10 May 2017

Menggunakan Website Wordpress Dalam Jaringan LAN

I. Pengantar

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai Cara Menggunakan Website Wordpress Dalam Jaringan LAN. Perlu diketahui bahwa artikel ini melanjutkan artikel sebelumnya "Evaluasi Belajar Siswa Berbasis Website" dengan tujuan seluruh siswa, guru, tim, dan manajemen sekolah dapat login ke Website untuk menggunakan sumber daya yang ada dalam website berbasis offline dan dapat pula langsung full online akan tetapi pihak yang bukan dibidang pendidikan juga bisa mengikuti artikel ini dalam ruang lingkup Bagaimana Menggunakan Website Wordpress Dalam Jaringan LAN.

Selain diterapkan pada sekolah dalam hal ini website sebagai instrumen evaluasi cara ini dapat pula diterapkan diberbagai bidang sesuai dengan bentuk dan tujuan website yang Anda buat tinggal disesuaikan saja dengan tim kerja Anda. Intinya CMS Wordpress/Website yang sedang Anda buat dapat digunakan secara bersama-sama dalam jaringan LAN/agar wordpress dapat diakses dalam jaringan LAN.

II. Persyaratan

II.1. Peralatan

Baik sekolah atau lembaga dan atau secara pribadi yang merancang bangun website dengan CMS Worpdress agar dapat digunakan pada Jaringan LAN harus menyediakan infrastruktur/perangkat jaringan standar yang terdiri dari beberapa peralatan seperti :
  1. Komputer Server terinstal OS Windows 7/Xampp/lainnya
  2. Komputer Client
  3. Kabel LAN
  4. LAN Tester
  5. Tang Jaringan
  6. Konektor RJ45
  7. Browser Chrome untuk server dan client telah terinstal
Terkait dengan hal ini dapat Anda baca pada artikel kami  Artikel Terkait Perangkat Jaringan Komputer Artikel Terkait Membuat Kabel Jaringan LAN dan atau dapat Anda temukan pada Kategori Kopinet Jaringan. Temukan artikel-artikel berkaitan pada kategori tersebut.

Apabila hal ini Anda pelajari sebagai pemula atau baru pertama kali silakan cetak semua artikel tersebut untuk mengurangi resiko lelah Anda membaca di depan komputer.

II.2. Sumber Daya Manusia

Menguasai Jaringan Komputer, mampu membuat kabel jaringan, mampu mensetting IP, dan pengetahuan dasar jaringan komputer. Untuk teknisnya Anda baca pada artikel kami di bawah ini :



Selain itu pula Anda dapat menemukan artikel lebih lengkap tentang jaringan komputer yang tersedia diberbagai laman internet untuk menunjang pokok bahasan dalam artikel ini.

III. Setting Jaringan di Server Local

Baik kita mulai saja fokus kita yaitu Menggunakan Website Wordpress Dalm Jaringan LAN. Pertama kita setting terlebih dahulu komputer server local (tempat Worpdress kita Instal).

Langkah Kerja

Pastikan Setting IP Address Komputer Server Local Anda 192.168.1.2
Jika sudah benar berikutnya ikuti langkah di bawah ini :

1. Login ke Admin Web
2. Pilih Pengaturan
Menggunakan Website Wordpress Dalam Jaringan LAN
Gambar 1

Setelah mengklik Pengaturan/Setting 
Pilih General/Umum
berikutnya Anda akan diarahkan pada tampilan di bawah. Lihat Gambar 2.

Menggunakan Website Wordpress Dalam Jaringan LAN
Gambar 2

Pada gambar 2 tampak tampilan pengaturan Umum yang akan kita atur agar Website dapat diakses oleh siswa, guru, tim, dan manajemen dan atau sesuai dengan bentuk website Anda sesuai bidang apa yang Anda kerjakan. Perhatikan dengan seksama baris menu Wordpress Addres (URL),   Site Addres (URL) yang awalnya masih berbentuk default dengan format localhost//localhost/wordpress. 

