pada Menu Format Cells Pilih Accounting


4. Pilih Menu Simbol
5. Klik Kotak cari simbol Rp
6. Kemudian klik Ok


Setelah selesai dijalankan instruksi di atas maka seluruh nominal uang yang ada dalam kolom HARGA SATUAN akan berubah dengan otomatis dan telah memiliki format mata uang Rp.

Selain itu pula Anda dapat melakukan format mata uang dari awal (kolom masih kosong) seperti langkah di atas kemudian setelah selesai diformat mata uangnya baru memasukan angka-angka maka format juga akan berjalan otomatis setiap kita memasukan angka dengan catatan tidak ada karakter lain selain angka 0-9 yang dimasukan.