07 May 2017

Contoh Dokumen Prosedur Pembelajaran Berbasis Proyek-Mulok Web Desain

I. Pengantar

Dokumen ini merupakan contoh sederhana dalam membangun metode pembelajaran berbasis pada mata pelajaran Muatan Lokal. Dalam kurikulum KTSP 2006 kurikulum muatan lokal dilakukan pendekatan kompetensi keahlian dimana setiap kompetensi keahlian setelah dilakukan analisis baru menentukan mapel mulok yang akan diberikan kepada siswa/siswi SMK. Saya sendiri juga ikut dalam proses perencanaan kurikulum tersebut sehingga saya lakukan berbagai tinjauan baik manual, observasi, dan melakukan penelusuran untuk mengamati perkembangan website mengingat saya yang diberi amanah untuk mengampuh mata pelajaran Web Desain.



Dari tinjauan tersebut setelah dibahas dengan bagian kurikulum serta dibahas juga dengan guru mapel rumpun produktif diputuskan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu metode yang efektif untuk menarget capaian kompetensi siswa yang saya maksud (usulan) semua memberi persetujuan khusus untuk pokok bahasan Web Desain Materi Ajar CMS. Seperti yang banyak para kalangan pendidikan sampaikan model belajar proyek mengarahkan siswa/siswi untuk aktif dan terlibat lebih dalam tentang pokok permasalahan.

Kembali pada tinjauan awal bahwa pokok permasalahan lah yang menjadi fokus dalam proyek belajar sehingga saya ambil judul masalah Website Toko Online. Dari proyek belajar ini saya sederhanakan bahwa satu rombongan belajar mampu membuat website Toko Online. Maka dari itu referensi tentang metode pembelajaran berbasis proyek baik KTSP maupun K13 dikumpulkan untuk memastikan bahwa prosedur kerja atau proses pembelajaran telah mengikuti referensi pendidikan yang valid.

Hasil Belajar dari Pembelajaran Berbasis Proyek-Mulok Web Desain diantaranya : Pertama, Tersedia Dokumen Prosedur Kerja Pembuatan Website Toko dalam bentuk sederhana. Kedua, Siswa mampu belajar membuat Website Toko Online dari awal sampai dengan kondisi Website diakses online oleh pengguna/pengunjung. Ketiga, tersedia dokumen keuangan berupa kwitansi belanja online siswa/siswi. Keempat, tersedia dokumen administrasi dimana sistem dirancang untuk membangun sistem manajamen tingkat rombongan belajar yang membuat surat pesanan belanja produk. (Referensi SMK Bisnis Manajemen). Kelima, mampu menguji hasil praktek jaringan siswa (referensi TKJ Kabel-Praktek pembuatan Kabel LAN).

II. Dokumen Prosedur  Pembuatan Website Toko Online

Di bawah ini adalah beberapa bentuk dokumen prosedur kerja yang masih sederhana dan tidak saya lampirkan instrumen penilaiannya.

Dok.1

WEB TOKO ONLINE
KELAS : 3 TKJ

I.           Perangkat Keras
1.      PC/Laptop dan printer
2.      Kamera digital atau HP untuk pengambilan gambar produk
3.      Flash disk
II.         Perangkat Lunak
1.      OS Windows 7, 8
2.      XAMPP VERSI WIN3 2 5 58-1
3.      CMS Wordpress versi 4.6.1
4.      Notepad++
5.      Aplikasi lainnya
III.        Kelengkapan CMS
1.     Layout web dirancang dengan pedoman draf layout/disesuaikan
2.     Themes MaxStore      Version: 1.3.7
3.     Plugins : Woocommerce & Lockdown WP Admin
IV.         ADMIN, EDITOR, AUTHOR, CUSTOMER, DAN, SHOPMANAGER
Sesuaikan dengan pembagian TIM di kelas. Semua siswa kelas 3 TKJ terdaftar sebagaimana pembagian tugas ke dalam server web. Selanjutnya melakuan proses belanja atau pembelian produk melalui jaringan localhost/”namatokoyangdibuat”.

