02 May 2017

Naskah Video Profil Website Sekolah


I. Pengantar

Satuan Pendidikan merupakan lembaga yang berfokus untuk melaksanakan pembangunan pendidikan. Pembangunan diintegrasikan berdasarkan jenjang pendidikan sesuai dengan kewenangan masing-masing dalam struktur organisasi dari pusat, wilayah, dan daerah. Undang-undang sistem pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 telah mengatur mengenai pelaksanaan pendidikan disertai dengan terbitnya peraturan-peraturan turunan yang memberi payung hukum untuk memastikan bahwa proses pelaksanaan pendidikan benar-benar telah disusun, dilaksanakan, dievaluasi, dan dilaporkan. Pada satuan pendidikan proses belajar mengajar merupakan bagian penting dan faktor penentu untuk mencapai mutu pendidikan. Untuk mencapai hasil belajar yang bermutu jelas diperlukan berbagai komponen pendukung yang juga bermutu. Misalnya ketersediaan Sumber Daya Manusia yang memenuhi kualifikasi, komitmen kerja dan nilai-nilai luhur pendidikan, pemahaman akan institusi pendidikan, kehandalan dalam mencapai tujuan sekolah pada skala program pendidikan sepanjang masa berkesinambungan dan melakukan pengembangan oleh sebab itu pesan video kami pandang tidaklah salah sebagai metode yang efektif untuk mendukung penyediaan komunikasi, bahan ajar. 

Beranjak dari hal tersebut kami sampaikan bahwa Instrumen dasar dari hal tersebut yaitu alamat website yang di dalamnya menyediakan pesan video. Mengapa website kami pilih dalam artikel ilmiah ini dikarenakan website memiliki peluang yang cukup tinggi untuk melakukan pengembangan pendidikan.

Untuk apa Naskah Video Profil Website Sekolah ?

II 5 Aspek Pengembangan Website


Dari halaman website kita dapat melakukan proses pertukaran data antara satuan pendidikan dengan semua keluarga besarnya namun yang jadi fokus dalam artikel ini adalah adanya Naskah Video Profil Website Sekolah yang dapat dikembangkan sesuai dengan bidang pengembangan pendidikan. Sebagaimana yang telah banyak diketahui bahwa unsur-unsur yang umum dilayani pada halaman website diantaranya sebagai berikut :
A. Menyediakan informasi
B. Menyediakan Bahan Ajar
C. Menyediakan Evaluasi
D. Menyediakan Kerja Sama/Publikasi kemasyarakatan
E. Menyediakan Pesan Video Pendidikan

Dari point di atas yang menjadi fokus kedepan menurut kami akan lebih berdaya guna apabila banyaknya ketersediaan pesan video pada halaman website.

III Naskah Video Profil Website Sekolah 

Naskah Video Profil Website Sekolah adalah naskah untuk membuat video profil sekolah secara menyeluruh dan berlangsung secara nyata serta berkesinambungan. Pada satuan pendidikan beberapa kegiatan, proses, dan komponen pendidikan berkemungkinan untuk dikembangkan ke dalam video sehingga pesan dapat dengan mudah dipahami oleh kalangan pendidikan atau pengunjung pada halaman website.

Dalam konsep pengembangan website sekolah berbasis video cukup lah luas cakupannya sehingga bagi pihak sekolah atau tim pengembang yang akan melakukan pengembangan website berbasis video perlu menyusun skenario yang utama terlebih dahulu sebelum memutuskan bagian-bagian mana saja yang akan didahulukan tampil pada halaman website. Pada umumnya yang ditampilkan yaitu pada bagian pembuka, sambutan kepala sekolah, kegiatan, dan menayangkan kekuatan sekolah atau dengan istilah analisis SWOT. Hal ini juga telah kami bahas pada artikel sebelumnya Membuat Video Profil Organisasi Jasa

IV. Contoh Naskah Video Website

Berikut ini ada beberapa contoh naskah video yang diupload ke Halaman Website Sekolah.


