23 October 2017

Gunakan Teknik Mengetik Sepuluh Jari (Bagian I)

Mengetik merupakan pekerjaan rutin setiap hari bagi kita selaku pekerja kantoran. Mengetik sepuluh jari tidak lah menjadi hal sangat penting akan tetapi jika kita mampu hal itu jelas akan membantu kita dalam menyelesaikan tugas karena dengan mengetik sepuluh jari proses entry data akan lebih efektif dan cepat. Maksimal kompetensi mengetik sepuluh jari ini rata-rata pada batas 180 karakter atau mungkin dapat pula 200 entakan per menit (disingkat epm). 

Mengenai mengetik sepuluh jari ini saya masih teringat pada saat masih duduk di bangku SMK Administrasi Perkantoran dimana kami diajarkan mengetik sepuluh jari bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dan yang lebih menariknya lagi mata ditutup sebagai ujian akhir praktek untuk menguji apakah sudah memiliki kemampuan dasar dalam pengetikan sepuluh jari apa belum? sekilas hal tersebut menakutkan sebab jika jari salah menekan tuts keyboard atau tuts mesin tik manual bersiaplah jari ditarik sama guru yang ngajar. Itu selintas mengenai pengalaman saya belajar mengetik sepuluh jari maka dalam artikel ini saya ulas secara sederhana mengingat keterbatasan saya dan masih pula dalam tahap belajar namun tidaklah salah jika hal ini saya bagikan kepada Anda.

Baiklah pada bagian mengetik sepuluh jari dalam tulisan kali ini saya akan awali dengan teknik mengenal jari tangan terlebih dahulu. Dalam teknik mengetik sepuluh jari yang dimaksud disini yaitu memfungsikan semua jari dengan tepat pada saat melakukan pengetikan.

A. Pengenalan Jari

A.1. Jari Tangan Kiri 

Perhatikan jari kelingking, manis, tengah telunjuk dan jempol 

1. Posisi jari pada keyboard 1 : A= kelingking S= manis D = tengah F = Jempol

2. Posisi jari pada keyboard 2 (keatas) Q W E R

3. Posisi jari pada keyboard 3 (kebawah) Z X C V 

Penjelasan :

Perhatikan bagian 1 terdiri dari ASDF, bagian kedua QWER, bagian ketiga, ZXCV. Jumlah tombol keyboard yang kita bahas pertama cukup 12 dahulu. Pahami dengan baik 12 tombol tersebut dengan fungsi 4 jari kita. Latih menekan tombol tersebut dari kekiri ke kanan ke atas dan ke bawah jika sudah paham tambahkan tombol lainnya sebagai pembanding. Upayakan menekan tombol tersebut dengan durasi waktu minimal 5 menit. 

(Contoh tekan tombol : as as as a da da da d da a da wq q aq aq aq  q aq q aq q a q q aq  q aq qaq q a q q aq a q q q aq a q a qa q ) 

Hal ini untuk melatih setiap jari

Latihlah sebanyak mungkin jari Anda untuk menggabungkan tombol tersebut, bentuklah sebuah kata dan kalimat maka perlahan Anda sudah mulai membiasakan mengetik sepuluh jari. Jika bersedia buatlah kombinasi dua tombol (ASDF) sehalaman atau masing-masing gabungan huruf sebanyak satu halaman. Lihatlah hasilnya Anda akan terbiasa menekan tombol tersebut tanpa harus melihatnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai bagian-bagian penting terkait teknik mengetik sepuluh jari ini akan saya bahas pada artikel berikutnya.