21 May 2017

Tentang SEO Website dan Blog Untuk Jangka Panjang

SEO. Dalam artikel ini akan dipaparkan mengenai topik yang telah kami coba, terapkan, dan bukan merupakan hal yang seratus persen benar melainkan pendapat dan disertai lampiran bukti yang masih berlaku pada saat artikel ini diterbitkan, artinya hal yang dipaparkan bisa ditelusur dan diuji lebih lanjut sebelum digunakan (harap baca Disclaimer Blog Kopinet). Adapun topik-topik tersebut sebagai berikut :
A. Alur
B. Root
C. Tujuan
D. Server
E. Admin
F. Strategi Awal
    F.1. Peta Permasalahan (Personal dan Organisasi)
    F.2. Kedudukan SEO bagi Website Pendidikan
    F.3. Komersialisasi
G. Strategi Jangka Panjang

 



A. Alur Optimasi Konten Website Blog

Optimasi adalah sekumpulan prosedur yang berkembang untuk mengupayakan agar halaman internet berada di halaman atas pencarian. Dalam optimasi ada pihak pengguna dan pihak pemberi pelayanan dengan tujuan alamat url atau konten dapat ditemukan setiap ada permintaan pencarian di halaman internet. 

B. Root

Istilah ini kami susun dengan memperhatikan aspek teknis infrastruktur website atau blog yang dimiliki dan selanjutnya sumber daya pada website atau blog Anda akan dikirim ke halaman internet. Proses ini merupakan alur yang kami sebut sebagai produk tulis dan baca. Dalam paparan pakar SEO Google selalu  mengingatkan para pemilik Website Blog untuk menyediakan konten yang benar, tersedia TOS, Disclaimer, Kebijakan Privasi, asli dan bermanfaat sehingga datang visitor yang organik dan menceritakan pengalaman tentang konten website atau blog kita. Di Indonesia mengenai akar atau dasar tampilan, informasi yang jelas diatur dengan UU ITE jika Web atau Blog Anda akan memasarkan produk ke sistem elektronik (Pasal 9 ayat 1 UU ITE) Menjadi UU Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan UU ITE Nomor 11 Tahun 2008. Kedudukan pemilik website atau blog adalah root yang nantinya akan menyebarkan konten ke halaman web. Sebelum menyebar diperlukan persiapan yang matang agar persaingan dapat diikuti disertai identitas yang jelas. Tidak sekedar ikut namun kita perlu peralatan persis seperti kita ikut lomba dan peraturan juga ditaati.

Dalam proses awal Blog Kopinet dibuat ada waktu 3 pekan yang saya sebut alur ngalur ngidul. Sudah putih besok merah, sudah kiri besoknya kanan dan seterusnya tak menentu. Sehingga saya lupa berapa kali tema Blog Kopinet diganti. Setelah diamati ternyata perubahan tema atau tempelate akan dibaca sebagai blog baru oleh mesin pencari. 


C. Tujuan

Bertujuan untuk mencapai kuantitas pengunjung ke sebuah halaman web. Sejauh yang kami amati bahwa sistem tidak mengenali apa tujuan Anda dibalik halaman konten dan infrastruktur yang kita miliki untuk menayangkan Website Blog kita di internet akan tetapi melihat kebenaran proses yang dijalankan sehingga mempermudah mesin mengenali tentang Website Blog Anda serta sistem, metode pencarian yang dilakukan oleh pengguna. 

Terlepas apakah nanti untuk jangka waktu tertentu atau untuk strategi tertentu sekali lagi kembali kepada pemilik website blog tersebut. Selain itu secara teknis perkembangan dunia internet dalam hitungan detik bisa saja telah berubah dan mungkin kita tahu itu telah berubah pada rentang waktu yang lama sedangkan disisi lain teknik dan strategi kita susun telah berubah dan mengalihkan sistem kerja pencarian. Belum cukup umur untuk menguji kebenaran teknik mesin pun telah merancang teknik baru dan mengalihkan semua sistem. 

