15 November 2017

Internet Sebagai Penunjang Model Pembelajaran Berbasis Proyek Bagian I

Abad 21 saat ini memerlukan tingkat analisis lebih tinggi bagi kalangan tenaga pendidik untuk memperhatikan perkembangan belajar para peserta didik. Perkembangan disini dimaksudkan agar arah metode, dukungan, maupun minat peserta didik atas pokok materi pembelajaran dapat diterima dengan baik. Tidak sekedar baik saja melainkan memiliki nilai manfaat bagi mata pelajaran lain disaat rentang belajar yang diikuti di lembaga pendidikan berjalan seiring dan selaras sebagaimana dalam standar nasional pendidikan.

BARIS IKLAN MANDIRI

Pembelajaran berbasis proyek jelas dipahami bersama bahwa selain sesi kekuatan juga masih ditemukan sesi kelemahan. Sadar akan hal tersebut kembali lagi saya lakukan analisis potensi lemahnya apa kuatnya apa yang nantinya dominan muncul dengan siswa yang akan saya libatkan dalam proyek belajar ini ? Kemungkinan sesi kuatnya jika antusias belajar tinggi akan tetapi bisa jadi lemahnya ketika metode proyek tidak cocok untuk siswa.

Mengingat pembelajaran yang saya ampuh muatan lokal dan adaptif. Namanya saja lokal tentunya saya lihat dulu lokal di daerah saya bagaimana? Sedangkan adaptif lebih difokuskan pada aspek mengadaptasi kearah tujuan inti pendidikan sesuai dengan jenjangnya. Adaptif mendukung tujuan inti dan tujuan khusus sehinggan posisi adaptif melengkapi dan menjadikan keterampilan, bakat, pengetahuan, dan nalar yang lebih atau sebagai tools yang menjadikan peserta didik menjadi unggul dan disertai dengan kemampuan untuk menerapkan ketika mereka selesai menempuh pendidikan.


Berlanjut.
BARIS IKLAN MANDIRI