27 October 2017

Fungsi SSL Pada Website

A.   Pengantar 

Website memiliki peran penting saat ini bagi lembaga atau organisasi untuk memberikan informasi mengenai hal-hal apa saja yang ada, sedang dikembangkan, maupun hal penting sudah dicapai untuk disampaikan kepada publik. Mengingat untuk menyampaikan hal tersebut dengan tempat yang berjauhan tidak lah mungkin disampaikan dalam waktu yang relatif singkat akan tetapi dengan teknologi web atau adanya laman website resmi maka hal tersebut dapat dibagikan 24 jam non stop.

Dengan tingginya pertumbuhan atau kepemilikan laman website masih ditemukan beberapa indikator keamanan bagi pengguna dalam hal ini indikator keamanan tersebut yaitu SSL pada Website. SSL merupakan hal penting untuk memberikan reputasi sebuah laman website bagi penggunan atau pengunjung dimana mereka benar-benar tersambung ke alamat web yang benar.


B.   Pengertian

Mengenai SSL pada website ada baiknya kita perhatikan sumber berikut :
HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Pada umumnya port HTTPS adalah 443. Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan https:// bukan dengan http://. Kesalahpahaman yang sering terjadi pada pengguna kartu kredit di web ialah dengan menganggap HTTPS “sepenuhnya” melindungi transaksi mereka. Sedangkan pada kenyataannya, HTTPS hanya melakukan enkripsi informasi dari kartu mereka antara browser mereka dengan web server yang menerima informasi.

Pada web server, informasi kartu mereka secara tipikal tersimpan di database server (kadang-kadang tidak langsung dikirimkan ke pemroses kartu kredit), dan server database inilah yang paling sering menjadi sasaran penyerangan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.
https://id.wikipedia.org/wiki/HTTP_Secure

Dari sumber di atas dapat kita simpulkan bahwa SSL merupakan kode penulisan dimulai dengan https merupakan dimana “S” tersebut merupakan sesi dari SSL “Secure” yang artinya jaminan keamanan sambungan yang terlindungi oleh sistem. URL website yang telah dipasang SSL akan menjadi https://www.namadomain.com dan sebagainya. Ada juga yang disingkat hanya https://namadomain.com dan sebagainya. Hal ini sebenarnya sama saja meskipun diketik pada url https://namadomain1.com maupun diketik lengkap https://www.namadomain1.com akan berada dialamat yang sama asalkan tidak salah menulis nama domainya (namadomain1)

Contoh

Untuk website toko online, media online, maupun organisasi yang banyak didatangi pengunjung baru maupun sebaiknya harap perhatikan dengan baik fungsi SSL sebab reputasi keamanan jadi perhatian para pengunjung jangan hilang pengunjung setia Anda akibat kurangnya perhatian kita pada sambungan yang terlindungi. Kenyamanan pengunjung kita sebagai pemilik website lah yang memikirkan dengan baik demi terwujudnya komunikasi bisnis yang baik.

C.   Cara Menggunakan

Untuk menggunakan SSL kita dapat hubungi penyedia jasa domain dan hosting dan atau menggunakan penyedia jasa SSL yang dapat kita percaya untuk memasang SSL pada laman website. Sesi harga dapat disesuaikan dengan kondisi kebutuhan laman website atau pun kemampuan biaya yang kita miliki.

Artikel terkait : Pengertian Domain Hosting

D.   Simpulan

Fungsi SSL yaitu memberikan jaminan keamanan setiap pengunjung terhubung pada halaman website kita.

No comments:

Post a Comment