15 May 2017

Pengertian Domain dan Hosting Pada Blog Atau Website

I. Pengantar

Kepemilikan nama domain baik orang, lembaga, badan, organisasi, dan lainnya telah diatur dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan khusus Domain untuk penyelenggara Negara telah diatur Peraturan Menteri Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Registrar Nama Domain Instansi Penyelenggara Negara. 

II. Perbedaan Domain dan Hosting

Domain adalah alamat internet penyelenggara negara, Orang, Badan Usaha, dan/atau masyarakat, yang dapat digunakan dalam berkomunikasi melalui internet, yang berupa kode atau susunan karakter yang bersifat unik untuk menunjukkan lokasi tertentu dalam internet. Contoh Domain yaitu : web.id, net.id, .com, co.id, go.id, org dan sebagainya. Setiap domain diperuntukan sesuai dengan ketentuan mana yang pribadi, lembaga, badan dan sebagainya. Lebih jelas Anda dapat hubungi penyedia domain hosting untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai persyaratan untuk pembelian domain dan hal lain yang diperlukan.

Hosting adalah server tempat menyimpan file-file website yang berada di penyedia host. Server hosting ada di dalam negeri dan ada pula di luar negeri kita bisa menentukan pilihan server yang akan kita sewa.

III. Website dan Blog Setelah Membeli Domain dan Hosting

III.1. Website PT Contoh

Contohnya alamatnya setelah membeli domain dan hosting akan menjadi www.ptcontoh.com

Domain dibeli Hosting di Sewa. Jadi, Domain dan hosting keduanya dibeli/disewa dengan rentang sewa yang ditentukan oleh pemilik domain tersebut/Anda.

III.2. Blogger /Blogspot

Contohnya Blog Kopinet setelah membeli domain dari https://blogkopinet.blogspot.co.id maka menjadi www.blogkopinet.web.id Domain dibeli Hosting Tidak.

Untuk Blogger/blogspot tidak menyewa Hosting cukup melakukan pembelian domain atau istilah umum nya Custom Domain/Domain Khusus/Domain Sendiri saja sedangkan untuk hosting nya Tetap hosted milik Blogger

Catatan :
Untuk Website login mengelola websitenya Login Ke Cpanel Hosting (tempat menyewa Domain/Hosting) Sedangkan Untuk Blogger/Blogspot tempat seperti biasanya pada saat kita ngeblog. Login posting artikel, page, dan mengelola dihosted blogger menggunakan gmail.

Selesai Membeli Domain dan Hosting. Untuk Website melakukan Upload File ke Server Hosting dan Setting Domain, Database di Login Cpanel Hosting sedangkan blogger melakukan Setting Domain atau Redirect di Login Cpanel Hosting.


IV. Rasional

Ketika kita sudah masuk mengenai domain hosting maka akan muncul dibenak kita untuk mencari hal-hal mungkin agak rendah dari sesi harga, dan memikikrkan apakah ada “hosting murah unlimited” dimanakan saya menemukan “hosting terbaik” dan lain sebagainya dan yang menjadi pertanyaan penting sebelum sampai disana sudah mengerti belum kita “pengertian web hosting” di atas.

Jika sudah paham tentu disimpulkan pertama, sesuatu yang baik jelas timbal baliknya mahal mengingat kita berurusan dengan teknologi. Kedua, apakah kita sudah benar memilih paket, dan dukungan domain hosting kita. Ketiga, sesuai apa tidak antara domain dan hosting yang kita gunakan dengan pergerakan usaha/lembaga/lainnya mengingat semakin banyak pengguna maka semakin banyak pula sumber daya yang diperlukan apalagi jika website kita untuk kepentingan bisnis. Sebagai awal Anda dapat menggunakan produk trial atau uji coba misalnya “web hosting gratis” terlebih dahulu. Jelaskan rencana inti blog dan website Anda untuk keperluan apa? Berikan informasi yang akurat tentang kegiatan bisnis/lembaga/pribadi Anda dengan membuat laman website resmi sehingga Anda benar-benar tepat dalam memilih paket layanan, pilihan aplikasi dukungan yang tepat, dan bentuk lain yang tersedia di perusahaan penyedia jasa dan hosting. Setelah itu mungkin Anda akan memutuskan lanjut membeli dan atau Anda akan membandingkan dengan layanan pihak lain.

V. Perusahaan Penyedia Jasa Domain dan Hosting

Sebagai bentuk penghormatan dan menjaga etika teknologi informasi kami tidak akan menyebutkan secara langsung perusahaan mana saja yang bergerak dibidang penyedia jasa dan hosting dan memiliki domain hosting adalah hak semua yang telah diatur oleh peraturan. Untuk menemukan Perusahaan Penyedia Jasa Domain dan Hosting Anda cukup ketik Kata Kunci Pencarian “Tempat, Jasa, Penyedia Hosting Domain” nanti akan diarahkan ke beberapa link yang menawarkan jasa domain dan hosting. Baca mengenai produk layanan mereka dan tentukan lah pilihan Anda.

VI. Penutup

Pastikan Anda mengingat selalu tanggal batas mulai membeli domain hosting sebab jatuh tempo perpanjangan Anda harus melakukan pembayaran perpanjangan.