(1)

NASKAH VIDEO KOMPETENSI KEAHLIAN

KOMPETENSI KEAHLIAN 1

Arah pandangan dari kiri ke kanan selanjutnya fokus kamera. Selamat datang di SD/SMP/SMA/SMK/MA............... nama saya................. kompetensi ..............................
Sebutkan nama-nama guru produktif (diikuti gerakan tangan)
Sebutkan keunggulan kompetensi .............................. (diikuti ekspresi wajah yang serius)
Penutup setelah ini ada teman saya di komptensi ............... silakan saksikan profilnya (tutup dengan lambaian tangan dan senyum santai)
( 2 menit)

KOMPETENSI KEAHLIAN 2

Arah pandangan dari kiri ke kanan selanjutnya fokus kamera. Selamat datang di SD/SMP/SMA/SMK/MA...............  nama saya................. kompetensi keahlian ...........
Sebutkan nama-nama guru produktif (diikuti gerakan tangan)
Sebutkan keunggulan .................. (diikuti ekspresi wajah yang serius)
Penutup
setelah ini ada teman saya di komptensi ..................... silakan saksikan profilnya (tutup dengan lambaian tangan dan senyum santai)
( 2 menit)

KOMPETENSI KEAHLIAN 3

Arah pandangan dari kiri ke kanan selanjutnya fokus kamera. Selamat datang di SD/SMP/SMA/SMK/MA...............  nama saya................. kompetensi .............................
Sebutkan nama-nama guru produktif (diikuti gerakan tangan)
Sebutkan keunggulan .....................(diikuti ekspresi wajah yang serius)
Berjalan menuju ruang praktek [berjalan santai] dengan memperlihatkan hasil karya siswa (nasional dan lokal) didampingi guru produktif.
Penutup, bagi teman-teman yang suka dengan hitungan jangan dulu tutup video ini masih ada teman saya di komptensi .....................silakan saksikan profilnya (tutup dengan lambaian tangan dan senyum santai)
( 4 menit)
   
KOMPETENSI KEAHLIAN 4

Arah pandangan dari kiri ke kanan selanjutnya fokus kamera. Selamat datang di SD/SMP/SMA/SMK/MA...............  nama saya................. kompetensi ......................
Sebutkan nama-nama guru produktif (diikuti gerakan tangan)
Sebutkan keunggulan ........................... (diikuti ekspresi wajah yang serius)
Penutup setelah ini ada teman saya di komptensi ........................ silakan saksikan profilnya (tutup dengan lambaian tangan dan senyum santai)
( 2 menit)

KOMPETENSI KEAHLIAN 5

Arah pandangan dari kiri ke kanan selanjutnya fokus kamera. Selamat datang di SD/SMP/SMA/SMK/MA...............  nama saya................. kompetensi ............................
Sebutkan nama-nama guru produktif (diikuti gerakan tangan)
Sebutkan keunggulan ......................... (diikuti ekspresi wajah yang serius)
Penutup di ....................kita bicara ............... jika Anda suka dengan ilmu .................... keahlian .................. lebih lengkapnya saksikanlah profilnya (tutup dengan lambaian tangan dan senyum santai)
( 2 menit)

KOMPETENSI KEAHLIAN 6

Arah pandangan dari kiri ke kanan selanjutnya fokus kamera. Selamat datang di SD/SMP/SMA/SMK/MA...............  nama saya................. kompetensi keahlian ..................
Sebutkan nama-nama guru produktif (diikuti gerakan tangan)
Sebutkan keunggulan ..................... (diikuti ekspresi wajah yang serius)
Penutup setelah ini ada teman saya di komptensi ............................ silakan saksikan profilnya (tutup dengan lambaian tangan dan senyum santai)
( 2 menit)


KOMPETENSI KEAHLIAN 7

Arah pandangan dari kiri ke kanan selanjutnya fokus kamera. Selamat datang di SD/SMP/SMA/SMK/MA............... nama saya................. kompetensi keahlian .............................
Sebutkan nama-nama guru produktif (diikuti gerakan tangan)
Sebutkan keunggulan ........................... (diikuti ekspresi wajah yang serius)
Penutup setelah ini ada teman saya di komptensi ............................... silakan saksikan profilnya (tutup dengan lambaian tangan dan senyum santai)
( 2 menit)