Baik, tugas Anda adalah mengganti kedua menu tersebut dengan mengisikan IP Address Komputer Server Anda dengan format 192.168.1.2. Sehingga tampak seperti gambar di bawah. Gambar 3

Menggunakan Website Wordpress Dalam Jaringan LAN
Gambar 3

Jika semua telah selesai Klik Save Changes. Dengan demikian Setting Komputer Server Local sudah selesai dan siap di akses oleh Komputer Client.

IV. Setting Komputer Client

Disini yang akan kita kerjakan yaitu setting Komputer Client.

Pertama kaji ulang berapa komputer client yang akan kita gunakan. Contoh 10 Komputer misalnya. Maka Setting IP Komputer Client dengan format IP : 
Komputer Client 1 IP nya 192.168.2.4
Komputer Client 2 IP nya 192.168.2.5
Komputer Client 3 IP nya 192.168.2.6
Komputer Client 4 IP nya 192.168.2.7
Komputer Client 5 IP nya 192.168.2.8
Komputer Client 6 IP nya 192.168.2.9
Komputer Client 7 IP nya 192.168.2.10
Komputer Client 8 IP nya 192.168.2.11
Komputer Client 9 IP nya 192.168.2.12
Komputer Client 10 IP nya 192.168.2.13

IV.1. Cara Setting Komputer Client

Cara 1
Dapat di baca pada Artikel Melakukan Setting Jaringan

Cara 2
Dengan langkah
  • Klik Start 
  • Klik Control Panel
  • Network And Internet
  • Networdk And Sharing Center
  • Change Adapter Settings
  • Klik Dua Kali Pada Tampilan Local Area Network 
  • Pilih Properties
  • Pilih Internet Protocol Versi 4 (TCP/IP V4) Klik Dua Kali
  • Berikutnya Pilih Use The Following IP Address. Isikan IP 192.168.2.4 untuk KOMPUTER 1 
Lakukan cara 2 ini di semua komputer client dari 1 s.d 10 komputer tersebut. Apabila telah selesai Anda sudah bisa melakukan pengujian apakah komputer server dan client sudah terhubung dengan mengakses pada Browser Chrome di komputer Client

IV. 2. Caranya Mengakses Web Dari Komputer Client

  • Buka Browser Chrome
  • Ketik format localhost/192.168.1.2 di Addres Bar (lihat gambar 4)
Menggunakan Website Wordpress Dalam Jaringan LAN
Gambar 4. Pengetikan Alamat IP Address di Komputer Client untuk terhubung dengan Server Local

Jika berhasil maka akan tampilan website di Komputer Client lihat gambar di bawah :
Menggunakan Website Wordpress Dalam Jaringan LAN
Gambar 5. Contoh Tampilan Website di Komputer Client

Dengan demikian silakan lanjutkan cara ini di semua komputer client.


Penjelasan : IP yang kita ketik pada browser komputer client adalah proses memanggil komputer server agar website dapat diakses oleh komputer client dengan alamat IP. Hal ini juga bisa kita tentukan dengan nama lain.

Pada tahap ini Anda dan Tim telah sukses membuat Evaluasi berbasis Web dalam Jaringan Komputer dan siap dilaksanakan secara serentak oleh siswa.

V. Penutup

  • Jaringan memerlukan peralatan dan sumber daya yang cukup banyak
  • Website yang diberdayakan secara offline dengan Jaringan LAN akan mempermudah pembuatan, pengembangan, dan pengendalian hasil transaksi elektronik berupa Evaluasi, pengujian dan lain sebagainya sesuai dengan bentuk dan tujuan website.
  • Dengan menerapkan sistem jaringan LAN penggunaan, perencanaan, dan atau proses pengendalian web dapat dikerjakan oleh beberapa orang serta dapat digunakan secara bersama sesuai dengan tujuan website Anda.
Demikianlah artikel ini dan kiranya berikan umpan balik kepada Blog Kopinet apabila masih ditemukan beberapa penjelasan yang tidak bisa dipahami dan atau ditemukan kekeliruan pada artikel ini serta kami akan senantiasa terus-menerus meningkatkan layanan konten internet kami.



No comments:

Post a Comment