10 May 2017

Evaluasi Belajar Siswa Berbasis Website

I. Pendahuluan

1. Pengantar

Evaluasi sesuai dengan peraturan menteri pendidikan Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Dalam peraturan ini memuat berbagai pedoman untuk melaksanakan evaluasi atau penilaian. Dalam artikel ini cakupan yang kita bahasan adalah penilaian oleh pendidik atau guru mata pelajaran. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen elektronik. Perangkat elektronik ini berupa perangkat komputer beserta jaringan LAN yang dirancang untuk melaksanakan proses evaluasi berbasis offline (internal). 

Sebelum jauh membahas hal tersebut harap diperhatikan model program evaluasi yang ada di sekolah Anda. Muatan program yang mengatur sistem evaluasi di sekolah Anda. Jika ditinjau belum ada point yang memuat proses evaluasi berbasis elektronik harap dibuatkan untuk memastikan bahwa perencanaan evaluasi Anda telah diverifikasi (lihat standar penggunaan IT Sekolah ISO 9001:2015) sistem ini akan kami bahas di waktu mendatang. Selain itu pula Evaluasi yang dilaksanakan dengan Instrumen CMS Wordpress ini di rekomendasikan untuk evaluasi tambahan saja bukan evaluasi Inti.

Kembali pada pokok bahasan Evaluasi Belajar Siswa Berbasis Website dengan bentuk Offline. Dengan persyaratan bahwa Anda telah menyelesaikan artikel di bawah ini :





Ikuti semua konten link pada artikel di atas bila perlu cetak untuk mempermudah memahami. Apabila Anda belum berhasil mengikuti Artikel A, B, C dan D di atas harap untuk belum melanjutkan materi artikel di bawah.

2. Tujuan

  • Terlaksana sistem evaluasi berbasis elektronik pada siswa
  • Tercapainya guru mata pelajaran yang menguasai aplikasi web
  • Melibatkan secara langsung guru mata pelajaran untuk memetakan lemah dan kekuatan sistem evaluasi berbasis website Wordpress (Offline).
  • Melibatkan guru mata pelajaran dan Tim untuk mengintegrasikan manual ke sistem elektronik
  • Memperoleh hasil evaluasi secara elektronik dan terverifikasi

II. Langkah Kerja

1. Tahap I

Selanjutnya kita masuk pada tahapan membangun Web Ujian/Ulangan/Tes. Pastikan Wordpress Anda telah siap. Kenali tampilan web Anda. Kemudian harap perhatikan bahan yang akan diupload ke web seperti :

1. Pastikan Tema Website tidak menganggu tampilan butir soal
      2. Master soal dan sediakan soal cadangan. Ingat evaluasi kita harus valid 
3. Login ke website Anda 
  
2. Tahap II

Instalasi Plugins Quiz And Survey Master di web Anda. Plugins ini lah yang menjadi tempat Anda untuk meng-Entry Naskah Soal. Sediakan waktu yang cukup untuk mengenalis plugins ini. Jika umumnya kita mengetik soal di MS Word. Maka di Website Tempat Anda mengetik Soal Tes berada di  Quiz And Survey Master oleh karena itu pahami dengan seksama fitur plugins ini.

III. Cara Menggunakan Quiz And Survey Master

III.1. Pengenalan Plugins

Pada Dashboar Pilih Quiz/Survey

Gambar 1

Pilih Add Lihat Gambar 2 

Gambar 2

Pada Create New Quiz isikan Nama Evaluasi (Contoh Ulangan Harian) Lihat gambar 3

Gambar 3

Kenali Tampilan Quiz And Survey Master Lihat Gambar 4 


Gambar 4
Perhatikan gambar 4. 

Untuk memulai mengetik soal pilih Add Question

Perhatikan Area Soal dan Opsi Jawab (lihat gambar 5)

Area Pertanyaan


Gambar 5

Ketik Naskah Soal pada Area "Tulis pertanyaan disini....". Ketik dengan teliti agar tidak repot meriksa ulang naskah soal.

Area Pilihan Jawab (lihat Gambar 6a,b)


Gambar 6a


Gambar 6b

Isikan opsi jawaban dengan memilih Menu Answer. Ketik a........ b......., c..... dan seterusnya. Perhatikan menu jawaban essay, naik turun, dan sebagainya. Atur skor nilai untuk setiap butir soal pada points worth.

Setelah selesai mengetik pertanyaan dan opsi jawaban berikutnya pilih Create Question


Gambar 7
Untuk melanjutkan pengetikan soal berikutnya misalnya soal nomor 2, 3, 4 dan seterusnya ikuti langkah di atas (4 sampai dengan 7).