Sistem kita masuk pada area A dengan kategori artikel panjang. Menurut para pakar katanya artikel panjang dianggap lengkap namun itu belum tentu bisa saja nilai pertanyaan tak sampai atau ratusan pertanyaan dari mesin pencari tidak satu pun dijawab oleh website kita sehingga pertanyaa berikutnya dialihkan pada ruang lain. Jika demikian akan muncul pikiran bahwa internet dan konten seakan dunia tebak dan teknik pelajari sudah ngerti ternyata telah berubah. Saya pikir memang demikian. Google ganti Algoritma para blogger dan webmaster banting setir memastikan setiap konten agar menarik dan berguna namun ke depan apakah akan ada perubahan lagi ? Artinya tujuan optimasi atau SEO kita memerlukan semacam form yang rinci guna memastikan bahwa kita berada di area kendali untuk jangka panjang dan hindari luar kendali. 

Di halaman atas bukan jangka panjang mereka tetap ada dan datang kembali di kesempatan lain berkemungkinan mereka tak berminat membaca apa lagi sekedar mengambil informasi di halaman kita. Kondisi ini kami uraikan dalam artikel. 

Ribuan halaman yang mati suri tak diurus merupakan pandangan sehari-hari para pengguna internet maupun para blogger dan pemilik secara umum di peringkat atas (1 sampai dengan 10) . Walaupun sudah peringkat atas karena menguasai teknik optimasi namun apa arti itu semua setelah halaman tak lagi dikelola secara berkelanjutan ? Dalam artikel “Membuat Blogspot” kami uraikan bahwa halaman lama yang tersimpan/terindeks menjadi pesaing bagi pemilik Website Blog baru mengingat banyaknya kesamaan konten yang diposting. Kejadian ini merupakan bagian penting para pemilik untuk berjuang bersaing sesama blogger yang aktif maupun dengan halaman yang telah mati tak diurus. 

Proses untuk memperbaiki kekurangan dan persaingan dapat dilakukan apabila konten yang tidak diurus tersebut telah dihapus. Anda perlu kembali melihat pelayanan dari Blogspot bahwa alamat blog akan terhapus setelah waktu 3 (bulan) pengajuan. Ini perkara sulit dimana kondisi selama rentang waktu itu tidak akan ada upaya lain selain menunggu hal tersebut benar-benar dihapus oleh pemiliknya. Konten atau URL akan dihapus setelah dikirim melalui webmaster. Secara teknis mengenai penggunaan Webmaster Google dalam artikel berikut : Periksa ulang Webmaster Web Blog. Diperlukan proses pengajuan penghapusan URL agar tidak terindeks oleh Google. Jika tidak akan berlaku prinsip di atas bahwa mesin terus menerus mengindeks URL tersebut. Hal ini sudah saya buktikan untuk blogspot 4 tahun baru hilang di halaman indeks saya lupa setelah Algoritma Google ditingkatkan akhirnya konten tidak berkualitas hilang di halaman pencarian karena waktu itu saya lupa passwordnya sedangkan blog yang lainnya masih tampil terus jika saya ketik. Oleh sebab itu saya merasa kurang enak dan harusnya ada prosedur melaporkan untuk penghapusan konten walaupun sudah lupa password namun caranya bagaimana ?

Jadi, tujuan SEO untuk konten tertentu atau untuk semua konten agar berada di area depan hanya Anda yang tahu memilih tujuan SEO nya setelah mengamati bahwa begitu banyaknya faktor persaingan konten. Pertama pasti bilang “Saya menargetkan semua konten saya peringkat atas”. Blog Kopinet pun begitu namun sadarkah kita memangnya kita punya hak penuh? Tidak, artinya semua halaman mendapatkan kesempatan yang sama untuk berada di peringkat atas mengutip pernyataan Google. Apakah kita pernah analisa hal ini ? perancang program merupakan orang pakar yang terus menerus mengembangkan sistem dan selalu menguji layanan itu untuk meningkatkan pelayanan lalu lintas pencarian informasi dunia.

Sampai disana Blog Kopinet pun akhirnya mulai melakukan upaya perbaikan atas metode maupun muatan yang berkaitan dengan SEO mengingat tidak semua, tidak tetap, dan tidak untuk bidang tertentu saja akan diperlakukan lebih bahkan berbayarpun tidak seperti anak emas akan berada dalam area depan melihat perkembangan pengguna yang jelas terus bergerak menyesuaikan keperluan mereka terhadap penggunaan akses internet. Delapan tahun lalu bicara bidang tertentu itu banyak dicari dan gaulnya minta ampun sekarang bicara hal tersebut apakah tetap seperti yang dulu ?
  