V.        Input Produk Ke Server. Input produk 5 buah dilengkapi dengan gambar yang jelas dan asli. Beri panduan pengguna agar jelas menu yang dipilih saat belanja dan kalimat ringkas. Tersedia lembar uji coba keseluruhan sumber daya

II. Kebijakan Produk

Mengingat Proyek Web ini dalam tahapan belajar atau tugas belajar maka perlu diluruskan agar tidak keliru dalam memahami halaman website. Kebijakan ini dimaksudkan memberi pendidikan kepada siswa bahwa perlu mengenali standar pedoma media online. Didalamnya terdapat Peringatan, Privasi, dan Syarat Pengguna. Lihat pada Blog Kopinet : TOSPrivacyDisclaimer


Dok.2
WEB TOKO

Kebijakan Privacy

Web ini dibuat dengan etikad baik dan dalam proses pembelajaran. Semua transaksi data, informasi dan aktivitas dibuat sebagai bagian dari pembuktian secara langsung terkait materi belajar. Semua data hanya tercatat dalam lingkup server local dan dilakukan secara administratif dalam pembelajaran .......... dan Desain Web. Identitas admin, author, editor, dan user, merupakan pemberian identitas Alias dan bukan data sebenarnya.

Dalam kebijakan privasi ini dimaksudnya untuk memberi wawasan kepada siswa mengenai standar persyaratan halaman website yang diharuskan menyediakan informasi lengkap, kebijakan, Dislaimer dan TOS.

Disclaimer

Segala bentuk isi, konten, merupakan gambaran dan proses pembelajaran ............... Terintegrasi dengan Desain Web. Keakuratan sistem yang ada dalam jaringan LAN, aplikasi, software maupun print out tidak dijamin keakuratannya baik dari segi proses, input, maupun out put setelah menggunakan website ini. Kami akan berupaya memaksimalkan kualitas komunikasi data dan Anda kami harapkan untuk memperhatikan standar penggunaan alat, aplikasi, dan bentuk petunjuk lainnya yang digunakan pada saat terhubung dengan Jaringan Website (Integrasi ........... dan Desain Web).

III. Uji Pengguna

Setelah Prosedur kerja Dok.1 dan Dok.2 selesai berikutnya dilakukan tahapan pengujian dengan beberapa ketentuan sebagai berikut :
  1. Konfigurasi jaringan internal kelas 3 TKJ
  2. Konfigurasi praktek kelas .........dan 3 ...........
  3. Ulangan praktek sistem kelompok
  4. Seluruh siswa terlibat membangun infrastrukutr jaringan LAN di kelas masing-masing
  5. Menyiapkan bahan dan aplikasi dukungan jaringan LAN lintas kelas/Kompetensi Keahlian
  6. Setiap kelas/rombel terhubung jaringan LAN ke server local desain web TKJ Setiap siswa kelas (Isikan Komptensi Keahlian) akan terhubung dengan jaringan server lokal desain web ( Web Toko)
  7. Selanjutnya melakukan prosesing data
  8. Mencetak hasil input data dan print out testing belanja offline melalui jaringan LAN
IV. Finishing Proyek Belajar

Setelah semua unsur dalam proyek belajar Prosedur  Pembuatan Website Toko Online dinyatakan layak dan telah sesuai dengan instrumen penilaian atau sudah tercapai maka pekerjaan terakhirnya yaitu Upload Web ke Penyedia Domain Hosting agar dapat diakses pengguna dan beroperasional dengan sesungguhnya.

VI. Penggunaan /Pengelolaan Web

Tindaklanjut dari hasil belajar berbasis proyek ini dapat disesuaikan pengelolaannya dengan program sekolah dan atau bisa pula diserahkan ke bagian Unit Produksi Sekolah atau ke kompetensi keahlian yang relevan. Dengan model ini diharapkan sekolah memiliki wadah untuk untuk mempromosikan produk unggulan karya SMK. SMK Bisa !

VII. Penutup

Semua dokumen maupun paparan pada artikel ini harap untuk ditinjau ulang baik dari sesi aturan maupun keperluan proses pembelajaran Anda. Berbagai aspek bisa saja dokumen maupun aplikasi, software telah mengubah kebijakan di waktu mendatang.

Sumber Bahan : Xampp, CMS Wordpress, Plugins, dan OS Windwos




No comments:

Post a Comment