Pengaturan Waktu dapat disesuaikan dengan evaluasi yang dilaksanakan. Misalnya 60 menit, 120 menit dan sebagainya. Lihat fitur setting waktu pada plugins. Kenali lebih lanjut fungsi-fungsi pada plugins tersebut.


III.2. Menayangkan Ulangan Harian di Beranda Website

Tahap ini merupakan tahap akhir kita yaitu menayangkan Ulangan Harian ke Beranda depan agar dapat dikerjakan oleh siswa. Caranya sebagai berikut Perhatikan gambar 8.

Gambar 8

Klik Quiz/Survey
Copy Short Code yang diblok
Kemudian Buat Postingan Baru
Isikan Judul Postingan Sama Dengan Ulangan Harian
Klik Menu Insert (lihat tanda panah pada gambar 9)
Gambar 9

Pastekan Short Code tadi di Area tanda panah Apply (lihat gambar 10)

Gambar 10
Terakhirnya kita Pilih Publish maka akan tampil seperti gambar di bawah ini

Gambar 11

Dari gambar 11 dapat disimpulkan bahwa Plugins ini berfungsi untuk menyediakan instrumen soal baik essay maupun pilihan ganda pada halaman website CMS Wordpress. Penayangan soal dapat dibatasi misalnya 5 soal perhalaman maka ada 10 halaman apabila soal ulangan sebanyak 50 butir atau sesuai dengan kebutuhan kita atau mungkin juga kita tayangkan secara keseluruhan.

Apabila ditayangkan seluruh harap perhatikan komputer client (komputer siswa) dikhawatirkan menjadi lambat koneksi data dari server ke client apabila sistem operasi maupun perangkat tidak begitu tinggi spesifikasinya.

Hasil Ulangan Siswa dapat Anda amati pada grafik tes yang ada pada fitur Plugins.

IV. Dukungan/Login Siswa/Guru/Tim 

Dukungan disini saya maksudkan apabila Evaluasi Belajar Siswa Berbasis Website ini akan dirancang untuk keperluan jangka panjang maka diperlukan minimal 1 orang yang menguasai aplikasi web agar hasil ini dapat ditinjau berkelanjutan minimal untuk jangka waktu 3 tahun pelajaran ganjil genap. Selain itu pula dapat dipilah untuk dikembangkan lebih lanjut ke arah luas dimana siswa dapat melakukan evaluasi ke sistem full online. (lihat permendikbud Tentang Sarana) dimana sistem ini memungkinkan jadi alat pendukung dalam proses perencanaan kebutuhan sarana prasarana satuan pendidikan diberbagai jenjang baik perguruan tinggi, SMK, SMA, SMP/MTs, dan SD.

IV.1. Satu Komputer

Untuk mengatur siswa agar terdaftar dalam halaman website dan bisa mengerjakan ulangan harus dilakukan registrasi oleh Admin dengan menambahkan pada User dan disetting Username dan Password. Untuk Guru juga sama diregistrasi dan diberi wewenang mengatur naskah soal. Maka siswa hanya bisa login langsung pada satu komputer secara bergantian.

IV.2. Berbentuk Jaringan/Siswa login ke dalam jaringan LAN

Selain meregistasi guru dan siswa ke server local sekolah harus menyediakan Perangkat Jaringan Komputer, setting jaringan, dan kelengkapan jaringan LAN. Kemudian Setting Tambahan Pada Server Website di Localhost dengan menggunakan pengalamatan IP Addres. IP Addres Server Local (Komputer yang diinstal Xammp, Wordpress) akan dipanggil/dihubungkan dengan format panggilan IP KOMPUTER tersebut agar seluruh siswa dapat ujian di komputer Client mirip UNBK kurang lebih seperti itu.

Pokok Bahasan berbentuk jaringan ini akan kami bahas lebih lanjut mengingat CMS telah diperbarui dan Admin belum sempat menguji Platform versi 4.7.4 apa ada masalah dengan koneksi client, plugins, dan sebagainya. Maka dari itu akan kami publis dalam waktu dekat jika sudah mendapatkan hasil pengujian. Namun apabila dalam waktu mendekat Anda sudah ingin cepat menggunakan juga dapat diterapkan sesuai dengan kondisi infrastruktur jaringan sekolah/lembaga Anda.

V. Penutup

Artikel ini masih dalam tahap pengembangan segala dukungan dan penerapannya akan kami posting di waktu mendatang. Silakan tunggu updating dari Admin Blog Kopinet. Dan apabila ada pertanyaan silakan kirim ke : Hubungi

No comments:

Post a Comment