D. Server

Kondisi server memang cukup menarik untuk dibahas kurang lengkap jika unsur ini tidak dibahas. Namun disisi lain pedoman kami tetap kepada paparan Tim Google bahwa kesempatan sama untuk berada di halaman atas. Jika prinsip ini tidak ada kira-kira Blog Kopinet akan pernah di atas apa tidak ? Sistem indeks dengan persyaratan server “jika server maka ya” dan “jika bukan server maka tidak”. Kapan konten kami akan ada di halaman depan? Atau Website Blog Anda setelah memiliki server baru muncul di depan akan tetapi beruntunglah sistem perancangan indeksnya sangat kerjasama untuk memberikan pelayanan setiap halaman yang dikirim ke Server Google. Ada 4 (empat) unsur dalam artikel ini saya amati yaitu :

1.      Server VPS
2.      Server Hosting & Domain 
3.      Server Hosted Blogspot alamat Blogspot
4.      Domain Sendiri Hosted Blogspot

Untuk rinci mengenai keempat unsur dapat Anda baca artikel di halaman lain yang menjelaskan teknisnya dalam optimasi. Intinya semua pemilik Website Blog ingin halamannya di depan maka SEO lah caranya. Dengan berada di depan peluang Anda tinggi untuk berbagai macam tujuan. 

Artikel terkait :
 Manfaat di Halaman Atas

E. Admin

Pertama, Admin tunggal pada umumnya mengelola website atau blog memiliki kekuatan dari segi desain konten. Desain ini diilustrasikan bahwa admin tersebut memahami aspek website atau blog dari awal dibuat sampai tayang posting. Kelemahan seorang admin tunggal diantaranya  memerlukan sistem dan prosedur yang akurat untuk mengelola halaman web yang begitu luas.


Faktor tunggalnya adalah sering belok kiri belok kanan para pemilik web setelah beberapa waktu ke depan mengingat ada rentang jenuh atau mungkin istilah lainnya apa saya kurang paham, mungkin para psikologi yang tahu. Seorang blogger atau web desainer, internet marketer berada dalam kondisi tidak tetap dengan prosedur awal membangun website atau blog. Faktornya dari segi konten, waktu dan hal lainnya sehingga muncul artikel yang sama dengan niche tertentu.

Ilustrasi 1 (Pandangan Pribadi)

Kondisi ini mengalihkan pandangan seorang blogger dimana konten yang dibuat mendapat pesaing baru. Bersaing itu benar dan menarik itu kuncinya namun disini saya amati ada perilaku awalnya isinya A-R setelah beberapa waktu situs tersebut berlanjut kontennya S-W. Nah, Blog Kopinet akhirnya bersaing pula dengan situs tersebut sebab konten S-W itu sama dengan saya.

Ilustrasi 2 (Pandangan Pribadi)

Ketika ada permintaan informasi diterjemahkan dalam pertanyaan mesin awalnya situs ini di tanya : Apakah ada "Harga konten yang dijual disini" setiap di tanya selalu diam tak menjawab. Akhinrya mesin nanya ke Blog Kopinet. Di jawab oh ya ini dan muncullah halaman atas artikel saya. Beberapa waktu kemudian muncul pertanyaan sama seperti di atas. Oh ada, saya tidak ditanya lagi. Akhirnya saya tidak muncul di atas dan situs pertama tadi yang muncul. Hal ini terjadi mengingat kualitas dan umur yang jauh unggul situs di atas sedangkan saya masih pemula.

Darisana dapat dicermati bahwa aspek perubahan konten yang dibuat oleh Web Blog lain ikut mempengaruhi keberlangsungan optimasi kita. Semua pada intinya untuk waktu selanjutnya muncul, bertahan, bersaing, dan dipengaruhi oleh sistem perancangan atau perkembangan mesin yang diterapkan oleh Google dalam hal ini batasan kita di salah satu mesin pencari. Saya pikir cara optimasi kita perlu benar-benar mengamati situasi ini. Saya pernah sampai mengubah pedoman konten akibat sulitnya menemukan visitor. Setelah dilakukan ternyata pedoman awal yang lebih akurat dibanding pedoman hasil revisi oleh sebab itu saya pun kembali ke pedoman awal.