Kemudian untuk tingkat manajemen sekolah contoh naskha videonya sebagai berikut :



(2)
 NASKAH VIDEO WAKA HUMAS
Alur 1

LOKASI 1

Posisi duduk. Arah pandangan dari kiri ke kanan selanjutnya fokus kamera.
Selamat pagi, salam dari SD/SMP/SMA/SMK/MA...............  saya waka humas dalam kesempatan ini akan memandu Anda untuk mengenal lebih luas tentang sekolah kami. (tambahan konten pendukung lainnya).
2 menit

Berdiri dan berjalan keluar ruangan. Di depan pintu ruang TU dari ruang ini saya akan ajak Anda mengenal secara luas mengenai program dan aktivitas sekolah kami secara umum maupun khusus. Kami didedikasi sebagai satuan pendidikan yang tidak hanya aktif dalam proses belajar akan tetapi menjadi bagian penting dalam masyarakat.
1 menit

Berjalan menuju ruang perpustakaan (lokasi program yang menjadi bagain humas yang sedang berlangsung), sambil memandang taman dan pepohonan sekolah.
3 Menit

Fungsi utama kami di humas yaitu menghubungkan program-program sekolah ke pihak luar. Mengatur proses pelaksanaan uji kompetensi dan saat ini yang sedang dilaksanakan yaitu adanya kerjasama pihak luar untuk pelaksanaan (lokasi program yang menjadi bagain humas yang sedang berlangsung).
 ( 2 menit)

Spanduk BKK atau perangkat pendukung lainnya diletakkan di belakang.
Selain itu pula secara teknis kami berperan pula untuk bersinergi dengan berbagai bidang dunia kerja. Di SMK ada program penunjang yaitu BKK. Di BKK kami melakukan pemetaan maupun recovery pada produk kami/ alumni agar memiliki wadah untuk menemukan lapangan kerja. Kami juga berupaya agar terciptanya hubungan yang saling menguntungkan baik bagi kami maupun bagi perusahaan yang memerlukan tenaga ahli tingkat menengah di berbagai keahlian pada basis enam kompetensi keahlian di sekolah kami.
( 2 menit)



NASKAH VIDEO WAKA KURIKULUM

Alur 1

LOKASI 2
Posisi duduk. Arah pandangan dari kiri ke kanan selanjutnya fokus kamera.
SD/SMP/SMA/SMK/MA...............  merupakan SD/SMP/SMA/SMK/MA...............   yang tertua di ........................ untuk kelompok, bisnis manajemen, serta saat ini telah ........................ Dalam rentang waktu 5 TAHUN TERAKHIR pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di SD/SMP/SMA/SMK/MA...............   telah terlaksana cukup baik. Berbagai perencanaan kurikulum dan hasil pencapaian belajar siswa baik akademik maupun non akademik telah terwujud dan menjadi bagian penting yang harus kami jaga sebagai bidang yang ditugaskan untuk memastikan terpenuhinya syarat-syarat penyelenggaran pendidikan dalam standar pendidikan nasional yang diatur dalam peraturan menteri .................... Disamping itu pula .............. yang ada telah TERAKREDITASI A dan juga ditunjang oleh tenaga pendidik yang sesuai.
2 menit
Berdiri dan berjalan ke arah dokumen-dokumen kurikulum (peragakan, gerakan, dsb)
Kurikulum SD/SMP/SMA/SMK/MA...............   ditahun pelajaran ........ pada tingkat............... masih menerapkan KTSP sedangkan TK .. dan .........telah melaksanakan kurikulum K13. Kami akan senantiasa berupaya dengan maksimal untuk menjamin terlaksananya kurikulum yang baik di SD/SMP/SMA/SMK/MA...............   . Dan bagi anak-anak yang ingin memilih SD/SMP/SMA/SMK/MA...............    kami tunggu Anda. Lihatlah, cari informasi seluasnya tentang sekolah kami.


Dari contoh di atas dapat dikembangkan lagi agar lebih menarik dan disesuaikan dengan kondisi dimana sekolah Anda berada.


  

No comments:

Post a Comment