Kedua, Admin dan Tim, ini yang sering dibahas pula oleh berbagai blogger atau Internet Marketer. Saya lebih berpedoman pada Google seperti kutipan dijelaskan di atas. Bukan kunci  bahwa konten selalu berada di atas dan berlanjut dengan banyak orang terlibat di situs mungkin yang pasti kesiapan untuk menyesuaikan setiap perubahan dan penyediaan kuantitas serta kualitas konten maupun memahami struktur kerja sedangkan jaminan SEO akan berlanjut jangka panjang tidak ada jaminan itu sebab dalam sekian detik selalu muncul halaman baru di internet.

Disisi lain jika dibaca sedikit demi sedikit situs luar juga bersaing dengan sistem maupun keberadaan situs di berbagai negara. Artinya untuk topik tertentu kemungkinan pengaruh pula dengan konten kita. Ada kondisi kita mengetik keyword bahasa kita dan muncul malah bahasa Asing. Wah.. Hebat bener ne kok muncul di TLD negara kita situsnya dengan keyword ini.

Saya pernah uji coba dengan keyword "how to do SEO, What, Where, When, for a website". Jangan tanya artinya saya tidak pinter bahasa Inggris.

Keyword itu secara sederhana dikenali oleh semua Webmaster, Web Design, Web Programer di dunia namun apakah kita akan berpikir kira-kira berapa waktu agar konten saya atau Anda akan muncul di atas andaikan judul artikelnya seperti itu ? Apa dengan 19+21 teknik (19 bahasa Asing dan 21 uji coba) dan sebagainya dan selalu bertanya bagaimana apa dimana berapa dengan tujuan akhirnya berada di halaman atas. Situasi ini saya bilang saya belum bisa mikir. Di bagian ini saya pikir jika Admin banyak SDMnya dengan latar belakang berbeda bisa masuk ke wilayah ini namun jika hanya sendiri saya pikir lebih baik ikuti pedoman konten kita saja lah.

Tim Admin perlu pedoman bersama yang disepakati untuk memastikan sistem mereka berjalan sesuai prosedur/perubahan prosedur di segala lini jika tidak khawatir saja waktu lalu sudah baik namun waktu mendatang malah jadi masalah. Contoh sederhana : Tautan permanen diterapkan disemua konten sebelum diposting ternyata tim kedua lupa dan sudah posting puluhan artikel. Sudah seperti itu apa yang terjadi jika kontenya ditarik ? Paparan banyak menguraikan tentang pengaruh konten yang ditarik lalu diupdate dan draf, edit kemudian posting lagi. Mungkin ini yang saya sebut banyak admin/kelola web atau blog resiko kesalahan prosedur/panduan tinggi dibanding adminnya tunggal.

F. Strategi Awal 

Saya juga masih belum menemukan kondisi tetap untuk membangun strategi awal sebab bagi saya strategi akan berubah dan berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi web. Saat ini mungkin perlu uji coba dulu apakah benar dan akurat mengenai teknik optimasi yang telah banyak diposting di halaman internet. Mulai dari proses submit sampai dengan media sosial atau bentuk strategi lain yang bertumpu pada rencana operasionalnya merayu agar berkunjung. Persoalannya bahasa rayuan gombal kerap jadi delima pula apabila konten yang merayu tidaklah relevan dengan orang yang dirayu agar berkunjung ke website atau blog kita. Strategi yang tetap dijalankan kembali kepada prinsip mengirimkan semua bentuk dokumen web ke webmaster Google secara berkelanjutan. 

Sejauh ini kita kembali ke atas bahwa (Dalam artikel Manfaat di Halaman atas) intinya berada di halaman atas maka mudah dilihat dan peluang Anda besar karena lebih dulu dibaca dilihat dan diklik sederhananya begitu. Selain itu untuk para publihser hal ini tentu yang dicari namun dengan menyiapkan alat canggih lah melakukan alat canggihnya adalah Konten Berkualitas dan Relevan dengan yang pengguna cari. Relevan berkualitas topik tertentu memberi nilai guna bagi yang berkepentingan dengan topik tersebut.

F.1. Peta Permasalahan (Personal dan Organisasi /TIM)

Strategi akan berkata lain apabila website atau blog dirancang untuk keperluan ketika diuji integrasi ditemukan ada ketidakharmonisan antara strategi personal atau Tim dengan model halaman beserta optimasi yang dikembangkan. Ada 200 faktor penentu untuk menempatkan halaman berada atas menurut sumber-sumber di internet. Ada 1000 halaman dengan judul sama dan saling berkaitan link internal (SEO On Page) belum tentu juga terjamin semuanya dapat posisi tinggi. Secara garis besar saya kelompokkan dalam artikel ini ada 3 (tiga) macam :

1. "Banyak blogger gagal akibat ditolak menjadi publisher"
2. "Ada website tutup akibat tidak ada pembeli produk"
3. "Banyak sistem yang akhirnya tidak begitu maksimal di halaman
     internet namun tetap eksis di pangsa pasarnya"

Penjelasan : (1) Jika semata untuk menjadi publisher, kerap SEO akan terkesan dipaksakan. (2) Jika SEO untuk menguatkan kuantitas pengguna datang dan menuju konversi pembelian. Sudah banyak datang tapi tidak membeli produk. (3) Jika tidak sama sekali dan hanya komunikasi lama telah tercipta dan disediakan halaman sebagai bentuk komunikasi dan berbagi informasi saja mengenai produk atau jasa.

Saya pernah di kelompok 1 (satu) dan kelompok 2 (dua) namun belum di kelompok 3 (tiga).

Situasi ini saya ingat penggalan kalimat dalam Buku Berpikir Strategis. Dalam buku itu saya temukan kalimat: memikirkan apakah akan menggunakan teknologi baru atau tetap dengan teknologi lama kira-kira seperti itu ingatan saya. Kembali ke pokok bahasan kita bahwa jangka panjang itu kita belum tahu seperti apa terkait dengan model optimasi oleh sebab itu tidak seratus persen akurat yang sekarang sudah teruji dijamin sampai jangka panjang dan setiap perkembangan hendaknya kita ikuti sehingga kita memiliki acuan, teknik, maupun upaya menjaga keberlangsungan sumber daya, alat, dan asset kita di halaman pencarian internet.

Adakan tinjauan menyeluruh dengan dokumen awal membangun web (lihat artikel Rencana Target, Sasaran, pengembangan, dan tahapan perencanaan web) untuk memandu kita kembali sejenak ke rencana Strategi Awal. Aspek psikologis nampaknya disini melekatnya seseorang yang bergelut dengan website dalam hal SEO. Selagi semangat siang malam sama saja ketika gagal atau error atas rencana mengeluh depan komputer perilaku ini saya pikir normal saja. Saya adalah pemula dan mulai belajar dan akan selalu terbuka untuk belajar dengan siapapun saya pikir tindakan itu diperlukan untuk menjadi bagian dari Strategi Awal.

F.2. Kedudukan SEO bagi Website Pendidikan

Kembali ke tujuan yang artinya menempatkan unit organisasi pendidikan berada di atas halaman pencari pada topik pencarian. Manfaatnya apa ? Tanpa SEO halaman telah diketahui, digunakan dan mungkin tidak begitu diperhatikan. Jika kita pedomani panduan pengoptimalan mesin telusur dari Google. 
Panduan Resmi Optimasi Oleh Google. Secara rinci merupakan petunjuk agar pemilik situs memiliki standar prosedur membangun, membuat, dan menghindari tindakan yang mengakibatkan sulit ditemukan sumber daya, halaman dan isi sebuah situs.

Apabila pendidikan direncanakan untuk mencapai tujuan skala besar saya pikir hal ini penting. Bagaimana memulainnya ? sekali lagi konsep website disebut raja adalah tersedianya konten. Artinya konten yang memuat topik-topik pendidikan yang kuantitasnya bertambah setiap waktu serta aspek kualitasnya yang diakui oleh pengguna. Apakah perkembangannya sudah cukup baik ? Anda dapat lihat jurnal-jurnal universitas, publikasi ilmiah, dan dokumen-dokumen pendidikan yang diupload ke ratusan bahkan ribuan atau mungkin ratusan ribu halaman yang telah tersedia. Acuan ini saya ambil berdasarkan acuan Domain (sch id, ac id, net id, or id). Disisi lain konten pendidikan juga banyak dimuat di berbagai halaman berita, web pribadi, blog dan sebagainya sehingga secara global dalam pencarian akan muncul ratusan juta hasil pencarian.

Pada saat artikel ini ditulis saya uji ada 167.000.000 hasil pencarian. Jika Anda berpikir peringkat berapa konten website pendidikan Anda maka perhatikanlah SEO. Bagi saya ketika memerlukan konten internet tentang pendidikan, target saya adalah jurnal resmi pendidikan. Keuntungannya bagi saya pribadi bisa membaca paparan para profesional dan keilmuan yang resmi sebab sumber kita ambil dari alamat terpercaya dan ahli. Misalnya saya ambil sebuah contoh keyword "jurnal ilmiah" yang muncul banyak halaman namun kembali ke contoh di atas, saya akan pilih domain resmi pendidikan atau pemerintah (penulis ahli menurut Google). Dengan demikian ada kemungkinan menuju website pendidikan semua para pengguna jika konsep pencarian telah berubah atau adanya sistematis mesin atau bentuk lainnya yang bertujuan memberi informasi yang kira-kira paling tepat menurut mesin penjawab (lihat cara kerja mesin pencari Google) walaupun sebenarnya tidak semua halaman resmi akan menyediakan semua permintaan pengguna sehingga menggunakan halaman lain yang bukan tercatat resmi bagian dari domain pendidikan namun menyediakan informasi atau pedoman dan hal itu dibenarkan, tidak ada rilis menyatakan bahwa info itu hanya blog, saya tidak begitu sepaham ada beberapa paham menyatakan bahwa info blog itu bukan dari resmi, sebenarnya duduk persoalannya situs resmi tidak menyediakan sedang situs tersebut menyediakan tidaklah masalah selama hal tersebut tidak berlawanan dengan peraturan yang berlaku, dan perlu ditambahkan untuk pengguna agar hati-hati dalam menemukan halaman itu saja saya rasa. Terkait masih adanya beberapa persoal konten tadi oleh sebab itulah kesiapan sistem dan membaca peluang pembangunan pendidikan berbasis web akan maksimal dan berdaya guna setelah berbagai topik terkait pendidikan ada di halaman website pendidikan dan dioptimasi sehinga mudah ditemukan pengguna dan posisinya ada di halaman atas pencarian.

Intinya SEO website pendidikan merupakan upaya sistematis dan bagian dari pembangunan pendidikan untuk berbagi informasi di internet terkait hasil, rencana, atau program yang ada, di lembaga pendidikan tersebut serta hindari muatan komersial dalam tujuan SEO sebab lembaga pendidikan untuk kegiatan pembangunan manusia agar berpengetahuan IMTAK dan IPTEK. Saya rasa letak IPTEK nya di bagian ini salah satu unsurnya.

F.3. SEO Untuk Komersialisasi

Saya ingat tahun 2008 pada saat itu ada kursus internet dasar. Saya dapat sertifikat dengan program kursus "e-commerse". Setelah saya amati hal tersebut setelah 8 tahun ini ada benarnya ada kurangnya dan ada peluangnya. Terkait hal tersebut keterkaitan SEO cenderung diarahkan untuk tingginya volume kunjungan setelah itu peluang konversi pembelian terjadi. Dengan demikian yang menjadi indeks permasalahan bagaimana meningkatkan volume penjualan, menjaga pelanggan, dan memelihara asset halaman kita. Ingat ada pesaing di depan kita dan oleh sebab itu kita perlu mengoptimasi secara berkesinambungan jika tidak akan berakibat bagi produk atau jasa kita ketika pengguna baru berselancar di internet. Bisa saja merek dagang bahkan konten kita tidak sama sekali ditemukan sebab posisi kita telah diduduki oleh pesaing dan adanya perilaku baru di kalangan bisnis untuk menekan biaya dengan bergabung ke perusahaan skala besar (lihat artikel
 Struktur Persaingan Konten).

Tinjau pelanggan awal Anda, ini merupakan strategi Anda yang ampuh. Sebab pelanggan awal merupakan bukti bahwa optimasi Anda berhasil, jadi sediakan waktu untuk perkenalan kita bersama pengguna/pelanggan serta kembangkan lagi mengenai aspek apa yang mungkin mereka memiliki ide dan dapat menjadi bagian penting terkait SEO yang akan kita terapkan. Perlu dihindari terlalu sibuk mengurus upaya masa depan website sedang sesi awal telah dilupakan. Apa arti optimasi tanpa konten berkualitas dan apa arti konten berkualitas serta banyak pengunjung namun tidak ada konversi pembelian. Prinsip ini saya amati selama 2 tahun hanya ada transaksi 4 kali dari website komersil milik saya, web tersebut sudah saya hapus namun masih sering kontak dengan para pengguna awal dan akhir (webnya ditutup). Atas masukan dari mereka dan keinginan saya pribadi maka kembali lagi saya ke ranah website dan Blog.

G. Rencana Jangka Panjang

Ini bagian yang sulit untuk diuraikan mengingat bahwa kedepan ini kita belum bisa prediksi apakah sistem akan tetap dan berjalan seperti dengan sekarang atau sebaliknya diantara metode yang kita terapkan mungkin tidak satu pun masuk area aman di mesin pencari. Berpedoman pada Algoritma yang mengedepankan isi berkualitas dan sejauhmana konten tersebut sering dikunjungi persoalan ini dianggap sulit bagi kalangan Blogger/Web Design/webmaster untuk mengukur perkiraan mendatang. Dengan demikian ada baiknya kita juga turut memperhatikan unsur-unsur di bawah ini untuk membantu penyusunan proyek mendatang. Unsur tersebut yaitu :

1. Hukum Teknologi Informasi

Anda sebagai pemilik website atau Blog aspek hukum perlu diperhatikan dengan baik sehingga keberadaan pengguna atau pengunjung telah mengetahui  tentang TOS, Kebijakan Privacy, dan Disclaimer kita. Menu tersebut secara teknis akan mudah dibaca dari depan atau di header website/blog apabila dibandingkan di footer. Kedepan pengunjung kemungkinan akan mengamati tentang pengelolaan website yang kita kelola. Setiap halaman website Blog wajib menyediakan petunjuk, informasi yang jelas dan dapat diukur dengan standar informasi. Bagaimana jika kebijakan yang kita buat dalam web kita justru bertolak belakang dengan pengunjung sedang di waktu lalu mereka belum mengerti akan hal tersebut. Resiko mereka akan meninggalkan kita terkait kebijakan pengguna akan menjadi bagian yang perlu kita kaji ulang dan ini merupakan bagian dari pemeliharaan kita sebagai pemilik Website Blog.

2. Peluang Pengguna

Pengguna dapat kita lihat dari laporan pengguna internet. Dari grafik menunjukkan sebenarnya berapa indeks pengguna yang akan berpeluang ke situs kita di waktu mendatang. Mayoritas pengguna, perilaku, dan kelompok pengguna. Menyiapkan konsep optimasi sekarang untuk menampung perilaku pengguna masa datang mungkin hal ini penting. Dari keyword saja sebenarnya telah kita lihat perilaku pengguna dalam mencari informasi kemudian kedepanya memungkinkan mereka mengubah pola keyword terhadap pokok atau topik pencarian. Awalnya biasa menggunakan keyword "cara menggunakan", atau pengertian ini.... adalah", bagaimana dan sebagainya. Jika berpedoman dengan keyword cenderung mendatang akan lebih simpel para pengguna internet menggunakan keyword sehingga kita patut pertimbangkan hal ini.

H. Simpulan

1. Pertama 

Setelah memaparkan begitu luasnya tentang optimasi sesuai dengan keterbatasan pengalaman kami dapat disimpulkan bahwa sistem, metode, dan sumber daya merupakan hal penting yang perlu dikaji dan disiapkan untuk menampung arah maupun perkiraan perilaku pengguna internet untuk masa yang akan datang.

2. Kedua

Pertumbuhan pengguna, perilaku, dan tingkat kebutuhan akses internet serta aspek konten berkualitas kata kunci berkaitan sejajar. Konten baik dan SEO jika tanpa pengguna berkaitan hanya akan dikenali oleh mesin sebagai konten yang berkualitas namun tidak menjadi alat ukur nilai komersial.

3. Upaya SEO

Agar teknik SEO akan berlangsung untuk jangka panjang diperlukan sistem yang rinci dan penyesuaian baik pada aspek perilaku pengguna maupun perkembangan mesin pencari. Misalnya teknik Backlink yang teruji mampu menempatkan SEO yang baik karena URL tertanam di halaman website atau blog namun sejauh itu bukan berarti bahwa tertanam akan terus berlanjut bagaimana jika tempat tertanam URL tersebut mengganti alamat, domain, atau penghapusan tentunya perlu ditelusur.